"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

10/20/2011

DARMAWACANA MABASA BALI


BALI WISATA BUDAYA KAPIKUKUHANG ATUK TRI HITA KARANA
Para Darsika miwah uleman sane wangiang titiang,
Taler para Ida dane utawi semton pamilet sane sihin titiang,
Om Swastyastu,
Angayubagia uningayang titiang majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa, saantukan wantah sangkaning asung kertha wara nugraha Ida, mawinan iraga prasida kacunduk masadu arep sakadi mangkin ring galahe sane becik puniki. Ampure ping banget lungsurin titiang ring Ida dane sinamian riantuk tambet titiange kalintang, nanging purun nglangkungin linggih Ida dane pacang maatur-atur samatra nganinin Indik ” Bali Wisata Budaya Kapikukuhang atuk Tri Hita Karana”.

Ida-dane Pamiarsa sane kasumayang titiang,
Ida dane sareng sami sayukti pisan sekadi mangkin, sami sampun uning rumasa ring kawentenan kauripane pamekas iriki ring Bali sayan sukerta, sangkaning pidabdab duene sareng sami sane marupa wewangunan sekala molihing don. Inggih punika kasidan mapikolih. Mungguing bhoga, upabhoga, lan paribhoga sami sampun sapatuta. Sarana makadi margi, listrik genah malajah marupa sekolah, pasar, bale banjar, miwah sane lienan sampun wenten kadi babuatane. Punika sami silih sinunggil sangkaning panglimbak wisata budaya sane mapikolih. Lian ring punika, taler mapikolih ring utsaha nyujur karahayuan jagat. Satata ngulati, ngastiti mangdawaras, seger pinaka bekel nglaksanayang swadarmane, ngulati nitenin mangda briak-briuk makrama.
Sakadi sane ketah kauningin, kantos mangkin Pulau Bali kantun kaangken pinaka “Pulau Seni Budaya, Pulau Dewata, Pulau Kahyangan, Pulau Seribu Pura miwah Pulau Sorga utawi The Last Paradise”. Sajaba punika Bali kabaos pinaka daerah tatujon wisata Indonesia Bagian Tengah. Sajeroning nitenin linggihe pinaka daerah tatujon wisata, Bali ngemanggehang Pariwisata Budaya pinaka daya tarik wisatawane sane pinih utama. Duaning asapunika, budaya Baline patut kaupapira mangda prasida ajeg, kukuh miwah lestari. Yening budaya Bali ne sampun rered utawi runtuh, pariwisata Baline pacang taler sayan rered tur padem, mawinan pawangunan ring Bali nenten pacang prasida mamargi antar.
Sane mangkin, ngiring baosang, asapunapi tata carane mangda budaya Bali ne prasida ajeg kantos kapungkur wekas? Para jana Bali ne saking dumun sampun kaloktah pinaka masyarakat gotong royong, nginggilang rasa sagilik-saguluk salunglung sabayantaka sarpanaya utawi ngelarang kesatuan miwah persatuan mangda prasida ngemolihang kasukertan. Dasar kahuripan puniki raris kemargiang antuk:
1. Mikukuhang tur ngrajegang Sang Hyang Agama Puniki manut ring pengamalan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Nginggilang tata prawertining Maagama Hindu Tegesnyane ring ngelimbakang seni budaya Bali patut kadasarin antuk sasunduk miwah tata sulur agama.
3. Ngrajegang Tata sukertaning desa saha pawongannyane sekala lan niskala. Puniki mepiteges mangda sareng sami mamiara tata sukerta utawi keamanan desa antuk ngemargiang daging awig-awig Desa Pakraman sekala miwah niskala.
4. Nincapang Pangweruh, Kasusilan, miwah Pangupajiwa.Tegesnyane nenten surud-surud melajahang rage, nelebang daging sastra agama miwah teknologi maka bekel kahuripan anggen ngerereh pangupajiwa.

Ida-dane, sane wangiang titiang,
Ritatkala nglimbakang wewangunan pariwisata punika manut dudonan pangrencana, mangda kapikukuhan antuk Tri Hita Karana : tetiga pidabdab sane prasida ngametuang tatiga karahayuan jagat, inggih punika : Parahyangan, Pawongan, lan Palemahan. Parhyangan punika genah suci umat Hindu mangda janten-janten kasuciang olih pngepon pariwisatane, nenten cemer tur nenten sayan rusak. Pawongan, wong Bali sane neunang tur ngraksa pariwisata mangda sareng ngawerdiang, sareng midabdab sahanan genah utawi tetujon wisatene mangda asri pamekas taler ring budaya Baline. Indik palemahan, janten wenten karang suwung, karang palemahan sane katandurin antuk wit-wit taru sane mapikenoh sajeroning kahuripan. Mangda nenten sami kagentosin antuk wewangunan beton, hotel, cottage, saha pirantin ipun. Wewangunan kasidan magda kaanutang ring sejeroning pidabdab lan pangrencana sane sampun kasungkemin olih para jana Baline, sajeroning peraturan daerah lan awig-awig desa adat.

Nyarca indik pidabdab, pikeneh lan puaran wewangunan parwisata : tetojon lan genah wisata ring Bali wiakti makueh pisan babutan lanparantinyane. Sakewaten titiang nguningayang I wawu wantah akidik pinaka jalaran anggen pinget gumantingulati pamargi sane becik taler anggen pidabdab, anggen nincapang wewangunan pariwisata, kebudayaan lan kesenian Baline kapungkur wekas sayan becik. Mogi-mogi rasabakti, sutindih paramabela ring wangsa, desa lan negara sayan-sayan nincap



Sajaba punika, utsaha ngajegang seni miwah budaya Bali ketah kadasarin antuk dasar panglimbakan pawangunan adat Bali ne, warisan leluhur sane pinih utama sane kawastanin ajahan “Tri Hita Karana” minakadi Parahyangan, Pawongan,miwah Palemahan.
1. Parahyangan, meteges ngutamayang pawangunan sekala niskala taler nangun “hubungan” sane harmonis, medasar antuk manah suci majeng ring Ida Sag Hyang Widhi Wasa. Conto nyane inggih punika, melajahang rage, rajin metirtha yatra, mecikang genah-genah suci/Pura. Mangda polih pasuecan ring Ida Hyang Parama Kawi.
2. Pawongan, mateges nglimbakang tatakramaning kahuripan kemanusan minakadi ngwangun, ngelaksanayang sekancan parilaksana sane becik majeng ring semeton manusa sami. Puniki dasar nyane wantah Tri Kaya Parisudha, Kayika, Wacika, Manacika Parisudha. Berfikir, Berkata dan berbuat yang baik.
3. Palemahan, tegesnyane, mautsaha mamiara alam lingkungan gumanti prasida ngemolihang kahuripan sane trepti miwah kerta raharja. Sekadi ngelaksanayang upacara Tumpek Bubuh/Wariga, nanem pohon penghijauan, nanem mangrove, miwah sane tiosan.
Ida dane miwah semeton sami sane banget mustikayang titiang,
Kadi asapunika titiang prasida maatur-atur ring galahe sane becik puniki. Matur suksme banget antuk uratian Ida-dane sinamian. Menawi ta wenten iwang atur titian ten manut ring arsan Idadane, lugrayang titiang ngelungsur geng rena pengampura. Pinaka pamuput atur, sineb titiang antuk Parama Shanti,
OM Shanti Shanti Shanti OM.


 (2)
“Desa Pakraman Pinaka Sengker Ngawetuang Baline Ajeg”.
Om Swastyastu
Maka purwakaning atur titiang, pinih ajeng mantuka ring ida dane sareng sami, mustikanyane pisan Angga Juri sane kusumayang titiang. Maduluran antuk manah lascarya, lugrayang titiang ngaturang puja pangastuti ring Ida Hyang Parama Kawi, riantukan sangkaning asung kertha wara nugrahan Ida, titiang asapunika taler ida dane sareng sami, sida kasidan mapupul iriki, gumantin ipun ngamiletin pamargi pacentokan pidarta basa Bali, mapaiketan ring pekan seni remaja Kabupaten Badung warsane mangkin. Dumadak wekasan pamargi asapuniki sayan limbak kawentenannyane wastu sida ngawetuang jagat Baline ajeg.
Ida dane sareng sami mustikan nyane para pamilet sane wangiang titiang, ring galah sane becik puniki atur pidartan  titiang mamurda “Desa Pakraman Pinaka Sengker Ngawetuang Baline Ajeg”.
Ida dane sareng sami
Bali sampun kasub kawentenannyane ring dura nagara, sane sering kabaosang “Paradise Island” taler wenten sane maosang Bali punika “Morning Of The Word”. Bali kabaosang sekadi asapunika riantukan kaasrian lan kaluihan Adat lan Budayannyane sane ngangobin tur ngulangunin.
Midartayang indik ajeg Bali, punika merupa pabuat sane dahat mautama pisan. Riantukan pawangun jagat Baline kapungkur wekas, tan lempas ring swadharma sane mapiranti antuk pikukuh Tri Hita Karana, sane kajiwa-pramanin antuk sastra agama Hindu. Puniki sida werdi tur limbak, majanten sangkaning kawentenan adat lan budaya Baline sane mentik ring Desa-desa Pakramane.
Tri Hita Karana inggih punika marupa serana nyujur karahayuan urip, sanatana dharma, wastu sida moksatam jagad hita, malarapan antuk subhakti ring Ida Hyang Parama Kawi, paras paros ring sesamen manusa miwah tresna asih ring sarwa mauripe. Sami puniki mangda kadasarin antuk Tri Kaya Parisuda, saha kaetang maduluran antuk Catur Marga. Duaning asapunika, sandang pisan telebang anggen geguat lan sepat siku-siku pamatut nitenin urip maka krama Bali, bilih-bilih ring panglimbak aab jagate mangkin, yan irgamayang titiang, tan bina luir segara tan patepi, capuh awor tan pawates.
Agama Hindu, Adat lan Budaya Bali, punika sampun majanten madue paiketan. Kabaosang sakadi asapunika riantukan tatwa-tatwa Agama Hindu sane marupa pupulan tatwa luhur lan suci, punika sane ngurip, sane kaanggen sepat siku-siku ritatkala malaksana olih para karma Baline. Tata cara sane kadasarin antuk tatwa Agama Hindu, sane kalaksanayang punika kabaosang Adat Bali. Selantur nyane,  Adat punika limbak ring soang-soang Desa Pakraman, sane masikian sareng seni Budaya Bali sane ngawetuang Desa Mawa Cara.  Cutetnyane, Agama Hindu , Adat lan Budaya Bali  punika tan dados pasah utawi palas. Napi mawian? Riantukan maka sami punika patut masikian mangda prasida mamargi antar. Agama Hindu sane ngurip Adat lan Budaya Bali sane nglimbak ring soang-soang Desa Pakraman pinaka sengker sane patut kaupapira kalestarian nyane. Desa pakraman inggih punika pupulan krama sane madue hukum adat ring Bali nganutin tatwa Agama Hindu, sane mapaiketan ring Kahyangan Tiga. Swadharmaning soang-soang Desa Pakraman sane wenten ring Bali inggih punika :
1. Ngaryanang awig-awig
2. Mikukuhin dharmaning agama
3. Nglimbakang budaya Bali kadasarin antuk paras-paros, saglilik-sagluluk, salunglung-sabayantaka.
4. Sareng – sareng ngalaksanayang pawangunan mangda sida jagat Baline  landuh, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja sakala-niskala, sane kabasos moksatam jagat hita ya ca iti dharma.
Yening maka sami punika rered tur padem, sinah pawangunan Bali puniki nenten prasida mamargi antar. Napi malih ring pungkuran puniki wenten makudang-kudang wicara nibenin adat lan budaya druene, minakadi biuta sane kawetuang olih krama Desa ngenenin indik wewidangan, taler pamargi budaya asing sane tan nganutin tata titi sane wenten ring Bali. Punika wiakti banget ngawetuang pikobet, nanging punika marupa pakibeh jagat, iraga patut yatna-yatna ring kawentenan.
Pamekas iraga sareng sami mangkin mangda sida ngayunin malarapan antuk mulat sarira. Iraga sareng sami maka pawaris, sakadi mangkine kabaos putra bangsa, mangda yukti-yukti nyejerang rasa sutindih ring gumi, setata misinggihang dharmaning agama lan dharmaning Negara, sane gumanti kasungkemin tur kasinggihang ring jagate.
Ida Dane Sareng Sami
Ngajegang jagat Bali puniki, marupa kapatutan iraga sareng sami, maka pratisentana sane embas ring Bali, sane gumanti patut ngertiang warisan leluhur, mapiranti antuk mingsinggihang swadharmaning bela nagara. Yan saihang ring kawentenane riin, para leluhur matoh pati melanin gumi, riantukan kabanda antuk bromo corah, setata pangusak-asik, marikosa, mamati-mati wong tan padosa, sane dados meseh  dahat madurgama. Sane mangkin meseh asapunika tan wentenmalih. Nanging panglalah budaya dura negarane patut waspadain, mangda tan ngarubeda, riantukan puniki sida ngawetuang jagat Baline rusak. Adat budaya lan sastra agamane anggen panegulan nekekang kaajegan jagat Baline sane sampun kaloktah rauh ka jaba negara. Yan punika sida kaulati sareng sami, sinah jagat Bali landuh, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja sakala-niskala, sane kabasos moksatam jagat hita ya ca iti dharma.
Ida dane sareng sami
Yan cuteteng titiang daging pidarta puniki,
1. Ajeg Bali inggih punika sahanan prawertine sane sida ngalanggengang indik tetamian para leluhure nguni,makadi adat, budaya lan agama.
2. Sane patut ngajegang jagat Bali puniki nentenja tios wantah iraga sareng sami pamekas nyane pratisentanan Baline tur sang sapa sira ugi sane urip kamertain antuk sari-sarining bhoga jagat baline, kamanggala antuk sang mawa rat,masarana antuk kayun lascarya tan paleteh.
3. Dasar ajeg Bali inggih punika Tri Hita Karana, sane kauripin antuk sastra agama Hindu.
4. Desa pakraman wantah marupa genah miara sahanan pangwerdian adat lan budaya Baline, pinaka sengker sane patut kaupapira kalestarian nyane.
Ida dane sarengsami sane kusumayang titiang
Wantah asapunika mungguing atur pidartan titiang, mogi-mogi wenten pikenoh ipun. Tios ring punika, titian tan lali ngalungsur agung rena pangampura, manawi wenten kirang-kirang ipun. Maka pamuput atur, titiang ngaturang parama santhi
Om Santih Santih Santih Om 

 (3)

“Nelebang Daging Sastra Anggen Ngaruruh Widya Guna”.
Om Swastyastu
Maka Murdhaning atur, pinih ajeng mantuka ring ida dane sareng sami, mustikanyane pisan Angga Juri sane kusumayang titiang. Sadurung titiang  matur, lugrayang titiang ngaturang rasa angayu bagia mantuka ring Ida Hyang Parama Kawi, riantukan sangkaning asung kertha wara nugrahan Ida, titiang prasida sadu ajeng ring ida dane sareng sami, gumantin ipun ngamiletin pamargi pacentokan Dharma Wacana, sane mapaiketan ring “Hari Pendidikan Nasional” warsane mangkin. Dumadak wekasan pamargi asapuniki sayan limbak kawentenannyane wastu sida pawangunan jagat Baline puniki mamargi antar.
Ida dane sareng sami mustikan nyane para pamilet sane wangiang titiang, mungguing darma wacana sane pacang atur uningayang titiang mamurda “Nelebang Daging Sastra Anggen Ngaruruh Widya Guna”.
Ida dane sareng sami
Nelebang daging sastra, punika merupa pabuat sane dahat mautama pisan. Riantukan pawangun jagat Baline kapungkur wekas, tan lempas ring swadharma sane kajiwa-pramanin antuk sastra agama Hindu. Puniki sida werdi tur limbak, majanten sangkaning kawentenan para janane, pamekas nyane para yoana utawi sisya sane makayunan nelebang sahananing daging sastra utawi cakepan-cakepan. Kabaosang sakadi asapunika, riantukan punika tan bina luir suluh sane nyuluhin awidya ring angga sarirane, mangda sida nyihnayang widya sastra, maka wiweka nimbangin iwang kalawan patute punika. Yan tan pasastra, nirdon urip ring jagate. Ring niti sastra kabaos sakadi asapuniki :
Heman I sang mamukti dumadi, tika tan hana guna,
Yowana, rupawan, kula, wisala, tika pada hana,
Den Ika tan pasastra, tanateja wadana makucem,
Lwir sekar ing sami abang murub, tan hana wangin ika.
Teges ipun :
Kaon pisan manresti dados manusa, sane asapunika tan maguna,
Anom, bagus, wangsa luih, siteng, punika sami kadruenang,
Yan tan madasar sastra ( kaduegan) romane ucem tan pacaya
Tan bina kadi bunga barak ngendih, nanging tan mabo miyik.
Iraga sareng sami, punika anggen pratiwimba, nampa kauripane mangda sida plapan, sampunang nega-nenga malajahin sastra, yan sakadi mamargine mangda sida rauh ka tanggu. Yan sampun ngamolihang kaweruhan, punika kaanggen pasupati ring sajeroning kauripan, anggen nyanggra pawangunan jagate, pamekas ring Bali,wastu sida ajeg, duaning punika marupa kapatutan iraga maprawerti, maka panrestian jadma Bali luih guna.
Masa muda adalah masa belajar , asapunika ketah mangkine, puniki masuksama iraga sareng sami para anom-anome, mangda teleb ngulati kaweruhan. Mapan urip masarira manusa tan bina luir patapan ambengane, ring sajeroning urip wimuda kadi mangkine, kabaos mengpeng tajep, mangan ngidepang widya sastra. Yan sampun wayah wastu sida dados kereb, maka pangayom jagat.
Iraga para yoana sareng sami, punika anggen pratiwimba, mangda sida plapan, sampunang obah malajah mauruk sastra,ngulati kaweruhan. Maka cutet, masekolah mangda ngantos molihang ijasah, tan bina sakadi panah pasupati paicvan Ida Bhatara Siwa, kaweruhane punika kaanggen nyanggra uripe wekasan, mangda urip tan nemu kasengsaran, maka pabuat jadma luih guna.
Jadma luih guna inggih punika jadma sane satata mingsinggihang pakerti leluhur, mapiranti antuk swadharmaning bela Negara.
Yan punika sampun sida katelebang, majanten sampun mupu tetujon pemerintahe. Duaning maka unteng tetujon pemerintahe  tan lian wantah mautsaha nincapang kaonengan para janane mangda seneng ngawacen. Yan sampun seneng ngawacen sinah sida nincapang kaweruhang, sane dahat mawiguna rikala ngempu uripe kapungkur wekas.
Ida dane sarengsami sane kusumayang titiang
Wantah asapunika mungguing atur dharma wacanan titiang, mogi-mogi wenten pikenoh ipun. Tios ring punika, titiang tan lali ngalungsur agung rena pangampura, manawi wenten kirang-kirang ipun. Maka pamuput atur, titian ngaturang parama santhi
Om Santih Santih Santih Om

TRI HITA KARANA

Om Swastyastu,
Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menyampaikan sebuah paparan yang topiknya “TRI HITA KARANA. Ketertarikan saya untuk mengangkat topik ini tiada lain berangkat dari sebuah renungan yang menghasilkan sebuah kekaguman atas keadiluhungan konsep Tri Hita Karana yang saat ini menjadi primadona dalam konsep pembangunan bagi HINDU yang Mandara (aman, damai dan sejahtera).
Hadirin umat sedharma terkasih yang saya banggakan, telah banyak fenomena kehidupan disisi kita saat ini dapat kita jadikan sebagai refleksi untuk bangkit menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan agama Hindu Moksartham Jagadhita ya ca iti Dharma” hanya akan dapat terwujud apabila di hati umat sedharma telah mampu menciptakan keselarasan, keharmonisan, serta keseimbangan dalam bergagai konteks kehidupannya. Konsep Tri Hita Karana yang mulai populer dan menjadi ikon HINDU dalam menata sendi-sendi kehidupan masyarakatnya sejak beberapa dasa warsa belakangan ini, sesungguhnya sudah ada sejak peradaban Hindu itu ada.
Pada zaman Majapahit Tri Hita Karana merupakan salah satu dari delapan belas rahasia sukses pemimpin besar Nusantara Gajah Mada pada waktu itu. Gajah Mada memasukkan konsep ajaran Tri Hita Wacana yang harus diikuti oleh para pemimpin Majapahit untuk mewujudkan cita-citanya mempersatukan Nusantara. Konsep Tri Hita Wacana yang dirumuskan oleh Gajah Mada itu, kini lebih dikenal dengan ajaran Tri Hita Karana sebagai sebuah doktrin keselarasan, keserasian, keharmonisan, dan keseimbangan dalam menata ke ajegan HINDU khususnya di Bali (Suhardana, 2008 : 77)
Tri Hita Karana yang secara etimologi terbentuk dari kata : tri yang berarti tiga, hita berarti kebahagiaan, dan karana yang berarti sebab atau yang menyebabkan, dapat dimaknai sebagai tiga hubungan yang harmonis yang menyebabkan kebahagian. Ketiga hubungan tersebut meliputi :
1. Hubungan yang harmonis antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,
2. Hubungan yang harmonis antara manusia dengan sesamanya, dan
3. Hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya.
Selanjutnya ketiga hubungan yang harmonis itu diyakini akan membawa kebahagiaan dalam kehidupan ini, di mana dalam terminalogi masyarakat HINDU diwujudkan dalam 3 unsur, yaitu : parahyangan, pawongan, dan palemahan.
Parahyangan adalah merupakan kiblat setiap manusia (baca : Hindu) untuk mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta ( sangkan paraning dumadi ) yang dikonkretisasikan dalam bentuk tempat suci, pawongan merupakan pengejawantahan dari sebuah pengakuan yang tulus dari manusia itu sendiri, bahwa manusia tak dapat hidup menyendiri tanpa bersama-sama dengan manusia lainnya (sebagai makhluk sosial). Sedangkan palemahan adalah merupakan bentuk kesadaran manusia bahwa manusia hidup dan berkembang di alam, bahkan merupakan bagian dari alam itu sendiri.
Para Dewan Juri, hadirin umat sedharma, dan pemirsa yang berbahagia. Akhir-akhir ini telah kita saksikan bersama berbagai macam fenomena dan kejadian alam serta sosial yang sangat memprihatinkan kita semua. Umat manusia semakin menjauhkan diri dari Sang Penciptanya, degradasi moral kian memuncak, dan kepedulian terhadap lingkungannya sudah tergerus oleh keegoisan yang tak mengenal kompromi. Sudah saatnya dan belum terlambat buat kita untuk memulai berbenah diri. Konsep yang paling sederhana adalah marilah kita gali khazanah adiluhung yang telah diwariskan oleh para leluhur kita terdahulu, serta mari kita representasikan ke dalam bentuk tindakan nyata dengan tetap mengedepankan kepentingan bersama. Mari kita duduk bersanding dengan kejernihan hati yang jauh dari rasa apriori dan kemunafikan. A no bhadrah kratawo yantu wiçwatah, semoga pikiran yang jernih dan bijak datang dari segala penjuru.
Misalnya Bali dengan popularitasnya di mata dunia, tidak semata karena keindahan panoramanya akan tetapi lebih dari itu adalah karena taksu yang dimiliki Bali. Taksu Bali yang kami maksudkan adalah terletak pada keutuhan konsep Tri Hita Karana dalam setiap gerak perilaku masyarakat Balinya. Bali dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu memberi kontribusi besar yang turut mendongkrak menjadikan nama Bali semakin mendunia. Itu tiada lain karena konsep Tri hita Karana dan masyarakat Balinya yang religius dijiwai oleh ajaran Weda yang universal. Kita tidak menutup mata, bahwa masih banyak di belahan dunia ini memiliki keindahan alam yang jauh lebih asri dari Bali, dan bahkan tidak tertutup kemungkinannya telah mengadopsi serta mempraktekkan konsep Tri Hita Karana yang kita miliki. Timbul kemudian pertanyaan, “ Kenapa mereka tetap masih di bawah performa Bali ? Jawabannya adalah karena konsep Tri Hita Karana yang diadopsi dan masyarakat pendukungnya tidak dijiwai oleh spirit Weda.
Saudara-saudaraku umat sedharma yang saya banggakan, kembali kepada tema pokok dan judul dharma wacana kali ini, bahwasannya Tri Hita Karana sebagai konsep keselarasan hidup masyarakat Bali (baca: Hindu) memiliki spirit yang sangat kuat untuk mewujudkan HINDU yang siap dan tangguh dalam menghadapi tatanan masyarakat dunia yang semakin keras dan kompleks. Oleh karena itu mau tidak mau, rela tidak rela kita harus bersedia membuka diri untuk mempengaruhi dan dipengaruhi oleh budaya luar dengan semangat paramartha (tujuan mulia) serta tetap berlandaskan pada spirit dharma yang berstana dalam ajaran Weda. Saya yakin dengan demikian, HINDU ke depan merupakan kiblat dunia yang tiada duanya.
Dalam mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana yang dimaksud, sangat ditekankan bahwa ketiga unsurnya harus diaplikasikan secara utuh dan terpadu. Unsur parahyangan, pawongan, dan palemahan tidak ada yang menduduki porsi yang istimewa. Dia senantiasa seimbang dalam pemikiran, seimbang dalam ucapan dan seimbang pula dalam segala tindakan. Sebagai konsep keharmonisan HINDU, Tri Hita Karana telah memberikan apresiasi yang luar biasa dari berbagai masyarakat dunia. Unsur parahyangan dalam menjaga keharmonisan dengan Ida Sang Hyang Widhi diwujudkan dalam berbagai bentuk aktivitas yadnya sebagai persembahan yang tulus kepada Sang Pencipta. Mulai dari pembangunan tempat suci, pelaksanaan upacara keagamaan, pendalaman ajaran agama, kreativitas berkesenian (tari, tabuh, lukis, pahat, dsb.) untuk kepentingan ritual, kesemuanya itu membuat decak kagum orang-orang di luar sana. Dalam ranah pawongan, masyarakat Hindu dengan konsep manyama-braya, paras-paros sarpanaya, salunglung sabayantaka, dan Tat Twam Asi yang mendasarinya semakin mempertegas eksistensi masyarakat Hindu yang ramah- tamah. Lebih-lebih lagi sesuai ajaran Hindu yang sangat yakin terhadap Hukum Karma Phala membuat kita semakin aman, damai, dan tenteram. Selanjutnya dalam tataran palemahan, perhatian masyarakat Hindu terhadap lingkungannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Sebelumnya saya mempunyai sebuah pertanyaan, “Adakah agama di dunia ini mempunyai hari raya yang terkait dengan lingkungan ?” Jawabnya adalah ‘tidak’ kecuali Hindu. Karena apabila agama lain ada upacara untuk itu, berarti ia memperkuat kultus berhala, sementara ia sangat alergi dengan hal-hal berhala. Bagaimana dengan Hindu ? Hindu bukan agama berhala, walau ada hari raya Tumpek Pengarah untuk tumbuh-tumbuhan, Tumpek Kandang untuk segala macam ternak, Tumpek Landep untuk segala macam perabotan (senjata) sebagai sarana-prasarana mencari kehidupan, Nyepi untuk keharmonisan jagat raya, dan lain sebagainya. Karena substansi dari hari raya itu adalah persembahan yang tulus kehadapan Ida Sang Hyang Widhi sebagai rasa syukur atas segala kemudahan yang dianugrahkan-Nya melalui media yang ada di alam semesta ini, dengan diiringi oleh sebuah permohonan semoga di anugerahkan kelestarian dan kemakmuran yang berkeseimbangan dan berkelanjutan.
Dalam Bhagawadgita, II.10 diuraikan :
“Sahayajnah prajah srstva
Puro ‘vaca prajapatih
Anena prasavisyadhvam
Esa vo’stv istakamadhuk”
“ Pada zaman dahulu, Tuhan Yang Maha Esa (Prajapati) menciptakan alam semesta dan segala isinya dengan yadnya, serta bersabda: Wahai makhluk hidup dengan yadnya ini engkau akan berkembang dan peliharalah alam semesta ini menjadi sapi perahanmu”.


Bhagwadgita,VII.22 menegaskan :
“Sa taya sraddhaya yuktas,
Tasya ‘radhanam ihata,
Labhata ca tatah kãmãm,
Mayai’va vihitãm hi tãn.

“Diberkahi dengan kepercayaan itu dia mencari penyembahan pada itu dan dari itu pula dia dapat apa yang dicita-citakannya dan hasil mana adalah pemberian dari AKU sendiri.”
Pesan yang dapat dipetik dari sloka tadi adalah: bahwa kita harus senantiasa eling dan bhakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi sebagai pencipta jagat raya dengan segala isinya, selanjutnya membina hubungan yang harmonis di antara sesama manusia dan lingkungan sekitar. Maka dengan keyakinannya itu segala yang dicita-citakan akan tercapai sebagai berkah dari Yang Mahakuasa.
Umat sedharma dan pemirsa yang terkasih, dalam upaya menjaga keharmonisan alam semesta ini umat Hindu senantiasa menjaga keselarasan antara sekala dan niskala baik secara vertikal dengan Sang Pencipta dan lingkungan alamnya, maupun secara horizontal antar manusianya. Dengan demikian terciptalah energi positif yang dapat memberikan aura dan nuansa magis-spiritual. Ditambah lagi, dengan semakin eksisnya lembaga adat yang digerakkan atas konsep Tri Hita Karana menjadikan masayarakat HINDU semakin harmoni dan mandara. Umat HINDU akan semakin siap menghadapi segala tantangan pada era keterbukaan atau kesejagatan ini.
Umat sedharma dan pemirsa yang saya banggakan, sesungguhnya masih banyak hal yang ingin saya sampaikan pada forum ini akan tetapi mengingat terbatasnya waktu yang diberikan maka dharmawacana pada kesempatan ini saya akhiri dengan menghaturkan cakuping kara kalih, dan tidak lupa mohon maaf atas segala kekurangan yang ada pada diri saya.
Om Shanti, Shanti, Shanti Om



10/18/2011

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


Masa remaja merupakan masa “belajar” untuk tumbuh dan berkembang dari anak menjadi dewasa. Masa belajar ini disertai dengan tugas-tugas, yang dalam istilah psikologi dikenal dengan istilah perkembangan. Sama halnya dengan di sekolah, tugas perkembangan ini juga harus diselesaikan oleh seorang remaja dengan baik dan tepat waktu untuk dapat naik ke kelas berikutnya. Istilah tugas perkembangan digunakan untuk menggambarkan harapan masyarakat terhadap suatu individu untuk melaksanakan tugas tertentu pada masa usia tertentu sehingga individu itu dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat. Setiap fase perkembangan, yaitu sejak seorang bayi lahir, tumbuh menjadi dewasa sampai akhirnya mati, mempunyai tugas-tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Tugas-tugas perkembangan ini harus dicapai sebelum seorang remaja melangkah ke tahapan perkembangan selanjutnya. Apabila remaja tadi gagal dalam memenuhi tugas perkembangannya secara tepat waktu, maka ia akan sulit untuk memenuhi tugas perkembangan fase selanjutnya. Atau, apabila ia gagal melaksanakan tugas perkembangannya pada waktu yang tepat, maka ia mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya di waktu yang lain, atau melaksanakan tugas perkembangan pada tahapan yang lebih lanjut.
                        Havighurst menawarkan suatu konsep tugas perkembangan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap atau fungsi yang diharapkan dapat dicapai oleh individu pada setiap tahap perkembangannya, antara lain :
1.       Mencapai suatu hubungan yang baru dan lebih matang antara teman sejenis dan lawan jenisnya
                             Remaja diharapkan mampu bergaul secara baik dengan teman laki-laki maupun perempuan. Setiap interaksi yang dilakukan merupakan proses belajar saling mengenal, mengerti, dan memahami masing-masing karakter, serta memilih-milah hal-hal yang patut ditiru maupun dibuang. Para ahli mengemukakan bahwa kelompok teman sebaya merupakan sumber referensi utama bagi remaja dalamhal Persepsi dan sikap yang berkaitan dengan gaya hidup. Bagi remaja, teman-teman menjadi sumber informasi misalnya mengenai bagaimana cara berpakaian yang menarik, musik atau film apa yang bagus, dan sebagainya. Jadi remaja harus mendapatkan bimbingan dan bekal moral yang berbudi luhur serta diawasi orang tua/tenaga pendidik agar tidak terjerumus ke dalam kelompok teman sebaya yang tidak baik. Dengan mencermati bahwa kelompok teman sebaya merupakan hal yang sangat berpengaruh dan menentukan perilaku dan perkembangan remaja maka perkembangan program kelompok remaja ke arah kegiatan yang bernilai positif merupakan hal yang mutlak diperlukan.

2.       Mencapai perasaan seks dewasa yang diterima secara dewasa
                             Masa remaja diawali oleh datangnya pubertas, yaitu proses bertahap yang mengubah kondisi fisik dan psikologis seorang anak menjadi dewasa. Pada saat ini terjadi peningkatan dorongan seks sebagai akibat perubahan hormonal. Pada masa ini akan terjadi perubahan secara fisik maupun mental. Hal ini akan berpengaruh pada perilaku remaja tersebut, perasaan minder karena dianggap diri gemuk, terlalu kurus, tidak cantik, belum punya pacar, dan sebagainya ini akan mengganggu proses belajar-mengajar di sekolah. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mengarahnya perilaku remaja ke arah yang negatif adalah dengan menjadi “pendengar yang baik”, bertindak sebagai teman yang dapat diajak bertukar pikiran dan tidak menghakimi jika dia melakukan suatu kesalahan, melainkan mengarahkan dia untuk dapat memahami bahwa perilaku yang diperbuat adalah tidak baik, sehingga dia tidak melakukannya lagi.
                             Dengan demikian remaja harus memenuhi tugas perkembangan mereka, untuk memahami bagaimana menangani minat seksual mereka dan menjadikan seks sebagai bagian dari kehidupan personal dan sosial mereka.

3.       Menerima keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif
                             Perubahan yang cepat secara fisik yang juga disertai kematangan seksual. Terkadang perubahan ini membuat remaja merasa tidak yakin akan diri dan kemampuan mereka sendiri. perubahan fisik yang terjadi secara cepat, baik perubahan internal seperti sistem sirkulasi, pencernaan, dan sistem respirasi maupun perubahan eksternal seperti tinggi badan, berat badan, dan proporsi tubuh sangat berpengaruh terhadap konsep diri remaja.
                             Banyak diantara remaja yang sulit menerima kenyataan bahwa kita berkulit gelap atau tidak setinggi dan selangsing teman sebaya. Perasaan tidak puas ini kemudian membuat mereka selalu dilanda perasaan minder, sehingga malas bergaul apalagi pergi ke pesta. Perasaan ini menutupi kenyataan, misalnya bahwa mereka sebetulnya punya sepasang mata yang indah. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya fokuskan perhatian ke kelebihan dan jadikan itu sebagai daya tarik. Selain itu, hilangkan dari pikiran pa yang selama ini selalu ditanamkan oleh lingkungan, bahwa perempuan harus cantik, putih, tinggi, dan langsung untuk dapat disebut sebagai perempuan sejati, sedangkan laki-laki harus berbadan kekar, berbulu dan bersuara dalam untuk bisa dikatakan jantan. Masing-masing individu mempunyai potensi-potensi diri yang dapat dikembangkan sehingga dapat menutupi kekuarangan yang ada.

4.       Mencapai kebebasan emosional dari orang dewasa
                             Usaha untuk mencapai kemandirian emosional bisa membuat remaja melawan keinginan atau bertentangan pendapat dengan orangtuanya. Dengan ciri khas remaja yang penuh gejolak dan emosional, pertentangan pendapat ini sering kali membuat remaja menjadi pemberontak di rumah. Apabila masalah ini tidak terselesaikan, terutama apabila orangtua bersikap otoriter, remaja cenderung untuk mencari jalan keluar di luar rumah, yaitu dengan cara bergabung dengan teman-teman sebaya yang senasib. Sebetulnya, curhat dengan teman sebaya tidak ada salahnya, selama teman sebaya itu bisa membantu mendapatkan solusi yang baik. Namun, sering kali karena yang dihadapi adalah remaja seusia yang punya masalah yang kurang lebih sama dan sama-sama belum berhasil mengerjakan tugas perkembangan yang sama, bisa jadi solusi yang ditawarkan kurang bijaksana. Karena itu, remaja perlu selalu ingat bahwa untuk melepaskan diri secara emosional dari prang tua pun, bisa dilakukan dengan meminta dukungan orangtua ataupun orang dewasa yang ada di sekitarnya. Tentunya bukan dengan cara meminta mereka untuk memecahkan masalah, tapi lebih kepada memahami keinginan kita sebagai remaja untuk dipahami sebagai ini\dividu yang beranjak dewasa dan tidak ingin terlalu tergantung lagi kepada mereka orang dewasa.
                             Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal dengan sebagai masa storm & stress. Peningkatan emosional ini merupakan hasil dari perubahan fisik terutama hormon yang terjadi pada masa remaja berada dalam kondisi baru yang berbeda dari masa sebelumnya. Pada masa ini banyak tuntutan dan tekanan yang ditujukan pada remaja, misalnya mereka diharapkan untuk tidak lagi bertingkah seperti anak-anak, mereka harus lebih mandiri dan bertanggung jawab. Kemandirian dan tanggung jawab ini akan terbentuk seiring berjalannya waktu, dan akan nampak jelas pada remaja akhir yang duduk di awal-awal masa kuliah.

5.&6. Mencapai kebebasan ekonomi, memilih dan menyiapkan suatu pekerjaan
                 Setelah melepaskan diri dari ketergantungan emosional dengan orangtua atau orang dewasa lain, tugas yang menanti remaja adalah juga melepaskan diri dari ketergantungan financial dari mereka. Karena itulah, belajar bekerja juga merupakan hal yang perlu dilakukan oleh remaja, betapapun kecil penghasilan yang diperoleh. Dengan demikian, diharapkan pada saatnya nanti kita bisa siap terjun dan bekerja di masyarakat.
                 Mencapai kebebasan ekonomi dan mempersiapkan suatu pekerjaan ini didukung oleh pendidikan yang ditempuh. Diantara orientasi masa depan yang mulai diperhatikan pada usia remaja, orientasi masa depan remaja akan lebih terfokuskan dalam bidang pendidikan. Hal ini mengungkapkan bahwa usia remaja merupakan usia kritis karena remaja mulai memikirkan tentang prestasi yang dihasilkannya, dan prestasi ini terkait dengan bidang akademis mereka. Suatu prestasi dalam bidang akademis menjadi hal yang serius untuk diperhatikan, bahkan mereka sudah mampu membuat perkiraan kesuksesan dan kegagalan mereka ketika mereka memasuki usia dewasa. Menurut penelitian terkait dengan prestasi remaja, diketahui kalau prestasi seorang remaja akan meningkat bila mereka membuat suatu tujuan yang spesifik, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu, remaja juga harus membuat perencanaan untuk mencapai tujuan yang telah dibuat. Dalam proses pencapaian tujuan, remaja juga harus memperhatikan kemajuan yang mereka capai, dimana remaja diharapkan melakukan evaluasi terhadap tujuan, rencana, serta kemajuan yang telah mereka capai.

7.       Menyiapkan perkawinan dan kehidupan berkeluarga
                             Dengan dilaluinya tugas perkembangan yang telah disebutkan tadi yaitu yang berkaitan dengan kemampuan untuk bergaul dengan sesama maupun lawan jenis, diharapkan pergaulan ini akan dapat mamba ke langkah selanjutnya yaitu untuk memilih pasangan hidup yang sesuai dan mulai mempersiapkan diri membentuk keluarga. Hal ini sebaiknya dilakukan setelah mereka mengalami kebebasan ekonomi dan telah mempunyai pekerjaan. Karena kehidupan berumah tangga / berkeluarga merupakan kehidupan yang kompleks, yang memerlukan kesiapan fisik, mental maupun finansial.

8.       Mengembangkan keterampilan dan konsep intelektual yang perlu bagi warga Negara yang kompleks
                             Remaja hidup di suatu daerah yang merupakan bagian dari suatu Negara, sudah tentu harus mematuhi segala peraturan dan tata tertib yang berlaku, sesuai dengan peribahasa, “dimana bumi dipijak disana langit dijunjung”. Mereka semenjak kecil sudah mulai ditanamkan rasa nasionalisme, cinta Negara, dan tidak melakukan perbuatan yang merugikan Negara. Tidak melakukan tindakan anarkis, tidak bertindak sebagai teroris, namun sebagai warga Negara diharapkan dapat menyumbangkan prestasi yang mengharumkan nama Negara, seperti mengembangkan keterampilan dalam olahraga badminton dan mengikuti turnamen nasional maupun internasional, dan sebagainya. Demi terwujudnya tugas perkembangan remaja ini, maka diadakan mata pelajaran Budi Pekerti, Pancasila, dan Kewarganegaraan, dengan harapan para peserta didik akan mengamalkan pelajaran tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.



9.       Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
                             Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Di satu sisi mereka menginginkan kebebasan, tetapi di sisi lain mereka takut akan tanggung jawab yang menyertai kebebasan tersebut, serta meragukan kemampuan mereka sendiri untuk memikul tanggung jawab tersebut.
                             Idealnya, seseorang tentu diharapkan untuk berpartisipasi demi kebaikan atau perbaikan di lingkungan sosialnya, namun bila hal itu belum bisa dijalankan, minimal yang harus dilakukan adalah tidak menjadi beban bagi masyarakat atau lingkungan sosialnya. Karena itulah, remaja yang terlibat tawuran sampai menghancurkan fasilitas umum tentu tidak dapat dianggap telah melampaui tugas perkembangan yang satu ini dengan sukses.

10.    Mencapai suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku
               Keberhasilan remaja melaksanakan tugas perkembangan ini ditandai dengan, misalnya kesuksesannya meredam serta mengendalikan gejolak emosi maupun seksualnya sehingga dapat hidup sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Untuk dapat memperoleh konsep diri yang memegang seperangkat nilai ini, remaja dapat memiliki model atau seseorang yang dijadikan tokoh idola yang tingkah lakunya kemudian diteladani.

                        Demikianlah, penjelasan mengenai tugas-tugas perkembangan remaja sebagai satu bagian dalam memahami remaja sebagai suatu masa transisi. Diharapkan, pada masa ini kita telah sampai pada pemahaman bahwa sesungguhnya masa remaja adalah masa transisi yang menjembatani masa kanak-kanak yang tidak matang ke masa dewasa yang matang. Macam transisi yang berbeda akan mamba pengaruh yang berbeda pula bagi individu yang mengalaminya. Demikian pula dengan bagaimana cara kita melihat transisi tersebut akan mempengaruhi bagaimana kita dapat memahami apa yang dialami dan dirasakan oleh remaja. Selanjutnya, kita akan melihat perubahan dan perkembangan apa yang dialami oleh individu selama masa remajanya.

 anda dapat lihat sekumpulaan remaja dalam foto ini, tidak semua prilakunya sama,,,yang dicerminkan dari gayanya masing-masing,,,,,,,,,,
Semogha,,,,,,bermanfaaaat,,,,,,,