"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

4/27/2012

Sastra dan Ekonomi Kreatif


Penulis rasa Lulusan yang menguasai kajian sastra sesungguhnya dapat lebih berperan bagi masa depan kemanusiaan di Indonesia, jika dia dipersiapkan secara lebih sengaja dan sistematis dengan memberhatikan aspek-aspek ekonomi kreatif. Dari keempat belas bidang cakupan ekonomi kreatif di atas, mahasiswa sastra sebenarnya dapat dipersiapkan untuk terlibat aktif dalam tiga bidang, yaitu: film, seni pertunjukan, TV dan radio, serta video game. Uraian berikut ini bukan penjelasan yang lengkap melainkan sekedar pancingan awal untuk memunculkan diskusi lebih lanjut.

Sinetron
Kebanyakan pengamat dan kritikus media memberikan penilaian yang negatif terhadap sinetron di berbagai televisi swasta di Indonesia. Selain bahasanya yang Betawi oriented, sinetron-sinetron Indonesia lemah dalam hal tema (apabila tema tertentu sedang diminati masyarakat, tema itu sajalah yang ditampilkan secara seragam di berbagai sinetron; biasanya tidak bergeser dari tema-tema percintaan) ; latar (latar sosial: pada umumnya menyangkut kelas menengah ke atas; latar waktu: sekarang, jarang mengungkap masa-masa sulit yang lalu –dark-past; latar tempat: Jakarta, umumnya tidak mencerminkan semangat nasional dan mondial); tokoh dan penokohan (tokoh pipih: hitam-putih dengan acting yang kebanyakan over); alur (alur yang mudah ditebak, penuh digresi yang dibuat-buat dan tidak terfokus karena mengikuti selera pasar).
Mahasiswa sastra, yang dibekali dengan pengetahuan yang memadai mengenai kekuatan alur, penokohan, latar, dan gaya bahasa dapat berperan dalam pembuatan sinetron Indonesia yang lebih bermutu. Mereka dapat dibekali dengan ilmu tentang kekuatan struktur cerita, pendalaman psikologis, relevansi cerita dengan kondisi kehidupan masyarakat, dan sebuah gambaran tentang masa depan kemanusiaan ‘orang Indonesia’ yang multikultural, terbuka, beradab, dan menghargai HAM.

Film Kartun dan Video Game
Sumbangan lulusan yang menguasai kajian sastra di bidang film dan video game terutama adalah pendalaman tema dan penulisan alur cerita yang memiliki pesan-pesan moral yang terselubung. Tema-tema cerita yang berasal dari kekayaan tradisi lisan nusantara dapat dieksplorasi dan dielaborasi dengan baik. Kisah-kisah heroik yang dapat dijadikan alur cerita yang sangat unik dan menarik untuk video game antara lain: Gadjah Mada, Ken Arok, cerita-cerita Panji, Wato Wele- Lia Nurat (Flores), Dewi Roro Kidul, Gatot Kaca, dll.

Penulisan Kreatif
Lulusan yang menguasai kritik dan studi sastra dapat menjadi fasilitator dalam berbagai pelatihan penulisan kreatif. Asumsinya adalah orang yang mampu memberikan kritik sastra (terhadap puisi, cerpen, novel) dengan argumentasi yang kuat dan memadai, mampu pula memberikan jawaban dan solusi bagi penciptaan karya sastra yang lebih baik.

4/13/2012

Analisis Kritik Sastra Satwa I Tuma teken I Titih


(Analisis Kritik Sastra )
Ngerereh kaugulan lan Kakirangan Daging Satua Satua I Tuma teken I Titih
Parilaksana Loba Tan Patut Tinut
Buana Sastra Adi
RAHAJENG NGEWACEN
I

            Kacarita ada Tuma nongos di lepitan tilam anake Agung. Ditu ia kapepekan amah, maan ngisep rah Anake Agung kanti mokoh. Nanging I Titih nongos di dinding pamereman Anake Agung. Dening iri ngiwasin I Tuma mokoh, lantas ia keme ngalih I Tuma. Satekedne ditu, I Titih matedoh ngomong ”Inggih Jro Gede, angob pisan titiang, ngantenang jerone ebuh, sinah jerone ledang, titiang sareng iriki, mangda titiang dados sisian jerone. Titiang pacang ngiring sapituduh jerone”.
            Masaut I Tuma ”ih Titih, pitui saja buka omong caine, bapa nyak ngajak cai dini. Kewala ingetang pitutur bapane eda pesan cai ngulurin laban keneh caine. Anake loba, tusing buungan lakar nepukin sengkala, lenan teken ento, tusing pesan dadi iri hati, ngranang liu ngelah musuh. Apang cai bisa melajahin kadharman. Keto munyin I Tuma teken I Titih.
            Jani suba ia makakasihan. I Titih lege kenehne dadi sisian I Tuma. Sedek dina anu, Ida anake Agung merem – mereman. Saget I Titih makita ngirep rah Anake Agung. Ngomong I Tuma ”Ih Titih eda iju ngutgut Ida Anake Agung, krana Ida tonden sirep”. I Titih bengkung tusing dadi orahina, lantas ia sahasa ngutgut Anake Agung. Ida anake Agung tengkejut. Lantas metangi. Ditu Ida ngandikang parekane ngalihin Titih.
            Parekane lantas ngalihin, mare kabitange di batan tilame. Tepukina I Titih lua muani, lantas matiange, buin alih – alihine I Tuma di lepitan kasure. Ditu lantas matiange. Pamragat mati I Tuma ajaka I Titih. Keto katuturin anake ane loba, tusing bisa ngeret indria tan urunga lakar nepukin sengkala.


I I, Pembahasan Analisis Kritik Satra "I Tuma Teen Ititih"
           
            Yan kauratiang ngangge kajian kritik sastra, satua ring ajeng marupa kliab ring sajeroning kauripan imanusa "pembayang kehidupan nyata" kelibihan atau kaunggulan satua puniki kekeniin titiang ring unteng satua
" Tuma nongos di lepitan tilam anake Agung. Ditu ia kapepekan amah, maan ngisep rah Anake Agung kanti mokoh",,, ring dija iraga uning ituma lan ititih punika sayuakti wenten   yan selehin malih satua ring ajeng  punika pemargin sang pengawi (pengalaman jiwa pengarang/merupakan pernyataan jiwa dunia batin pengarang taler yang kasinahang satua ring ajeng prasidha angge tatuladan ring sajeroning kauripan krana satua punika medaging tetuwek pemargin urip (nilai-nilai moral). yening kacingakin saking strukstur satua punika marupa satua bali anyar ring dija basaan nyane ngangge basa Bali masorsinggih manut kawigunan basa bali punika ring dija ngesor ring dija singgih sayuakti legut sang pengawi nyaritayang satua ring sasuratan punika, nika mawinan sang sane  ngewacen satua punika sida gargitha lan dangan nyungkemin unteng tatuwek satua punika. Manut pidaging satua ring ajeng, ring sor niki titiang sidha taler analisis ngangge pendekatan kritik sastra minekadi:
        "Ring sajeroning satua Tuma teken Titih punika wenten silih sinunggil ajahan sane mautama pinaka rerama sane nuturin pianaknyane mangda nenten ngulurin kaloban, sawireh lakar nepukin sengkala, lianan ring punika, tusing pesan dadi irisia ngranang liu ngelah musuh. Miwah mangda pianaknyane bisa melajahin kadharman. Nanging ring sajeroning satua Tuma teken Titih puniki wenten silih sinunggil parisolah sane nenten becik inggih punika jatma sane kalintang loba tur irisia nepukin anak lianan sane polih genang becikan tur kapepekan amah – amahan. Sekadi Titih sane irisia nepukin Tuma kapepekan amah. Sangkaning lobane tur irisia, miwah tusing bisa ngeret indria, tan urunga nepukin sengkala tur ngemosin mati.
    Yening uratiang unteng daging satua Tuma teken Titih punika untengnyane wantah indik jatma ring jagate sane kalintang loba tur irisia teken anak lianan. Santukan nenten mresidayang ngeret indria, raris jatma sane kaucap sekadi punika pacang nepukin sengkala ring sajeroning ngamargiang kauripan ring jagate. Parilaksana sekadi punika patutne kaicalang ring angga soang-soang sawireh kaucap nenten becik utawi patut. Iraga dados jatma mangdane nenten ngulurin kaloban utawi manah sane nenten becik.
      Parisolah sekadi Titih patutne nenten becik anggen sasuluh rikalaning ngamargiang kauripan. Mangdane iraga maparilaksana sane becik teken anak lianan. Iraga nenten dados iri tur loba teken anak lianan sane polih genah becikan. Lianan ring punika, dados pianak patutne bhakti ring pituduh rerama, nenten dados nuladin pitutur rerama. Mangdane iraga mulat sarira ring angga soang – soang mangda prasida maparisolah sane becik tur maguna ring jagate. Iraga nenten dados ngulurin manah sane nenten becik. Jatma sane maparisolah nenten becik, kalintang loba tur irisia pacang nepukin sengkala ring sajeroning ngamargiang kauripan.
     Jatmane sekadi punika sampun yakti nenten kasenengin olih anak lianan sawireh kaucap jatma loba. Iraga patutne matur suksma indik napi sane sampun kapolihang ring jagate puniki, tur maparilaksana sane becik. Sawireh sangkaning maparisolah sane becik iraga prasida ngamolihang kauripan sane rahayu tur rahajeng."
         Manut satua ring ajeng, kepanggihin titiang taler kekirangan daging satua punika wenten ring makudang kruna-kruna sane keangge punika kadi singsal ring lengkara (belom sepadan dengan kontek) menawi ring kruna "sahasa" ring lengakara ( lantas ia sahasa ngutgut Anake Agung.) sepatutne kruna punika becikan ngangge kruna " digelis/ngenggalang" yan kruna sahasa punika cocok keangge ritatkala ngawwirasayang kawentenan minekadi" sehasa liang kenehe yan disubane kacunduk bajang jegeg".

4/12/2012

BABAD


Apa itu Babad
            Istilah babad terdapat di Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Di daerah – daerah lain, seperti Sulawesi Utara, babad disebut lontara, di Sumatra Barat dikenal dengan istilah tambo, di Kalimantan, Sumatra, dan Malaysia dikenal dengan sebutan hikayat, sisilah, sejarah; di Burma dan Thailand dikenal dengan sebutan kronikel (Soedarsono, 1985).
            Ada bermacam – macam pengertian babad. Menurut Darusuprapta (1976), babad adalah salah satu jenis karya sastra – sejarah berbahasa Jawa Baru yang penamaannya beraneka ragam, anatar lain berdasarkan nama sendiri, nama geografi, nama peristiwa atau yang lainnya. Sartono Kartodirdjo (1968) menjelaskan babad merupakan penulisan sejarah tradisional atau historiografi tradisional sebagai suatu bentuk dan suatu kultur yang membentangkan riwayat, dimana sifat – sifat dan tingkat kultur mempengaruhi dan bahkan menentukan bentuk itu sehingga historiografi selalu mencerminkan kultur yang menciptakannya. Menurut Soekmono (1973), babad merupakan cerita-sejarah yang biasanya lebih berupa cerita daripada uraian sejarah meskipun yang menjadi pola adalah memang peristiwa sejarah. Teeuw (1984) menjelaskan babad sebagai teks – teks historik atau genealogik yang mengandung unsur – unsur kesastraan. Demikanlah ada bermacam – macam pengertian babad. Akan tetapi, pada prinsipnya babad merupakan teks – teks historis yang dikemas dengan unsur – unsur kesastraan

Hakikat Babad
            Babad merupakan titk temu antara sastra dan sejarah. Realistas dalam babad telah berpadu dengan kreativitas. Maka realitas itu telah menunjukkan wajah baru. Dengan demikian, babad bukanlah mutlak dipandang sebagai dokumen sejarah, tetapi juga dipandang sebagai teks yang secara kreatif, dan menurut konvensi kebudayaan Bali, menafsirkan dan membayangkan hal – hal sejarah dan bukan sejarah dalam rangka pandangan dunia masyarakat Bali. Teks babad merupakan kenyataan yang diberi nilai dan makna lewat cerita. Oleh karena itu, babad menjadi semacam model gaya bercerita yang laku dalam kebudayaan Bali pada zaman itu. Dengan demikian, seorang penulis babad lebih menekankan pemberian makna dan eksistensi manusia lewat cerita, peristiwa yang barangkali tidak benar secara faktual tetapi masuk akal secara maknawi. Jadi, dalam membaca babad kita selalu sadar bahwa kita berada dalam tegangan history dan story. Dengan kata lain, manusia dapat hidup dalam perpaduan antara kenyataan dan impian yang kedua – duanya hakiki untuk kita sebagai manusia. Oleh karena itu, keobjektifan mutlak tidak pernah tercapai karena beberapa hal, yaitu: (1) Fakta – fakta tidak pernah lengkap, selalu fragmentaris; (2) Penulis babad mau tak mau harus berlaku selektif, tidak semua fakta dan data sama penting dan relevennya. Ia harus memilih dan kriteria objektif untuk penyelesaian tidak ada sehingga cendrung menulis apa yang sebaiknya ditulis bukan apa yang seharusnya ditulis; (3) Penulis babad adalah manusia yang latar belakang, kecendrungan, pendiriannya bersifat subjektif, ditentukan oleh pengalaman, situasi, dan kondisi hidupnya sebagai manusia sosio – budaya pada masa dan masyarakat tertentu (Teeuw, 1988).

Sifat Babad
            Sejalan dengan pengertian dan hakikat babad seperti di atas, maka babad memiliki sifat – sifat sakral-magis (dikramatkan), religio-magis (mengandung kapercayaan), legendaris (berhubungan dengan alam semesta), mitologis (berhubungan dengan dewa – dewa), hagiografis (mengandung kemukjizatan menyimpang dari hukum alam), simbolis (mengandung lambang – lambang, kata – kata keramat atau bhisama, benda – benda kramat), sugestif (mengandung ramalan, suara gaib, tabir mimpi), istana sentris (berpusat pada kerajaan), pragmentaris (tidak lengkap), raja-kultus (pengagungan leluhur), lokal (bersifat kedaerahan), dan anonim (tanpa nama pengarang).


Peranan dan fungsi Babad pada Masyarakat Bali Masa Kini
            Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa babad pada hakikatnya merupakan penafsiran terhadap kenyataan, alternatif kenyataan, atau kenyataan diberi makna lewat cerita. Sejalan dengan itu, makna babad bukan terletak pada peristiwa itu tetapi berada di balik peristiwa. Sebagai produk budaya kiranya babad dapat dilihat sebagai sistem simbol. Babad dapat dipandang menggambarkan suatu cara masyarakat Bali memperkuat dan melestarikan dirinya melalui simbolisasi dari nilai – nilai atau konsep – konsepsi sosio-religius yang mendasari struktur sosialnya. Hal ini penting terutama ditinjau dari segi proses interaksi masyarakat Bali sebagai makhluk sosial. Dalam konteks ini interaksi itu dipahami sebagai interaksi simbolik. Babad sebagai simbol digunakan oleh orang Bali dalam berinteraksi satu sama lain atau untuk menyatakan gagasannya sebagai manusia berkebudayaan. Selanjutnya, sebagai warisan budaya, kiranya babad dapat dipandang sebagai konsepsi – konsepsi orang Bali dalam menanggapi kehidupan dan lingkungan-nya demi eksistensinya secara historis. Kecuali itu, babad juga dipandang sebagai suatu abstraksi tingkah laku, sebagai mekanisme kontrol bagi kelakuan orang Bali. Dalam konteks inilah hal - hal penting dalam babad, seperti bhisama dan persoalan sesanan bagi klien bersangkutan dapat dipahami dalam konteks yang lebih utuh. Sekalipun babad ditulis untuk mengenal dan mengingat peristiwa – peristiwa historis dengan segala konsekuensinya, maka kita lebih jauh dituntut untuk dapat memahami dan memberikan penafsiran secara jernih dan komprehensif bahwa fungsi dokumentasi babad hendaknya dipahami sesuai dengan kodratinya sebagai ciptaan sastra. Bahwa realita dalam babad memiliki hukumnya sendiri yang tidak harus sama dengan realita dalam fakta. Hal ini karena dalam ciptaan yang dinamakan sastra itu terdapat kepaduan antara mimesis dan creatio. Tidak hanya itu, fakta dan data yang tersedia di dalam babad tidak dapat dipertanggungjawabkan secara penuh. Informasi pada babad hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan. Jika mengangkat informasi dalam babad sebagai bahan penyusunan sejarah, semestinya harus melalui kritik sumber, babad dibaca berdampingan dengan sumber – sumber lainnya.
            Namun demikian, masih dapat diakui bahwa babad diciptakan dalam rangka struktur dan pemenuhan fungsi. Sejalan dengan itu, fungsi babad, antara lain: berfungsi melegitimasi (mengesahkan) asal – usul / silsilah leluhur, kejadian / peristiwa, desa, pura atau hal – hal lainnya. Sehubungan dengan fungsi legitimasi inilah faktor – faktor kepercayaan dan ritus religius berhadapan dan saling menentukan satu sama lain. Unsur – unsur mitos, legenda, hagiografi, simbolisme, dan sugesti sangat dibutuhkan dalam upaya menambah kakramatan dan kewibawaan tokoh atau peritiwa yang dilegitimasi.
            Di samping itu, babad berfungsi sebagai, penghormatan kepada leluhur. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu kepercayaan (sradha) orang Bali adalah kepercayaan terhadap leluhur. Banyak kasus ditemukan dala kehidupan masyarakat Bali bahwa karena faktor “tidak mengenal leluhur” (tak kenal maka tak sayang) orang tersebut hidup sengsara, tetapi setelah menemukan dan mengenal leluhurnya kehidupannya berubah menjadi lebih bahagia. Hal ini pula diamanatkan dalam petikan Kekawin Ramayana di atas, bahwa untuk dapat menjadi seorang gunamanta (memiliki kewajiban), seperti Sang Dasaratha, maka kita diwajibkan berbakti kepada leluhur (tar malupeng pitrepuja) di samping bertaqwa kepada Tuhan (bhakti ring dewa).
            Lebih jauh, babad berfungsi sebagai penuntun para keturunan (pratisantana) dalam menjalankan kewajiban masing – masing. Dalam tataran ini, babad dapat dipandang sebagai suatu mekanisme untuk penataan tingkah laku, sebagai mekanisme kontrol bagi tingkah laku orang Bali. Babad merupakan kristalisasi pandangan hidup dan ajaran – ajaran luhur para leluhur pada masa lampau. Dikatakan demikian karena hampir dalam setiap babad memuat bhisama leluhur tentang sesanan (tetegenan, kewajiban) yang wajib dilaksanakan oleh keturunannya. Babad mengajarkan kepada keturunannya untuk lebih mengenal diri, untuk memahami hakikat dan eksistensi diri sebagai individu dan makhluk sosial. Artinya, babad tidak mengajarkan keturunannya untuk hidup terkotak – kotak, membatasi diri terhadap linkungan, namun sebaliknya, babad mengajarkan interaksi orang Bali sebagai makhluk sosial. Dalam tataran ini babad merupakan kepaduan antara ontologis dan kosmologis. Oleh karena itu, diperlukan usaha pemahaman komprehensif, baik terhadap manusia dan dunia maupun Tuhan dalam satu keseluruhan konseptual yang koheren. Hal ini tentu memaksa pikiran untuk meraih sampai ke inti paling murni yang tersembunyi dalam struktur – struktur pengalaman manusia (leluhur pada masa lalu). Akan menjadi sangat baik apabila keturunan suatu klien mampu melakukan pemahaman seperti itu tentang babad sehingga tumbuh kesadaran yang tereflaksikan dalam bentuk pelaksanaan dharma masing – masing (dharma agam dan dharma nagara) meniru jejak para leluhur. Dalam rangka meniru jejak leluhur itu, kita mesti tetap dalam kesadaran bahwa babad adalah produk masa lampau yang diberi makna pada masa kini. Artinya, sangat diperlukan kepekaan terhadap situasi dan kondisi zaman pada saat pembacaan. Apabila keturunan suatu klien telah mampu menjalankan kewajibannya dengan baik, maka mereka akan menikmati haknya dengan baik. Dalam rangka inilah kerapkali terjadi kesalahpahaman dalam menafsirkan babad. Yang menjadi horison harapan adalah hak dan melupakan kewajiban apa yang diamanatkan oleh leluhur. Oleh karena itu, sering menimbulkan konflik, baik internal maupun eksaternal.
            Babad juga berfungsi sebagai sumber inspirasi seni. Cabang seni yang lain, seperti seni pertunjukan, seni rupa, seni patung, bahkan genre sastra lainnya (kidung, geguritan) kerapkali mengambil sumber pada teks – teks babad. Namun hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengangkat babad sebagai sumber inspirasi atau sumber lakon seni pertunjukan adalah adanya kesinambungan yang mampu menunjukan ciri khas babad lain berupa legitimasi, genealogi, simbolisme, hagiografi, mitologi, dan sugesti.     

4/09/2012

WIRASA

Om Suastiastu,,,,, Ri tepengan mangkin sayuakti ledang manah titiang disampunne polih pakibeh indik makudang-kudang kasusastraan. Yan munut pidaging sastrane mautama punika kewadar ring Menawa Dharma Sastra, ring dija ke iraga embas puniki tuah ngemargiang karma wesana sakaning pemargin kauripanne sane Lintang. Mungguing sedaging cakepan sastra sane tiosan kadi punika wangun kasusastran bali menekadi Basa Basitha, cecangkriman, pupuh, Kekawin utawi sekar Agung taler punika sane marupa kasusastraan Anyar luirne Puisi, Satua/satua bawak, Drama Gonk miwah sedaging reriptan sang pengawi, sujatinne punika wenten  suksman nyane.
Ngeninin indik kasusastraan punika sampun taler titiang polih unggahang ring Blog niki sane lintang, Indayang ngiriing resepang napike unteng sasuluhne??
Kadi Pupuh "Eda Ngaden Awak Bisa"..}... punika iraga dados jatma mangda stata sidha ngulat sarira utawi (Intropeksi diri) ring dija iraga patutne nyolahang padewekan medasar antuk tata krama Desa Kala Patra lan Agama nyening sampun sidha nyungkemin sedaging awig-awig utawi tatatitine pamargi sane becik sinah iraga pacang nemu sane mawasta becik. Yan iraga mangkin newek maosang becik sinah sane tiosang durung janten maosang peraganne becik,,,, ngiring titenin pupuhe punika angge dasar kauripanne.
Yan solohang aak makeh sedaging kekawin sastra druwene punika medaging tetuwek ring sajeroning ngemargiang kauripan puniki,,,,, moghi sidha sareng sami nyujur sastra druwene angge dasar menyama braya Om Santi Santi Santi Om
Makirang antuk ampurayang niki tuah daging wirasan titiang.... {

4/06/2012

Puisi Bali Modern


Anatomi Puisi Bali Modern
                        Yang termasuk anatomi puisi terdiri dari : (1) pengertian puisi; (2) jenis-jenis puisi; (3) aspek-aspek menonjol Puisi Bali Modern.

 Pengertian Puisi Bali Modern
                  Yang dimaksud dengan puisi ialah karangan terikat (Hidayat, 1994: 114). Menurut Tarigan, puisi adalah hasil seni sastra yang kata-katanya disusun menurut syarat-syarat tertentu dengan menggunakan irama, sajak dan kata-kata kiasan (1984: 4). Kedua pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan puisi adalah hasil seni sastra yang terikat oleh syarat-syarat tertentu dengan menggunakan irama, sajak dan kadang-kadang berisi kata-kata kias. Kalau dibandingkan dengan Puisi Bali bahwa Puisi Bali Modern adalah: gendra (ragam) sastra berbahasa Bali yang terikat oleh irama serta penyusunan tipografi yang berupa larik-larik dan bait atau bait-bait. (Rai Putra: 1) Gendra ini menyerap unsur atau nilai-nilai sastra Bali tradisional dan bahkan puisi Jawa Kuna (kekawin dalam bentuk pengungkapan yang baru). Bentuk pengungkapan yang baru itu menunjukkan adanya suatu pengaruh dari puisi barat yang antara lain terwujud dalam bentuk yang tidak lagi terikat oleh jumlah suku kata tiap larik, jumlah larik tiap bait, jumlah bait, bunyi akhir larik. Bentuknya yang bebas itulah yang antara lain menyebabkan iramanya menjadi bebas pula, dalam arti tidak terikat pada pola tertentu seperti pupuh dan geguritan misalnya.

 Jenis-jenis Puisi Bali
                  Jenis-jenis puisi di dalam kesusastraan Bali itu ada dua yaitu Puisi Bali Tradisional (Purwa) dan Puisi Bali Modern (Anyar). Puisi Bali Tradisional (Purwa) berupa tembang, contohnya: sekar alit, sekar madia, miwah sekar agung. Puisi Bali Modern (Anyar) itu bisa dibaca dan dideklamasikan. Sedangkan Puisi Bali Purwa dibaca dan dinyanyikan (Puspa Sari 2, 2006: 73). Puisi Bali Modern (Anyar) dibuat berdasarkan unsur-unsur intrinsik sepeti: tema (indik napi tatuwek daging puisi), rima (perasaan-perasaan buyi), ritma (perhentian atau tekanan-tekanan yang teratur), majas (gaya bahasa), kesan (isi perasaan yang diungkap), diksi (pilihan kata-katanya). Dan juga dibangun oleh unsur-unsur ekstrinsik seperti: riwayat hidup pengarang, kehidupan sosial para janane, tujuan yang diinginkan (Kesusastraan Bali, 2005: 47).

 Aspek-aspek Menonjol Puisi Bali Modern
1. Melukiskan Puisi Bali Modern
                  Puisi-puisi Bali Modern cukup memperhatikan unsur bunyi guna menunjang aspek musikalitasnya. Pada periode 1960-an lebih banyak digunakan bunyi-bunyi nyaring (euphony) sehingga menimbulkan kesan romantik pada puisi, sedangkan pada periode 1970-an bunyi-bunyi nyaring dikonfrontasikan dengan bunyi-bunyi berat (cacophony), guna mendapatkan efek ironi atau paradok yang lebih tajam.

2. Gaya Bahasa Puisi Bali Modern
                  Unsur gaya bahasa Puisi Bali Modern pun ukup kuat mendukung intensitas puisi, sebagai salah satu hakekat puisi. Selain itu unsur gaya bahasa ini juga dapat lebih mengkongkretkan makna puisi secara keseluruhan, walaupun dengan itu berarti puisi menyampaikan maksudnya secara tidak langsung, hal ini disebabkan oleh pemakaian gaya perbandingan yang lebih banyak dari gaya yang lainnya. Gaya bahasa perbandingan, baik berupa metafora maupun personifikasi, dimanfaatkan dengan sangat efektif oleh para penyair Bali Modern. Gaya tersebut masih ditunjang pula dengan gaya bahasa paralelisme yang dengan jelas dapat mendukung intensitas puisi, disamping juga menimbulkan persamaan bunyi yang cukup bervariasi sebagai penunjang intensitas puisi.

Hakekat Puisi Bali Modern
                        Rai Putra (2007: 8) mengatakan bahwa, hakekat Puisi Bali Modern terdiri atas: tema, rasa, nada dan amanat. Keempat unsur tersebut merupakan catur tunggal, karena unsur yang satu sama lainnya sangat erat hubungannya. Berikut ini akan dipaparkan tiap-tiap unsur secara ringkas.
 Tema atau makna
                  Jelas bahwa penyair dengan puisinya ingin mengungkapkan sesuatu bagi para penikmatnya. Sang penyair melihat atau mengalami beberapa kejadian dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Dia ingin mengemukakan, mempersoalkan, mempermasalahkan hal-hal itu dengan caranya sendiri. Dengan kata lain sang penyair ingin mengemukakan pengalaman-pengalamannya kepada para penikmat. Intinya puisi mengandung subject matter. Makna yang dikandung suatu subject matter itulah makna (sense) dari puisi.
Rasa (feeling)
                  Menurut Richard yang dikutip oleh Tarigan, rasa ialah sikap sang penyair terhadap pokok permasalahan yang terkandung dalam puisi. Apakah benci atau kasihan dan sebagainya.
Nada
                  Nada dalam dunia perpuisian adalah sikap penyair terhadap pembacanya, yaitu sikap sang penyair terhadap para penikmat karyanya. Ada sangkut pautnya dengan tema dan rasa yang terkandung pada sanjak. Sumbang bila pada suatu sanjak yang bertemu kegagalan, terdapat rasa keangkuhan dan juga rasa kegembiraan dan yang lainnya.
Amanat
                  Amanat maksudnya, orang hidup bekerja, belajar semuanya itu ada tujuan. Tujuanlah yang mendorong orang melakukan sesuatu. Jadi amanat itu sama artinya dengan tujuan. Hanya terkadang tujuan tersebut tidak disadari, namun tetap ada secara eksplisit dan secara implisit. Demikian juga para penyair sadar atau tidak sadar dia mempunyai tujuan dengan sanjak-sanjak ciptaannya itu. Apakah tujuan tersebut untuk memenuhi hubungan pribadi sendiri atau yang lainnya terkandung kepada pandangan hidup sang penyair (Tarigan, 1971: 20). Kalau penyairnya seorang guru, maka dalam sanjak-sanjak mungkin dominant ingin mendidik para penikmat karyanya itu. Maka sanjak-sanjaknya bersifat didaktis. Kalau kebetulan penyairnya seorang pendeta dan ulama, maka ia membawa orang kepada hal-hal atas dasar kendali dharma.

Metode Puisi:
Diksi (diction)
                  Diksi berarti pemilihan kata. Pemilihan dan pemaparan kata merupakan aspek yang utama dalam dunia puisi. Satuan arti yang menentukan struktur formal linguistik karya sastra adalah J. Elema yang dikutip Antara mengatakan bahwa, puisi mempunyai nilai seni bila pengalaman jiwa yang menjadi dasarnya dapat dijelmakan ke dalam kata. Seorang penyair mestinya sensitif kepada bahasanya, kepada pemilihan kata-kata. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, kata merupakan bahasa baku puisi, oleh sebab itu pilihan kata atau diksi merupakan unsur penting dalam menciptakan kepuitisan sebuah puisi. Puisi Bali Modern dominant menggunakan kata-kata atau ungkapan-ungkapan yang bermakna kekhasan daerah (Bali). Periode selanjutnya menggunakan kata-kata keseharian yang merujuk pada kehidupan modern.

Imajinasi
                  Pilihan kata yang tepat dapat memperkuat serta memperjelas daya bayang pikiran manusia, dan energi tersebut dapat pula mendorong imajinasi atau daya bayang kita untuk menjelma akan gambaran nyata. Dengan menarik perhatian dan perasaan kita, sang penyair berusaha membangkitkan pikiran dan perasaan penikmat sehingga mereka menganggap bahwa merekalah yang benar-benar mengalami peristiwa tersebut. Segala yang dirasakan atau dialami secara imajinatif inilah dikenal dengan istilah imagery atau imaji.

Kata Nyata
                  Salah satu cara untuk membangkitkan daya bayang atau imajinasi para penikmat sesuatu puisi adalah dengan mempergunakan kata-kata yang tepat, kata-kata yang kongkret, yang dapat menyarankan suatu pengertian menyeluruh. Kata nyata adalah kata yang konkret dan khusus, bukan kata yang abstrak dan bersifat umum.

Majas
                  Cara lain yang sering dipergunakan oleh para penyair untuk membangkitkan imajinasi itu adalah dengan memanfaatkan majas yang merupakan bahasa kias atau gaya bahasa. Penyair mempergunakan aneka ragam majas untuk memperjelas maksud serta menjelmakan imajinasi itu.

Ritma dan Rima
                  Besar pengaruhnya untuk memperjelas makna puisi. Erat sekali hubungannya dengan sense, feeling, tone, dan intention yang terkandung di dalamnya, perubahan ritma cendrung untuk menimbulkan perubahan keempat unsur puisi itu. Ritma atau irama adalah turun naiknya suara secara teratur, sedangkan rima atau sanjak adalah persamaan bunyi (Rai Putra, 2007: 11).

Makna dan Tujuan Puisi
                        Agar kita mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai apa yang dimaksud dengan “maksud dan tujuan” dari karya puisi adalah dengan bimbingan sebagai berikut:
1.       Bukan menyatakan makna tetapi justru menyarankannya.
2.       Bukan untuk menceritakannya tetapi melukiskan.
3.       Bukan untuk menerangkan atau menjelaskan tetapi mengajak atau mendorong para pembaca berkreasi.
4.       Bukan untuk berbicara, tetapi berdendang atau berlagu.
5.       Bukan untuk berdendang atau berlagu melulu tetapi justru membangun atau menimbulkan dendang atau lagu pada para penikmatnya.