"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

4/03/2012

SOAL


TES UJI COBA
 
 
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


MATERI SOAL
BAB VII
Pengetahuan Mantra Sehari-hari

Pilihan Ganda:
Jawablah salah satu jawaban a, b, c dan d yang paling benar !
1.     Gayatri mantram, terdapat dalam Puja Trisandya ………
a.  bait pertama                                                                            c.         bait pertama dan ketiga
b.  bait ketiga                                                                               d.         keenam bait

2.     “Ya Tuhan, Engkau dipanggil Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma, Wisnu, Rudra dan Purusa”.
Terjemahan mantra di atas, adalah terjemahan dari Puja Trisandya bait ke …..
a.  pertama                                                                                               c.         keempat
b.  ketiga                                                                                      d.         keenam

3.     Yang merupakan “Ibu” dari segala mantra adalah …….
a.  Puja Trisandya                                                                        c.         Kramaning sembah
b.  Gayatri mantram                                                                    d.         Surya astawa

4.     “Om Hyang Widhi semoga hamba selalu dalam keadaan selamat atas  karunia-Nya”.
Terjemahan tersebut merupakan terjemahan dari Doa …….
a.  Om Awignam astu namo śidham                   c.         Om Swastiastu
b.  Om Sāntih Sāntih Sāntih Om                         d.         Om Sidhirastu Tatastu Swaha

5.     Dalam pranayama (mengatur nafas) terdapat Doa “Om mang namah”, Doa tersebut diucapkan pada saat ……
a.  Pūraka (menarik nafas)                                              c.         Recaka (keluarkan nafas)
b.  Kumbhaka (tahan nafas)                                            d.         Semua benar
6.     Berikut ini merupakan sikap dan cara yang sempurna di dalam mengucapkan sebuah mantra, kecuali …..
a.  padasana                                                                                 c.         bajrasana
b.  silasana                                                                                               d.     tatalaksana

7.     “Om Amertadi Sanjiwani ya namah swaha”
Mantra tersebut adalah mantra pada saat ……..
a.  menghadapi makanan                                                 c.         menyediakan makanan
b.  mulai makan                                                                           d.         sesudah makan

8.     Di bawah ini yang merupakan mantram memasang beras bija untuk di dahi ialah …….
a.  Om Sriyam bhawantu                                                
b.  Om sukham bhawantu                                               
c.  Om purnam bhawantu, Om ksamasampurnaya namah swaha
d.  Om mang parama siwa amrta ya namah swaha

9.     Mantra yang digunakan pada waktu membaca kitab suci agama atau Weda adalah …….
a.  Om Narayana, Om Saraswati jaya                 c.         Om Awighnam astu nama siddham
b.  Om ang dewa pratisthaya namah                   d.         Om sidhirastu tatastu swaha

10.  Om prano devi sarasvati
Vajebhir vajinivati
Dhinam avitry avatu
Mantra di atas adalah mantra yang diucapkan ……..
a.  mengunjungi orang sakit                                            c.         memohon inspirasi
b.  untuk pedagang                                                                      d.         membaca kitab suci

11.  “Om kara murcyate, pras-pras pranamya ya namah swaha”
Mantra tersebut digunakan untuk ………
a.  menghaturkan sesajen kepada leluhur           c.         ngayaban sesajen
b.  menghaturkan segehan                                               d.         penyucian sesajen

12.  “Om sam gacchadhvam sam vadadhvam
Sam vo manamsi janatam
Deva bhagam yatha purve
Samjanana upasate”
Mantra di atas digunakan pada saat …….
a.  Apel kerja/upacara bendera                           c.         Penutupan rapat
b.  Pembukaan rapat                                                                    d.         Penyumpahan pejabat

Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan benar !
1.       Sebutkan mantra Trisandya bait ketiga disertai dengan terjemahannya !
2.       Dalam Panca Sembah kita melakukan sembah puyung sebanyak dua kali, sebutkan mantra sembah puyung yang pertama dan yang terakhir !
3.       Kita mengenal ajaran ahimsa (tidak menyakiti). Dalam kaitannya beryadnya kita tidak dilarang memotong hewan. Sebutkan mantra pada saat memotong hewan !















 TES UJI COBA

SMP KELAS VII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


  1. Kidung Wargasari untuk mengiringi pelaksanaan upacara:
           a. Pitra yanya                              c. Dewa yadnya
           b. Manusa yadnya                      d. Bhuta yadnya

  1. Kidung untuk mengiringi pelaksanaan upacara Bhuta yadnya adalah:
           a. Wargasari                                    c. Malat
           b. Tantri                                           d. Jerum

  1. Orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang disebut.....
    1. Pemimpin
    2. Kepemimpinan
    3. Managemen
    4. Pragmen

  1. Seseorang pemimpi harus memiliki prinsip tidak mudah goyah, harus tegar tercermin pada...
    1. Vayu Brata
    2. Denada brata
    3. Varuna Brata
    4. Agni Brata

  1. Sama, beda, dhana dan Dhanda merupakan bagian dari....
    1. Catur paramita
    2. Catur Purusa Artha
    3. Catur Naya  Sandi
    4. Catur Asrama

  1. Sifat Tuhan Maha kecil disebut......
    1. Mahima
    2. Lagima
    3. Anima
    4. Prapti

  1. Sifat Tuhan Maha Kuasa Menguasai semua mahluk dalam Asta Aiswarya disebut….
    1. Prapti
    2. Pramkya
    3. Wasitwa
    4. Istwa

  1. Dharmagita yang digunakan untuk mengiringi upacara Dewa Yadnya adalah…
    1. Warga sari
    2. Dangdang Gula
    3. Sinom
    4. Maskumambang

  1. Yang termasuk sekar Alit dibawah ini adalah…..
    1. Gegendingan
    2. Warga sari
    3. Kekawin
    4. Sinom

  1. Sehari sebelum hari raya Galungan disebut…
    1. Penyajan
    2. Penyekeban
    3. Penampahan
    4. Sugihan

 


Jawablah pertayaan dibawah ini dengan singkat dan padat!
  1. Apa Makna dan tujuan hari raya Siwalatri jelaskan
  2. Jelaskan rangkain  hari raya Nyepi!
  3. Jelaskan  rangkaian hari raya Pagerwesi!
  4. Apa Makna dan tujuan hari raya Saraswati?
  5. JelaskanRangkaian hari raya Galungan!

ULANGAN HARIAN

SMP KELAS VIII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



  1. Dewa yang berfungsi sebagai Pencipta yaitu………..
a.      Wisnu
b.    Brahma
c.     Sambhu
d.    Siwa

  1. Dewa Wisnu adalah pemelihara dengan senjata......
a.      Trisula
b.     Gada
c.      Naga Pasah
d.     Cakra

  1. Tiga warna yaitu merah, putih dan hitam disebut dengan……
a.     Tri Rna
b.    Tri Sula
c.     Tri Warna
d.    Tri Satya

  1. Pada saat ala mini mengada disebut…….
a.     Brahma Diwa
b.    Srsti
c.     Tapa
d.    Jawaban a dan b benar

  1. Yang termasuk kedalam Tri Prana yaitu……
a.     Teja, bayu, dan akasa
b.    Pertiwi, bayu dan akasa
c.     Pertiwi, sabda dan idep
d.    Bayu, sabda dan idep

  1. Yang merupakan bagian dari Panca Maha bhuta yaitu….
a.     Pertiwi, guna, petala, apah dan bayu
b.    Apah, teja, bayu, akasa dan pertiwi
c.     Pertiwi, apah, teja, sparsa, dan guna
d.    Sparsa, guna, petala rupa dan wamana

  1. Makhluk hidup yang paling awal diciptakan adalah…….
a.     Marga Satwa
b.    Swatara
c.     Dwi premana
d.    Nara Marga

  1. Yang disebut dengan  unsure kejiwaaan dalam  proses terjadinya alam semesta yaitu….
a.      Prakerti
b.     Purusa
c.      Petala
d.     Jana loka

  1. Yang termasuk ke dalam teori masuknya Agama Hindu ke Indonesia yaitu...
a.      Teori pedagang
b.     Teori yatra
c.      Teori  sudra
d.     Teori Hindu

  1. Sejarah Majapahit bersal dari  berbagai sumber, dibawah ini yang termasuk sumbernya yaitu......
a.      Kidung arsa Wijaya
b.     Kidung Suta Soma
c.      Prasasti canggal
d.     Prasasti kebunkopi

 


Jawablah pertayaan dibawah ini dengan  singkat dan padat!

  1. Dewa siapa sajakah yang termasuk ke dalam bagian – bagian Nawa Dewata?
  2. Dewa siapa yang berstana di Pura Besakih?
  3.  Apa  yang disebut dengan panca tan mantra?
  4. Apakah yang membedakan Buana Ali dengan Buana Agung?
  5. Mengapa Kutai dianggap sebagai kerajaan tertua di Dunia?



ULANGAN HARIAN

SMP KELAS IX TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



  1. TurunNYA Sang Hyang Widhi ke Dunia sebagai Dewa Wisnu dengan mengambil berbagai bentuk wujud untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran  yang disebabkan oleh sifat-sifat Adharma yaitu…
a.     Dewata Nawa Sanga
b.    Awatara
c.     Nawa dewata
d.    Panca dewata

  1. Dibawah ini yag mengandung pengertian  prabawa atau manifestasi dari kekuatan Hyang widi yang memberikan perlindungan  terhadap ciptaanNYA yaitu….
a.     Dewa
b.    Awatara
c.     Bhatara
d.    Rsi

  1. Turunnya Dewa Wisnu sebagai ikan besar biasanya diistilahkan sebagai……
a.     Varaha Awatara
b.    Wamana Awatara
c.     Nara singa Awatara
d.    Matsya Awatara

  1. Peradaban Hindu pada awalnya terdapat di …..
    a.Sungai Brahmaputra  d. Sungai Yamuna
    b.Sungai Sindhu            e. Dataran Tinggi Dekkan
    c.Tibet

  1. Agama Hindu pertama kali berkembang di Indonesia tepatnya di …..
    a.Kutai, Kalimantan             d. Bogor, Jawa Barat
    b.Surabaya, Jawa Timur      e. Bali
    c.Mataram, Lombok

  1. Mukerjey berpendapat bahwa Agama Hindu masuk ke Indonesia dengan teori …..
    a. Teori Ksatria             d. Teori Pelaut
    b. Teori Waisya            e. Teori Brahmana
    c. Teori Pelarian

  1. Teori Pelaut sebagai alasan masuknya Hindu ke Indonesia dikemukakan oleh …..
    a.Van Leur                 b.Mukerjey       c.Dr. Coudes
            d. Purbacaraka            e. Kroom
 

  1. Sebagai tanda bahwa Kutai menganut agama Hindu adalah ditemukannya 7 Yupa. Yupa adalah ….
    a.Makam para leluhur                  b.Tiang/batu tempat penyimpanan mayat
    c.Tempat pemujaan Dewa Siwa  d.Tiang Batu peringatan upacara kurban
    e.Kitab Suci Kudungga

  1. Lapangan Suci sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa pada jaman Kerajaan Kutai disebut…..
      a.Yupa               b.Waprakeswara                         c. Candi   
              d. Prasasti          e.Pura
10. Agama Hindu berkembang pertama kali di Pulau Jawa, tepatnya di …..
        a. Jawa Barat              b.Yogyakarta                          c. Jawa Timur
       d. Jawa Tengah          e.Banten


1. Jelaskan apa fungsi dari Awatara,dewa, daan Bhatara menurut pandangan hindu?
2. Apa perbedaan Dewa dengan Bhatara?
3. Jelaskan pengertian Budaya!
4. Sebutkan bukti-bukti kejayan kerajaan hindu di Indonesia!
5. apa yang disebut dengan Darmagitha? Dan jelaskan bagian-bagiannya!
 

                                                       ULANGAN HARIAN

SMP KELAS VIII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



Pilihan Ganda:
Jawablah salah satu jawaban a, b, c dan d yang paling benar !
1.     Sembilan manifestasi atau perwujudan Sang Hyang Widhi (Tuhan) dalam ajaran Agama Hindu disebut ………
a.  Nawa Dewata                                                              c.         Panca Dewata
b.  Ista Dewata                                                                             d.         Asta Dewata

2.     Sthana dari Sang Hyang Widhi dilukiskan dengan Singasana teratai yang berdaun delapan disebut…..
a.  Asta Aiswarya                                                                        c.         Asta Dala
b.  Asta Sakti                                                                               d.         Asta Wara

3.     Dewa Wisnu sakti beliau adalah Dewi Sri dengan kendaraannya …….
a.  Angsa                                                                                      c.         Garuda
b.  Harimau                                                                                              d.         Nandi Swara

4.     Dewa Siwa pada saat beliau Santa atau tenang saktinya adalah …….
a.  Dewi Durgha                                                              c.         Dewi Sri
b.  Dewi Laksmi                                                              d.         Dewi Uma

5.     Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa disebut dengan Dewa Tri Murti menurut      konsep ……
a.  Empu Kuturan                                                                        c.         Empu Tan Tular
b.  Empu Darmaja                                                                       d.         Empu Tan Akung
6.     Dalam Dewata Nawa Sanga sering disebut pangider-ideran yang menguasai arah Purwa adalah Dewa …..
a.  Iswara                                                                                     c.         Wisnu
b.  Brahma                                                                                               d.         Ludra

7.     Sapta Wara Saniscara adalah bertempat di dalam pengider-ideran……..
a.  Timur                                                                                      c.         Barat
b.  Selatan                                                                                                d.         Utara

8.     Panca Wara Pon adalah bertempat di ……. dalam pengider-ideran.
a.  Barat laut                                                                                c.         Barat
b.  Timur laut                                                                              d.         Barat daya

9.     Pura Besakih adalah pura yang terletak di Timur Laut sebagai pemujaan terhadap Dewa ……. dalam pengider-ideran.
a.  Tri Mutri                                                                                 c.         Sambhu
b.  Brahma                                                                                               d.         Mahadewa

10.  Dewa Rudra adalah menguasai arah Nairiti atau barat daya dengan senjata …….. dalam pangider-ideran.
a.  Padma                                                                                     c.         Angkus
b.  Tri Sula                                                                                               d.         Moksala

11.  Sapta Wara Redite dalam pengider-ideran mempunyai urip …..
a.  Lima                                                                                       c.         Delapan
b.  Sembilan                                                                                 d.         Tujuh

12.  Nawa Dewata atau pengider-ideran dapat dilihat dalam bentuk upacara ………….
a.  Pawiwahan                                                                              c.         Pecaruan
b.  Pawintenan                                                                             d.         Pedewasan


Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan benar !
1.     Sebutkan dewa-dewa yang menguasai sembilan penjuru mata angin beserta arah dan warnanya !
2.     Sebutkan pura-pura di Bali yang merupakan stana Dewa Nawa Sanga secara berurutan !
3.     Bagaimanakah definisi / pengertian tentang Tuhan Yang Maha Esa menurut Brahmasutra vedanasara yang telah diterjemahkan oleh Svami Sivananda (1977)  ?




























 
 
ULANGAN
PEMERINTAHAN KABUPATEN BADUNG
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


KUNCI JAWABAN
BAB VII
Pengetahuan Mantra Sehari-hari

Pilihan Ganda :
1.        a                                            4.         c                                              7.         b                                            10.       c
2.        b                                            5.         c                                              8.         a                                            11.       d
3.        b                                            6.         d                                              9.         a                                            12.       b


Uraian :
1.                        Om tvam sivah tvam mahadevah
isvarah parameswarah
brahma visnusca rudrasca
purusah parikirtitah
Terjemahan :
Ya Tuhan, Engkau dipanggil Siwa,
Mahadewa, Iswara, Parameswara,
Brahma, Wisnu, Rudra dan Purusa.

2.       I.   Om atma tatwatma sudah mam svaha
V. Om deva suksma paramacintyaya namah svaha
Om Santih, Santih, Santih Om.

3.       Om pasu pasaya wiwahe sirascadaya
dimahi tano jiwah pracodayat.

 
 
ULANGAN
PEMERINTAHAN KABUPATEN BADUNG
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 

KUNCI JAWABAN
BAB IX
Pengetahuan Ista Dewata

Pilihan Ganda :
1.        a                                            4.         d                                              7.         b                                            10.       d
2.        c                                            5.         a                                              8.         c                                            11.       a
3.        c                                            6.         a                                              9.         c                                            12.       c

Uraian :
1.            Dewa Iswara arah Timur (Purwa) warna putih
Dewa Mahesora arah Tenggara (Geneyan) warna dadu
Dewa Brahma arah Selatan (Daksina) warna merah
Dewa Ludra arah Barat Daya (Neriti) warna jingga
Dewa Mahadewa arah Barat (Pascima) warna kuning
Dewa Sangkara arah Barat Laut (Wayabia) warna hijau
Dewa Wisnu arah Utara (Uttara) warna hitam
Dewa Sambhu arah Timur Laut (Ersania) warna biru
Dewa Siwa arah Tengah (Madya) warna mancawarna
2.       Pura Lempuyang
Pura Goa Lawah
Pura Andakasa
Pura Luhur Uluwatu
Pura Batukaru
Pura Puncak Mangu
Pura Batur
Pura Besakih
Pura Pusering Tasik.
3.       Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Brahman ini adalah merupakan asal mula segalanya (alam semesta beserta isinya).

4/02/2012

SASTRAWAN BALI

Catatan I Made Sujaya

MENJAGA
Bali tetap Bali tampaknya menjadi angan-angan sebagian besar orang Bali. Tak terkecuali para sastrawan. Seperti tercermin dalam karya-karyanya, para pengarang Bali menunjukkan pandangannya agar Bali tetap bersikap terbuka menerima pengaruh luar tanpa harus kehilangan kebalian.
Hal ini diungkap Guru Besar Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Unud, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., setelah meneliti 14 cerpen dan novel karya 10 pengarang Bali, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Bali.
"Disadari atau tidak, para pengarang Bali memiliki spirit pendirian yang sama dengan kalangan antropolog bahwa daripada membendung pengaruh eksternal, lebih baik orang Bali memperkuat benteng pertahanan kulturalnya. Tokoh-tokoh orang Bali di dalam cerita mereka digambarkan bersifat terbuka, out going, sigap menyambut kedatangan orang asing, bahkan bergaul dekat dan hangat sampai-sampai ke tingkat keintiman seksual," kata Darma Putra.
Akan tetapi, dosen yang juga wartawan ini menyatakan, pada titik tertentu mereka dilukiskan tidak hanyut berasimilasi lewat kawin campur, apalagi kebarat-baratan, yang berarti bahwa mereka harus tetap tinggal di Bali sebagai penjaga 'benteng terbuka'.
Namun demikian, pergaulan-pergaulan dengan orang Barat diperlukan sebagai media bagi orang Bali, tidak saja untuk mengadaptasi atau mengadopsi nilai-nilai budaya modern tetapi juga memacu orang Bali sendiri untuk lebih memahami dan bila perlus ecara kritis menafsir ulang praktek dan nilai-nilai budaya yang mereka warisi selama ini. Ini bisa dilihat dari teks-teks narasi yang melukiskan tokoh-tokoh Barat dengan peran memprovokasi pandangan konservatif orang Bali terhadap adat, tradisi, dan budaya.
Putu Wijaya dalam Tiba-tiba Malam menggunakan tokoh David untuk mengontraskan nilai tradisi Bali dengan rasionalitas Barat, walaupun akhirnya gagasan reformasi dan kemajuan itu menjadi sangat problematik dalam masyarakat Bali. Putra Mada dalam Liak Ngakak menggunakan Cathie untuk mengingkapkan ihwal leak, salah satu aspek misteri dan 'menakutkan' dari sistem kepercayaan masyarakat Bali. Aryantha Soethama lewat Wanita Amerika Dibunuh di Ubud menjadikan kematian Suzan untuk merangsang pembahasan kritis tentang wacana upacara ngaben hemat dan Hindu sebagai agama universal.
Selain itu, jelas penulis buku Tonggak Baru Sastra Bali Modern ini, pengarang Bali menggunakan tokoh Barat untuk mengkritik. Dalam budaya Bali, kritik atau pujian diharapkan datang dari orang lain, bukan dari diri sendiri, seperti tercermin dari ungkapan eda ngaden awak bisa, depang anake ngadanin (jangan menganggap diri bisa, biar orang lain yang menilainya). Seolah larut dalam slogan ini, pengarang Bali menggunakan orang Barat untuk menilai dan mengritik budaya Bali. Dalam banyak hal, orang Barat dikenal berkarakter terus terang, bahkan out spoken (tanpa tedeng aling-aling), kadang radikal karena gap kultural. Pengarang Bali menawarkan kritik orang Barat sebagai cermin bagi orang Bali untuk terus melakukan refleksi dalam rangka memperkuat jati diri sebagai orang Bali.
Darma Putra menegaskan, walaupun para pengarang Bali tidak menggunakan istilah seeksplisit 'ajeg Bali' atau 'lestarikan budaya Bali' cerita-cerita yang mereka tulis menunjukkan bahwa mereka memiliki komitment yang jelas untuk mempertahankan Bali dan identitas budayanya. "Pendek kata, tanpa menutup kemungkinan tafsir lain, teks-teks sastrawan Bali bisa dilihat sebagai perwujudan dari atau representasi politik identitas para pengarang untuk menjaga agar Bali tetap Bali," tandas anggota juri hadiah sastra Rancage untuk sastra Bali modern ini.

PERKEMBNGAN KRITIK SASTRA BALI

Oleh: Darma Putra, dalam kategori: Budaya, Buku, Opini


Kehidupan sastra nasional dan daerah di Bali terus berlanjut sejak dulu. Banyak karya diciptakan, dibaca, dipentaskan dalam bentuk seni pertunjukan seperti sendratari dan wayang, atau ditransformasi dalam bentuk seni rupa atau seni ukir di tembok-tembok. Ada juga novel disajikan lewat film atau sinetron.
Apresiasi sastra berlangsung di masyarakat ketika ada kegiatan ritual, atau di radio dan televisi lewat kidung interaktif, dagang gantal, atau gita shanti. Fakta-fakta ini mengindikasikan kreativitas dan apresiasi seni sastra di Bali berjalan semarak tetapi ada satu hal yang kurang yaitu absennya kegiatan kritik sastra. Isi dan pesan karya banyak disimak tetapi tidak pernah dikritik sebagai karya sastra. Tulisan kritik sastra jarang dibuat.
Yang dimaksud dengan apresiasi adalah pembacaan atau penikmatan sastra. Pembicaraan isi secara verbal juga termasuk di dalam apresiasi. Sedangkan kritik sastra meliputi kajian atau ulasan secara menyeluruh atas sebuah/sejumlah karya. Tulisan tentang sejarah sastra dan kajian atas fenomena sastra juga termasuk di dalamnya.
Sangat Dinamis
Sesudah kemerdekaan, perkembangan sastra Indonesia sangat dinamis seperti bisa diikuti lewat puisi dan cerpen yang dimuat di majalah Bhakti dan Damai serta Mingguan Harapan. Penulis Windhya Wirawan, Putu Shanti, dan Made Kirtya, dan Tjok Rai Sudharta banyak berkarya tahun 1950-an. Tahun 1960-an, geliat itu kian ramai akibat serunya perseteruan antara seniman yang pro-partai politik PNI dan PKI, atau antara LKN dan Lekra, sayap kanan dan sayap kiri. Koran Suara Indonesia, Suluh Indonesia, atau Suluh Marhaen (nama lama Bali Post) banyak memuat puisi dan cerpen.
Zaman Orde Baru kehidupan sastra berjalan terus, ditandai dengan publikasi karya di surat kabar dan majalah, apresiasi sastra, lomba baca puisi, pentas drama, dan sebagainya. Ada juga teks yang diangkat menjadi sinetron seperti “Ketika Kentongan Dipukul di Bale Banjar” karya Nyoman Rastha Sindhu. Cerpen ini keluar sebagai cerpen terbaik Horison tahun 1969, menorehkan sebuah prestasi nasional penulis Bali.
Media massa memainkan peran sangat besar karena membuka diri untuk mempublikasikan puisi, cerpen, novel atau naskah drama. Sastrawan Bali seperti Oka Rusmini dan Aryantha Soethama berjaya di tingkat nasional. Antologi cerpen Aryantha Soethama berjudul Mandi Api berhasil menyabet gelar prestisius Khatulistiwa Literary Award tahun 2006. Sementara itu, sejumlah penyair Bali diundang ke forum baca puisi internasional sampai ke Den Haag, Jerman, atau Paris seperti Warih Wisatsana, Oka Rusmini, Tan Lioe Ie.
Namun, di tengah dinamika kehidupan sastra Indonesia di Bali, yang sangat terasa kurang adalah kegiatan kritik sastra. Apresiasi berjalan baik tetapi kritik sastra hanya satu-dua bahkan nyaris kosong melompong. Kecuali sedikit ulasan berupa resensi buku di koran, kritik sejati sungguh sepi.
Kalau mencari siapakah kritikus sastra Indonesia di Bali, kita mungkin hanya menemukan satu-dua nama seperti almarhum I Made Sukada (dosen Fakultas Sastra Unud) dan I Nyoman Tusthi Eddy (seorang guru SMA di Karangasem). Mereka menulis ulasan sastra di koran, menulis makalah dan menerbitkan buku. Itu pun tidak banyak, tidak berpengaruh.
Tanpa kritik, sastra memang bisa maju tetapi dengan kritik kontribusi sastra untuk kehidupan kebudayaan dan pengetahuan humaniora bisa kian lengkap. Sastra tanpa kritik seperti api unggun tanpa angin, tak membara dan tak memberi hangat optimal.
Sastra Bali
Kehidupan sastra Bali tradisional dan sastra Bali modern juga menghadapi kenyataan langkanya kritik sastra. Ulasan sastra umumnya ditulis untuk skripsi atau thesis atau desertasi, di luar itu nyaris tidak ada. Karya sastra tradisional seperti kakawin, kidung, gaguritan banyak dibaca dalam mabebasan, gita shanti, kidung interaktif, di pura, di banjar, di radio, di televisi tetapi itu semua sebatas apresiasi sastra, yakni mengungkap atau menikmati nilai yang terkandung dalam teks.
Menjamurnya sekaa shanti di seluruh pelosok kota dan desa di Bali membuat apresiasi sastra tradisional semarak sekali. Di Bali dewasa ini ada sekitar 1430 desa pakraman, jika diasumsikan tiap desa ada 10 banjar dan setiap banjar ada satu sekaa shanti, maka ada seka shanti di sekitar 14.300. Atau, kalau sekaa shanti di kantor swasta, kantor pemerintah, bank, sekolah, kampus, hotel, dihitung maka jumlah sekaa shanti di Bali bisa mencapai 15.000. Sekaa ini merupakan pilar apresiasi sastra Bali.
Namun, studi atau kajian atau ulasan tentang sastra Bali tradisional sepi sekali. Analisis karya dalam bentuk tulisan kritik atau esai bisa dikatakan kosong. Sastra Bali modern pertama muncul tahun 1910-an berupa cerita pendek yang ditulis Made Pasek (seorang guru dari Singaraja) dan Mas Nitisastro (seorang guru di Bali Utara). Dalam sepuluh tahun terakhir, banyak sekali terbit karya sastra Bali modern, tetapi ulasan terhadap karya yang muncul nyaris tidak ada.
Dalam sejarahnya yang relatif panjang, dunia sastra Bali modern baru memiliki dua-tiga buku tentang objek ini antara lain karya Mengenal Sastra Bali Modern (1991) karya Tusthi Eddy dan Tonggak Baru Sastra Bali Modern (2000) karya Darma Putra. Namun, masih banyak mutiara terpendam dalam sastra Bali modern yang belum tergali, yang perlu ditambang atau didulang untuk mendapatkan emas-emas nasihat.
Kalau apresiasi sastra diumpamakan kepompong dan kritik sastra ibarat kupu-kupu, maka dalam kehidupan sastra kepompong jarang sekali yang berubah menjadi kupu-kupu. Apresiasi riuh rendah tetapi kritik sastra sepi-jampi.
Mengapa Senyap?
Mengapa kritik sastra tidak sesemarak penciptaan dan apresiasi sastra? Sunyi senyapnya kritik sastra di Bali atau di Indonesia secara umum karena kehidupan sosial budaya kita berdasarkan sistem budaya Timur yang mengutamakan harmoni dan kerukunan. Tradisi ini kurang kondusif dalam menumbuhkan sikap kritis. Menilai orang lain, apalagi mencela atau mengkritik adalah hal yang dihindari karena bisa mengganggu kerukunan. Kritik diberikan konotasi negatif.
Dalam budaya Bali terkenal ungkapan “eda ngaden awak bisa, depang anake ngadanin” (jangan menganggap diri bisa, biar orang menilai), sepintas terasa mendorong sikap menilai tetapi sebetulnya jelas bermakna menyuruh kita diam, tidak banyak bicara, apalagi mengkritik. Ada karya yang merangsang sikap kritis, yaitu Gaguritan Bungkling, yang berisi pikiran kritis terhadap adat dan sistem nilai Bali tetapi karya seperti ini sedikit sekali jumlahnya alias perkecualian.
Perubahan sosial politik Indonesia dewasa ini yang ditandai dengan kebebasan berekspresi seharusnya mulai menumbuhkan tradisi kritik sastra atau seni yang kuat. Hal ini belum menampakkan hasil menggembirakan buktinya aktivitas kritik sastra masih nyanyi sunyi. Masalahnya mungkin, seperti pernah disampaikan Budi Darma, karena masyarakat kita kurang berfikir analitik, artikulatif, kurang argumentatif, dan kurang formulatif. Kerja kritik sangat membutuhkan sikap analitik, argumentatif, artikulatif dan formulatif.
Bakat menjadi kritikus bisa diasah dengan mulai rajin membaca karya sastra, mengumpulkan dan mengolah informasi, memulai dengan memetakan persoalan dan memformulasikan pemikiran atas materi yang ada atau karya yang dibaca. Kerja kritik memerlukan teori, itu sudah jelas. Namun, perspektif keliru tentang teori banyak membuat orang enggan menulis kritik sastra, padahal teori tidak mesti berupa sesuatu yang canggih, kompleks, abstrak, asing seperti yang umumnya datang dari dunia pemikiran Barat.
Pemakaian teori dalam analisis seni bisa dimulai dengan pendekatan sederhana tetapi ampuh, seperti komparatif, misalnya dengan mengungkapkan persamaan dan perbedaan beberapa teks atau aspek dari beberapa teks yang potensial untuk itu. Patut juga dibiasakan memformulasikan pikiran dengan pola analisis induktif (khusus ke umum) atau deduktif (umum ke khusus). Tantangan kehidupan sastra di Bali adalah mengubah tradisi apresiasi yang kuat menjadi tradisi kritik produktif sehingga kehidupan sastra tidak saja semarak tetapi kian bernilai-guna untuk dunia seni itu sendiri dan ilmu pengetahuan humaniora lainnya.
Kalau penulis diumpamakan api unggun, kritikus adalah angin, yang berhembus setia bukan untuk membunuh api unggun tetapi membuat unggun tetap membara, tetap memberikan semangat kreativitas. Era baru pascareformasi ini, di mana kebebasan berekspresi hampir-hampir tanpa batas, tidak ditekan seperti era Orde Baru, semestinya memberikan iklim baru tumbuhnya sikap kritis dan juga kritik sastra. Semoga! [b]
Tulisan merupakan ringkasan materi ceramah apresiasi dan kritik sastra di IKIP PGRI Bali, 15 Januari 2009.
Sumber: http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=kategoriminggu&kid=15&id=Budaya