"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

6/24/2011

Contoh kesalahan penggunaan kata baku


Kata-kata baku adalah kata-kata yang standar sesuai dengan aturan kebahasaaan yang berlaku, didasarkan atas kajian berbagai ilmu, termasuk ilmu bahasa dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kebakuan kata amat ditentukan oleh tinjauan disiplin ilmu bahasa dari berbagai segi yang ujungnya menghasilkan satuan bunyi yang amat berarti sesuai dengan konsep yang disepakati terbentuk.

Kata baku dalam bahasa Indonesia memedomani Pedoman Umum Pembentukan Istilah yang telah ditetapkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa bersamaan ditetapkannya pedoman sistem penulisan dalam Ejaan Yang Disempurnakan. Di samping itu, kebakuan suatu kata juga ditentukan oleh kaidah morfologis yang berlaku dalam tata bahasa bahasa Indonesia yang telah dibakukan dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indoensia.

Dalam Pedoman UmumPembentukan istilah (PUPI)diterangkan sistem pembentukqan istilah serta pengindonesiaan kosa kata atau istilah yang berasal dari bahasa asing. Bila kita memedomani sistem tesebut akan telihat keberaturan dan kemanapan bahasa Indonesia.

Kata baku sebenanya merupakan kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Konteks penggunaannya adalah dalam kalimat resmi, baik lisan maupun tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat.

Suatu kata bisa diklasifikasikan tidak baku bila kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan. Biasanya hal ini muncul dalam bahasa percakapan sehari-hari, bahasa tutur.

Kata baku – kata tidak baku

mengubah - merubah

mengesampingkan- mengenyampingkan

kualitas - kwalitas

struktur - structure

monarki - monarkhi

devaluasi - defaluasi

abstrak - abstrac

akomodasi - akomodir

legalisiasi - legalisir

diagnosis -diadnosa

hipotesis -hipotesa

kultur - culture

deputi - deputy

sekuritas - Security

aktivitas - aktifitas

relatif - relative

teknologi - tekhnologi; technologi

elektronik - electronik

direktur - director

konduite - kondite

akuarium - aquarium

kongres - konggres

hierarki - hirarkhi

aksi - action

grup - group

rute - route

institut - institute

aki - accu

taksi - taxi

memesona - mempesona

imbau - himbau

berpikir - berfikir

nasihat - nasehat

pukul 19.30 WIB - jam 19.30 WIB

standardisasi - standarisasi

objek - obyek

aktivitas - aktifitas

pengkreditan - pengreditan

mengkreditkan - mengreditkan

antarnegara - antar negara

pancaroba - panca roba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar