"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

4/20/2013

SIKSA ATAU COBAAN

DUKA SIAPA YANG TAK BERKEPANJAGAN
JIKA IA EGOIS DENGAN KE ELOKAN WAJAH
SEDANG AKU DICAMPAKKAN KEDALAM TONG-TONG SAMPAH
DUKA MANAKAH YANG TAK BERKEPANJANGAN JIKA IA BEGITU ANGKUH
SEDANGKAN AKU DIUSIR BAGAI ANJING KURAP

DUKA SIAPAKAH YANG BERKEPANJANGAN
MECIBIRKAN BIBIR DAN MEMALINGKAN MUKAK MANA KALA BERJUMPA
SEDANGKAN AKU MENGHARAP SECUIL SENYUM DARINYA
OOOOOOOOOOOOOOH BETAPA TEGANYA.......
OOOOH..

WAHAI JIWA-JIWA YANG TAK SUDI MERANA....
MAUKAH KAU MEMEGANG TANGANKU...
MENGGENGGAM ERAT JARI JEMARIKU....
WALAU TAK TAMPAK EMAS BARANG SEKARAT...

BAWALAH AKU MELAYANG KESANA...
CEPATLAH BAWA AKU JAUH KE UJUNG SANA,,,
TAK TAHAN AKU MELIHAT KEANGKUHAN...
KESOMBONGAN,, KECONGKAKANNYA..

WAI JIWA-JIWA YANG TAK SUDI MERANA
KISAH PILU YANG BAGAIANAKAH INI
CERITA DUKA YANG BAGAIMANA LAGI ..
YANG BAKAL TERJADI ATS DIRI INI
SIKSA ATAU COBAAN TUHANKAH SEMUA INI

4/08/2013

TANAH LOT


Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.
Ternyata tidak semua orang boleh masuk ke dalam pura tsb. para wisatawan hanya diperbolehkan melongok dari bawah pura. hanya orang2 tertentu yang hendak bersembahyang atau melakukan kegiatan keagamaan yang diperkenankan masuk ke dalam pura. Terkait dengan konsep triangga (penggambaran tubuh manusia dari kepala, badan hingga kaki), pura ini menjadi terkait dengan 2 tempat suci lainnya di Tabanan, yaitu Pura Luhur Batukaru (hulu) dan Pura Puser Tasik (madya) serta Pura Tanah Lot sebagai hilirnya. Pura hulu dan hilir ini pun digambarkan sebagai simbolisasi lingga dan yoni, Pura Luhur Batukaru sebagai lingga (purusa)dan Pura Tanah Lot sebagai yoni (segara). perpaduannya menjadi sumber kehidupan yang mensejahterakan manusia disekitarnya. Di sebelah utara pura, tepatnya di dalam gua bawah tebing, terdapat ular yang dikeramatkan. ular pipih beracun berwarna hitam kuning ini dipercaya sebagai selendang Dang Hyang Nirartha yang terlepas saat sedang bertapa dan hingga kini menjadi penjaga pura. di tempat ini pula terdapat sumber air tawar bernama Tirta Pabersihan (biasa digunakan sebagai sarana memohon kesucian).

DURUUUUUUS MESANDEKAN


3/22/2013

KRITIK SENI

   Krtitik seni dalam bahasa Indoenesia sering kita sebut dengan "ulas seni" bahas seni atau bincang seni.  Dalam Merriam Webster's Collegiate Dictionary disebutkan "Kritik adalah orang yang menyapaikan pendapatnya dengan alasan tertentu terhadap berbagai hal, terutama mengenai nilai, kebenaran kebijakan, keindahan atau tekniknya. Selanjutnya dinyatakan bahwa kritik melibatkan dirri secara profesional dalam menganalisis, mengevaluasi atau memberi pengargaan terhadap karya seniatas capaian artistiknya.

2/11/2013

MEMPARAFRASEKAN LIRIK LAGU MENJADI PROSA

Dilihat dari segi pembuatan lirik lagu memiliki kemiripan dengan karya sastra berbentuk puisi yang bentuknya tidak sama dengan prosa atau karangan biasa. Namun, yang membedakan keduanya adalah cara menampilkannya. Seperti yang diketahui, lirik lagu biasanya dilantunkan dengan iringan alat musik sedangkan puisi tidak, tetapi seiring dengan perkembangannya pembacaan puisi kini di tampilkan dengan iringan alat musik, yang disebut dengan musikalisasi puisi. Lirik lagu maupun puisi terbagi ke dalam larik-larik atau bait, terdapat kata-kata yang bermakna kias atau konotasi. Oleh karena itu, isi atau temanya biasanya tersirat.
            Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memparafrasekannya menjadi  sebuah prosa ialah seperti berikut.
1)   Bacalah atau dengarkan lirik lagu yang didendangkan dengan seksama.
2)   Pahami isi kandungan lirik lagu secara utuh.
3)   Jelaskan kata-kata kias atau ungkapan yang terdapat dalam lirik lagu
4)   Uraikan kembali isinya secara tertulis dalam bentuk prosa dengan menggunakan kalimat sendiri.

2/01/2013

HASIL PATEMON ALIANSI PEDULI BASA DAERAH BALI SARENG BPK. GUBURNUR BALI


Ring raina Sukra Umanis Uku ukir tangal 1 Pebruari 2013, puniki galah sane becik sida para Aliansi Peduli Bahasa Daerah Bali sareng Para Rektor sejebag jagat Bali sane nue mahasiswa jurusan Basa lan Sastra Daerah Bali. Makeh taler mahasiswa saking IKIP PGRI BALI, Udayana, IHD, UNHI sida sane rauh Ring Galah punika.  Pabligbagan punika kapertama kedagingin saking ketua Aliansi Peduli Basa Daerah Bali
I Nyoman Suka Ardiyasa, S.Pd.B ngeninin makudang-kudang patemon pengkajian pelaksanaan kurikulum 2013 terkait dengan penggabungan Muatan Lokal (Bahasa daerah Bali) dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, sane sampun mamargi ring saking DPRD Bali rauh ke Pusat jakarta. Ring Pabligbagan punika kapertama Dr. Drs. I Nyoman Suwija,M.Hum.,A.Ma nyantenang pinunas ring soang-soang sekolah minekadi SD nglantur Ke SMA mangda sidha guru-guru Basa Bali sane nagingin Basa Bali nenten ja Guru Agama duaning keprofesionalismene  matiosan, menawi nika mawinan alit-alite nenten utawi durung tatas ngangga sorsinggih basa sane becik. Puniki taler kasinahang oleh Bapak Guburnur Bali jagi kabligbagang malih sareng jajaranne ring Dikdikpora magda sidha mamarga. Taler ring galah punika Pk Prop. Dwija taler mapinunas mangda ring sekolah-sekolah pelajahan basalan sastra Bali punika mangda jamne sida manut duaning basa lan sastra Bali matiosan tekening palajahan bahasa Indonesia.  Bpk Titib taler mapinunas mangda sida wenten penyuluhan basa lan sastra Bali ring soang-soang desa pakraman tur sida kaicenin wantuan utawi subangsing ring sang sane ngicen panyuluhan punika. I.Bgs Rai ngantenang mangda pemerintah daerah neneten magehang konsep metangkis ring sajeroning pelestarian basa lan sastra Bali punika, kakantenang Basa Bali punika nenten ja rasa kewanten kemaon maharasa pinaka sebun sarang kebudayaan Baline duaning sida Imanusa kakeberang ban Aksara Bali punika. I Gusti made Sutjaja taler nyihnayang ring dura Negara mekaten Basa Baline sampun keangkenin Basa Dunia ring Unisco, taler Prof. Sutjaja maosang makeh pemilet para yohana dura Negara sekadi ring Sydney, Tokyo,Norgia, Autralia miwah panegara tiosan melajahin basa daerah. manut baos Prof. Sutjaja yening iraga sampun oneng lan wikan sehaning basa lan sastra Bali sida dados Guru Basa Bali ring Dura Negara antuk dasar Basa Ingris lan basa tiosan. Pekantenan puniki mabuat pesan antuk para yohana utawi siswa sane kuliah  jurusan basa lan sastra Bali. Ring galah punika taler Pk Prof. maosang malih indik kearifan lokal darerah bali sampun ngelimbak nyantos Norgia lan Jepang.
Ngeninin indik baos Bapak guburnur Bali nagingin pinunas para aliansi peduli Basa Daerah Bali tangal 1 Pebruari 2013 puniki, kejantenang pengajaran Basa Lan Sastra Daerah Bali kemargiang sekadi sane sampun memargi. Ring Galah punika taler Bpk Gubernur Bali Sareng Bapak DPR ring Komisi IV ngantenang jagi merivisi Perda. No. 2 ngeninin Basa daerah Bali. 

Ring Galah puniki titiang nunas Gung pengampura yening napi sane titiang telatarang irika basannyane nenten kearsa ring kayun ledang Idadane ngampurayang... menawi taler ngeninin indik gelar saha makirang titiang nyuratang parab Sang sane rauh dawug nika ledang taler ampurayang.
Om Shanti Shanti Shanti Om

"sumber" langsung titiang polih nyarengin pabligbagan punika.
                       TTD

I MADE JULIADI SUPADI,S.Pd