"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

4/03/2012

SOAL


TES UJI COBA
 
 
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


MATERI SOAL
BAB VII
Pengetahuan Mantra Sehari-hari

Pilihan Ganda:
Jawablah salah satu jawaban a, b, c dan d yang paling benar !
1.     Gayatri mantram, terdapat dalam Puja Trisandya ………
a.  bait pertama                                                                            c.         bait pertama dan ketiga
b.  bait ketiga                                                                               d.         keenam bait

2.     “Ya Tuhan, Engkau dipanggil Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma, Wisnu, Rudra dan Purusa”.
Terjemahan mantra di atas, adalah terjemahan dari Puja Trisandya bait ke …..
a.  pertama                                                                                               c.         keempat
b.  ketiga                                                                                      d.         keenam

3.     Yang merupakan “Ibu” dari segala mantra adalah …….
a.  Puja Trisandya                                                                        c.         Kramaning sembah
b.  Gayatri mantram                                                                    d.         Surya astawa

4.     “Om Hyang Widhi semoga hamba selalu dalam keadaan selamat atas  karunia-Nya”.
Terjemahan tersebut merupakan terjemahan dari Doa …….
a.  Om Awignam astu namo śidham                   c.         Om Swastiastu
b.  Om Sāntih Sāntih Sāntih Om                         d.         Om Sidhirastu Tatastu Swaha

5.     Dalam pranayama (mengatur nafas) terdapat Doa “Om mang namah”, Doa tersebut diucapkan pada saat ……
a.  Pūraka (menarik nafas)                                              c.         Recaka (keluarkan nafas)
b.  Kumbhaka (tahan nafas)                                            d.         Semua benar
6.     Berikut ini merupakan sikap dan cara yang sempurna di dalam mengucapkan sebuah mantra, kecuali …..
a.  padasana                                                                                 c.         bajrasana
b.  silasana                                                                                               d.     tatalaksana

7.     “Om Amertadi Sanjiwani ya namah swaha”
Mantra tersebut adalah mantra pada saat ……..
a.  menghadapi makanan                                                 c.         menyediakan makanan
b.  mulai makan                                                                           d.         sesudah makan

8.     Di bawah ini yang merupakan mantram memasang beras bija untuk di dahi ialah …….
a.  Om Sriyam bhawantu                                                
b.  Om sukham bhawantu                                               
c.  Om purnam bhawantu, Om ksamasampurnaya namah swaha
d.  Om mang parama siwa amrta ya namah swaha

9.     Mantra yang digunakan pada waktu membaca kitab suci agama atau Weda adalah …….
a.  Om Narayana, Om Saraswati jaya                 c.         Om Awighnam astu nama siddham
b.  Om ang dewa pratisthaya namah                   d.         Om sidhirastu tatastu swaha

10.  Om prano devi sarasvati
Vajebhir vajinivati
Dhinam avitry avatu
Mantra di atas adalah mantra yang diucapkan ……..
a.  mengunjungi orang sakit                                            c.         memohon inspirasi
b.  untuk pedagang                                                                      d.         membaca kitab suci

11.  “Om kara murcyate, pras-pras pranamya ya namah swaha”
Mantra tersebut digunakan untuk ………
a.  menghaturkan sesajen kepada leluhur           c.         ngayaban sesajen
b.  menghaturkan segehan                                               d.         penyucian sesajen

12.  “Om sam gacchadhvam sam vadadhvam
Sam vo manamsi janatam
Deva bhagam yatha purve
Samjanana upasate”
Mantra di atas digunakan pada saat …….
a.  Apel kerja/upacara bendera                           c.         Penutupan rapat
b.  Pembukaan rapat                                                                    d.         Penyumpahan pejabat

Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan benar !
1.       Sebutkan mantra Trisandya bait ketiga disertai dengan terjemahannya !
2.       Dalam Panca Sembah kita melakukan sembah puyung sebanyak dua kali, sebutkan mantra sembah puyung yang pertama dan yang terakhir !
3.       Kita mengenal ajaran ahimsa (tidak menyakiti). Dalam kaitannya beryadnya kita tidak dilarang memotong hewan. Sebutkan mantra pada saat memotong hewan !















 TES UJI COBA

SMP KELAS VII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


  1. Kidung Wargasari untuk mengiringi pelaksanaan upacara:
           a. Pitra yanya                              c. Dewa yadnya
           b. Manusa yadnya                      d. Bhuta yadnya

  1. Kidung untuk mengiringi pelaksanaan upacara Bhuta yadnya adalah:
           a. Wargasari                                    c. Malat
           b. Tantri                                           d. Jerum

  1. Orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang disebut.....
    1. Pemimpin
    2. Kepemimpinan
    3. Managemen
    4. Pragmen

  1. Seseorang pemimpi harus memiliki prinsip tidak mudah goyah, harus tegar tercermin pada...
    1. Vayu Brata
    2. Denada brata
    3. Varuna Brata
    4. Agni Brata

  1. Sama, beda, dhana dan Dhanda merupakan bagian dari....
    1. Catur paramita
    2. Catur Purusa Artha
    3. Catur Naya  Sandi
    4. Catur Asrama

  1. Sifat Tuhan Maha kecil disebut......
    1. Mahima
    2. Lagima
    3. Anima
    4. Prapti

  1. Sifat Tuhan Maha Kuasa Menguasai semua mahluk dalam Asta Aiswarya disebut….
    1. Prapti
    2. Pramkya
    3. Wasitwa
    4. Istwa

  1. Dharmagita yang digunakan untuk mengiringi upacara Dewa Yadnya adalah…
    1. Warga sari
    2. Dangdang Gula
    3. Sinom
    4. Maskumambang

  1. Yang termasuk sekar Alit dibawah ini adalah…..
    1. Gegendingan
    2. Warga sari
    3. Kekawin
    4. Sinom

  1. Sehari sebelum hari raya Galungan disebut…
    1. Penyajan
    2. Penyekeban
    3. Penampahan
    4. Sugihan

 


Jawablah pertayaan dibawah ini dengan singkat dan padat!
  1. Apa Makna dan tujuan hari raya Siwalatri jelaskan
  2. Jelaskan rangkain  hari raya Nyepi!
  3. Jelaskan  rangkaian hari raya Pagerwesi!
  4. Apa Makna dan tujuan hari raya Saraswati?
  5. JelaskanRangkaian hari raya Galungan!

ULANGAN HARIAN

SMP KELAS VIII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



  1. Dewa yang berfungsi sebagai Pencipta yaitu………..
a.      Wisnu
b.    Brahma
c.     Sambhu
d.    Siwa

  1. Dewa Wisnu adalah pemelihara dengan senjata......
a.      Trisula
b.     Gada
c.      Naga Pasah
d.     Cakra

  1. Tiga warna yaitu merah, putih dan hitam disebut dengan……
a.     Tri Rna
b.    Tri Sula
c.     Tri Warna
d.    Tri Satya

  1. Pada saat ala mini mengada disebut…….
a.     Brahma Diwa
b.    Srsti
c.     Tapa
d.    Jawaban a dan b benar

  1. Yang termasuk kedalam Tri Prana yaitu……
a.     Teja, bayu, dan akasa
b.    Pertiwi, bayu dan akasa
c.     Pertiwi, sabda dan idep
d.    Bayu, sabda dan idep

  1. Yang merupakan bagian dari Panca Maha bhuta yaitu….
a.     Pertiwi, guna, petala, apah dan bayu
b.    Apah, teja, bayu, akasa dan pertiwi
c.     Pertiwi, apah, teja, sparsa, dan guna
d.    Sparsa, guna, petala rupa dan wamana

  1. Makhluk hidup yang paling awal diciptakan adalah…….
a.     Marga Satwa
b.    Swatara
c.     Dwi premana
d.    Nara Marga

  1. Yang disebut dengan  unsure kejiwaaan dalam  proses terjadinya alam semesta yaitu….
a.      Prakerti
b.     Purusa
c.      Petala
d.     Jana loka

  1. Yang termasuk ke dalam teori masuknya Agama Hindu ke Indonesia yaitu...
a.      Teori pedagang
b.     Teori yatra
c.      Teori  sudra
d.     Teori Hindu

  1. Sejarah Majapahit bersal dari  berbagai sumber, dibawah ini yang termasuk sumbernya yaitu......
a.      Kidung arsa Wijaya
b.     Kidung Suta Soma
c.      Prasasti canggal
d.     Prasasti kebunkopi

 


Jawablah pertayaan dibawah ini dengan  singkat dan padat!

  1. Dewa siapa sajakah yang termasuk ke dalam bagian – bagian Nawa Dewata?
  2. Dewa siapa yang berstana di Pura Besakih?
  3.  Apa  yang disebut dengan panca tan mantra?
  4. Apakah yang membedakan Buana Ali dengan Buana Agung?
  5. Mengapa Kutai dianggap sebagai kerajaan tertua di Dunia?



ULANGAN HARIAN

SMP KELAS IX TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



  1. TurunNYA Sang Hyang Widhi ke Dunia sebagai Dewa Wisnu dengan mengambil berbagai bentuk wujud untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran  yang disebabkan oleh sifat-sifat Adharma yaitu…
a.     Dewata Nawa Sanga
b.    Awatara
c.     Nawa dewata
d.    Panca dewata

  1. Dibawah ini yag mengandung pengertian  prabawa atau manifestasi dari kekuatan Hyang widi yang memberikan perlindungan  terhadap ciptaanNYA yaitu….
a.     Dewa
b.    Awatara
c.     Bhatara
d.    Rsi

  1. Turunnya Dewa Wisnu sebagai ikan besar biasanya diistilahkan sebagai……
a.     Varaha Awatara
b.    Wamana Awatara
c.     Nara singa Awatara
d.    Matsya Awatara

  1. Peradaban Hindu pada awalnya terdapat di …..
    a.Sungai Brahmaputra  d. Sungai Yamuna
    b.Sungai Sindhu            e. Dataran Tinggi Dekkan
    c.Tibet

  1. Agama Hindu pertama kali berkembang di Indonesia tepatnya di …..
    a.Kutai, Kalimantan             d. Bogor, Jawa Barat
    b.Surabaya, Jawa Timur      e. Bali
    c.Mataram, Lombok

  1. Mukerjey berpendapat bahwa Agama Hindu masuk ke Indonesia dengan teori …..
    a. Teori Ksatria             d. Teori Pelaut
    b. Teori Waisya            e. Teori Brahmana
    c. Teori Pelarian

  1. Teori Pelaut sebagai alasan masuknya Hindu ke Indonesia dikemukakan oleh …..
    a.Van Leur                 b.Mukerjey       c.Dr. Coudes
            d. Purbacaraka            e. Kroom
 

  1. Sebagai tanda bahwa Kutai menganut agama Hindu adalah ditemukannya 7 Yupa. Yupa adalah ….
    a.Makam para leluhur                  b.Tiang/batu tempat penyimpanan mayat
    c.Tempat pemujaan Dewa Siwa  d.Tiang Batu peringatan upacara kurban
    e.Kitab Suci Kudungga

  1. Lapangan Suci sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa pada jaman Kerajaan Kutai disebut…..
      a.Yupa               b.Waprakeswara                         c. Candi   
              d. Prasasti          e.Pura
10. Agama Hindu berkembang pertama kali di Pulau Jawa, tepatnya di …..
        a. Jawa Barat              b.Yogyakarta                          c. Jawa Timur
       d. Jawa Tengah          e.Banten


1. Jelaskan apa fungsi dari Awatara,dewa, daan Bhatara menurut pandangan hindu?
2. Apa perbedaan Dewa dengan Bhatara?
3. Jelaskan pengertian Budaya!
4. Sebutkan bukti-bukti kejayan kerajaan hindu di Indonesia!
5. apa yang disebut dengan Darmagitha? Dan jelaskan bagian-bagiannya!
 

                                                       ULANGAN HARIAN

SMP KELAS VIII TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 



Pilihan Ganda:
Jawablah salah satu jawaban a, b, c dan d yang paling benar !
1.     Sembilan manifestasi atau perwujudan Sang Hyang Widhi (Tuhan) dalam ajaran Agama Hindu disebut ………
a.  Nawa Dewata                                                              c.         Panca Dewata
b.  Ista Dewata                                                                             d.         Asta Dewata

2.     Sthana dari Sang Hyang Widhi dilukiskan dengan Singasana teratai yang berdaun delapan disebut…..
a.  Asta Aiswarya                                                                        c.         Asta Dala
b.  Asta Sakti                                                                               d.         Asta Wara

3.     Dewa Wisnu sakti beliau adalah Dewi Sri dengan kendaraannya …….
a.  Angsa                                                                                      c.         Garuda
b.  Harimau                                                                                              d.         Nandi Swara

4.     Dewa Siwa pada saat beliau Santa atau tenang saktinya adalah …….
a.  Dewi Durgha                                                              c.         Dewi Sri
b.  Dewi Laksmi                                                              d.         Dewi Uma

5.     Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa disebut dengan Dewa Tri Murti menurut      konsep ……
a.  Empu Kuturan                                                                        c.         Empu Tan Tular
b.  Empu Darmaja                                                                       d.         Empu Tan Akung
6.     Dalam Dewata Nawa Sanga sering disebut pangider-ideran yang menguasai arah Purwa adalah Dewa …..
a.  Iswara                                                                                     c.         Wisnu
b.  Brahma                                                                                               d.         Ludra

7.     Sapta Wara Saniscara adalah bertempat di dalam pengider-ideran……..
a.  Timur                                                                                      c.         Barat
b.  Selatan                                                                                                d.         Utara

8.     Panca Wara Pon adalah bertempat di ……. dalam pengider-ideran.
a.  Barat laut                                                                                c.         Barat
b.  Timur laut                                                                              d.         Barat daya

9.     Pura Besakih adalah pura yang terletak di Timur Laut sebagai pemujaan terhadap Dewa ……. dalam pengider-ideran.
a.  Tri Mutri                                                                                 c.         Sambhu
b.  Brahma                                                                                               d.         Mahadewa

10.  Dewa Rudra adalah menguasai arah Nairiti atau barat daya dengan senjata …….. dalam pangider-ideran.
a.  Padma                                                                                     c.         Angkus
b.  Tri Sula                                                                                               d.         Moksala

11.  Sapta Wara Redite dalam pengider-ideran mempunyai urip …..
a.  Lima                                                                                       c.         Delapan
b.  Sembilan                                                                                 d.         Tujuh

12.  Nawa Dewata atau pengider-ideran dapat dilihat dalam bentuk upacara ………….
a.  Pawiwahan                                                                              c.         Pecaruan
b.  Pawintenan                                                                             d.         Pedewasan


Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan benar !
1.     Sebutkan dewa-dewa yang menguasai sembilan penjuru mata angin beserta arah dan warnanya !
2.     Sebutkan pura-pura di Bali yang merupakan stana Dewa Nawa Sanga secara berurutan !
3.     Bagaimanakah definisi / pengertian tentang Tuhan Yang Maha Esa menurut Brahmasutra vedanasara yang telah diterjemahkan oleh Svami Sivananda (1977)  ?




























 
 
ULANGAN
PEMERINTAHAN KABUPATEN BADUNG
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 


KUNCI JAWABAN
BAB VII
Pengetahuan Mantra Sehari-hari

Pilihan Ganda :
1.        a                                            4.         c                                              7.         b                                            10.       c
2.        b                                            5.         c                                              8.         a                                            11.       d
3.        b                                            6.         d                                              9.         a                                            12.       b


Uraian :
1.                        Om tvam sivah tvam mahadevah
isvarah parameswarah
brahma visnusca rudrasca
purusah parikirtitah
Terjemahan :
Ya Tuhan, Engkau dipanggil Siwa,
Mahadewa, Iswara, Parameswara,
Brahma, Wisnu, Rudra dan Purusa.

2.       I.   Om atma tatwatma sudah mam svaha
V. Om deva suksma paramacintyaya namah svaha
Om Santih, Santih, Santih Om.

3.       Om pasu pasaya wiwahe sirascadaya
dimahi tano jiwah pracodayat.

 
 
ULANGAN
PEMERINTAHAN KABUPATEN BADUNG
SMA TAMAN RAMA JIMBARAN
 KABUPATEN BADUNG
ALAMAT : Jl. Puri Gading
 

KUNCI JAWABAN
BAB IX
Pengetahuan Ista Dewata

Pilihan Ganda :
1.        a                                            4.         d                                              7.         b                                            10.       d
2.        c                                            5.         a                                              8.         c                                            11.       a
3.        c                                            6.         a                                              9.         c                                            12.       c

Uraian :
1.            Dewa Iswara arah Timur (Purwa) warna putih
Dewa Mahesora arah Tenggara (Geneyan) warna dadu
Dewa Brahma arah Selatan (Daksina) warna merah
Dewa Ludra arah Barat Daya (Neriti) warna jingga
Dewa Mahadewa arah Barat (Pascima) warna kuning
Dewa Sangkara arah Barat Laut (Wayabia) warna hijau
Dewa Wisnu arah Utara (Uttara) warna hitam
Dewa Sambhu arah Timur Laut (Ersania) warna biru
Dewa Siwa arah Tengah (Madya) warna mancawarna
2.       Pura Lempuyang
Pura Goa Lawah
Pura Andakasa
Pura Luhur Uluwatu
Pura Batukaru
Pura Puncak Mangu
Pura Batur
Pura Besakih
Pura Pusering Tasik.
3.       Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Brahman ini adalah merupakan asal mula segalanya (alam semesta beserta isinya).

4/02/2012

SASTRAWAN BALI

Catatan I Made Sujaya

MENJAGA
Bali tetap Bali tampaknya menjadi angan-angan sebagian besar orang Bali. Tak terkecuali para sastrawan. Seperti tercermin dalam karya-karyanya, para pengarang Bali menunjukkan pandangannya agar Bali tetap bersikap terbuka menerima pengaruh luar tanpa harus kehilangan kebalian.
Hal ini diungkap Guru Besar Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Unud, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., setelah meneliti 14 cerpen dan novel karya 10 pengarang Bali, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Bali.
"Disadari atau tidak, para pengarang Bali memiliki spirit pendirian yang sama dengan kalangan antropolog bahwa daripada membendung pengaruh eksternal, lebih baik orang Bali memperkuat benteng pertahanan kulturalnya. Tokoh-tokoh orang Bali di dalam cerita mereka digambarkan bersifat terbuka, out going, sigap menyambut kedatangan orang asing, bahkan bergaul dekat dan hangat sampai-sampai ke tingkat keintiman seksual," kata Darma Putra.
Akan tetapi, dosen yang juga wartawan ini menyatakan, pada titik tertentu mereka dilukiskan tidak hanyut berasimilasi lewat kawin campur, apalagi kebarat-baratan, yang berarti bahwa mereka harus tetap tinggal di Bali sebagai penjaga 'benteng terbuka'.
Namun demikian, pergaulan-pergaulan dengan orang Barat diperlukan sebagai media bagi orang Bali, tidak saja untuk mengadaptasi atau mengadopsi nilai-nilai budaya modern tetapi juga memacu orang Bali sendiri untuk lebih memahami dan bila perlus ecara kritis menafsir ulang praktek dan nilai-nilai budaya yang mereka warisi selama ini. Ini bisa dilihat dari teks-teks narasi yang melukiskan tokoh-tokoh Barat dengan peran memprovokasi pandangan konservatif orang Bali terhadap adat, tradisi, dan budaya.
Putu Wijaya dalam Tiba-tiba Malam menggunakan tokoh David untuk mengontraskan nilai tradisi Bali dengan rasionalitas Barat, walaupun akhirnya gagasan reformasi dan kemajuan itu menjadi sangat problematik dalam masyarakat Bali. Putra Mada dalam Liak Ngakak menggunakan Cathie untuk mengingkapkan ihwal leak, salah satu aspek misteri dan 'menakutkan' dari sistem kepercayaan masyarakat Bali. Aryantha Soethama lewat Wanita Amerika Dibunuh di Ubud menjadikan kematian Suzan untuk merangsang pembahasan kritis tentang wacana upacara ngaben hemat dan Hindu sebagai agama universal.
Selain itu, jelas penulis buku Tonggak Baru Sastra Bali Modern ini, pengarang Bali menggunakan tokoh Barat untuk mengkritik. Dalam budaya Bali, kritik atau pujian diharapkan datang dari orang lain, bukan dari diri sendiri, seperti tercermin dari ungkapan eda ngaden awak bisa, depang anake ngadanin (jangan menganggap diri bisa, biar orang lain yang menilainya). Seolah larut dalam slogan ini, pengarang Bali menggunakan orang Barat untuk menilai dan mengritik budaya Bali. Dalam banyak hal, orang Barat dikenal berkarakter terus terang, bahkan out spoken (tanpa tedeng aling-aling), kadang radikal karena gap kultural. Pengarang Bali menawarkan kritik orang Barat sebagai cermin bagi orang Bali untuk terus melakukan refleksi dalam rangka memperkuat jati diri sebagai orang Bali.
Darma Putra menegaskan, walaupun para pengarang Bali tidak menggunakan istilah seeksplisit 'ajeg Bali' atau 'lestarikan budaya Bali' cerita-cerita yang mereka tulis menunjukkan bahwa mereka memiliki komitment yang jelas untuk mempertahankan Bali dan identitas budayanya. "Pendek kata, tanpa menutup kemungkinan tafsir lain, teks-teks sastrawan Bali bisa dilihat sebagai perwujudan dari atau representasi politik identitas para pengarang untuk menjaga agar Bali tetap Bali," tandas anggota juri hadiah sastra Rancage untuk sastra Bali modern ini.

PERKEMBNGAN KRITIK SASTRA BALI

Oleh: Darma Putra, dalam kategori: Budaya, Buku, Opini


Kehidupan sastra nasional dan daerah di Bali terus berlanjut sejak dulu. Banyak karya diciptakan, dibaca, dipentaskan dalam bentuk seni pertunjukan seperti sendratari dan wayang, atau ditransformasi dalam bentuk seni rupa atau seni ukir di tembok-tembok. Ada juga novel disajikan lewat film atau sinetron.
Apresiasi sastra berlangsung di masyarakat ketika ada kegiatan ritual, atau di radio dan televisi lewat kidung interaktif, dagang gantal, atau gita shanti. Fakta-fakta ini mengindikasikan kreativitas dan apresiasi seni sastra di Bali berjalan semarak tetapi ada satu hal yang kurang yaitu absennya kegiatan kritik sastra. Isi dan pesan karya banyak disimak tetapi tidak pernah dikritik sebagai karya sastra. Tulisan kritik sastra jarang dibuat.
Yang dimaksud dengan apresiasi adalah pembacaan atau penikmatan sastra. Pembicaraan isi secara verbal juga termasuk di dalam apresiasi. Sedangkan kritik sastra meliputi kajian atau ulasan secara menyeluruh atas sebuah/sejumlah karya. Tulisan tentang sejarah sastra dan kajian atas fenomena sastra juga termasuk di dalamnya.
Sangat Dinamis
Sesudah kemerdekaan, perkembangan sastra Indonesia sangat dinamis seperti bisa diikuti lewat puisi dan cerpen yang dimuat di majalah Bhakti dan Damai serta Mingguan Harapan. Penulis Windhya Wirawan, Putu Shanti, dan Made Kirtya, dan Tjok Rai Sudharta banyak berkarya tahun 1950-an. Tahun 1960-an, geliat itu kian ramai akibat serunya perseteruan antara seniman yang pro-partai politik PNI dan PKI, atau antara LKN dan Lekra, sayap kanan dan sayap kiri. Koran Suara Indonesia, Suluh Indonesia, atau Suluh Marhaen (nama lama Bali Post) banyak memuat puisi dan cerpen.
Zaman Orde Baru kehidupan sastra berjalan terus, ditandai dengan publikasi karya di surat kabar dan majalah, apresiasi sastra, lomba baca puisi, pentas drama, dan sebagainya. Ada juga teks yang diangkat menjadi sinetron seperti “Ketika Kentongan Dipukul di Bale Banjar” karya Nyoman Rastha Sindhu. Cerpen ini keluar sebagai cerpen terbaik Horison tahun 1969, menorehkan sebuah prestasi nasional penulis Bali.
Media massa memainkan peran sangat besar karena membuka diri untuk mempublikasikan puisi, cerpen, novel atau naskah drama. Sastrawan Bali seperti Oka Rusmini dan Aryantha Soethama berjaya di tingkat nasional. Antologi cerpen Aryantha Soethama berjudul Mandi Api berhasil menyabet gelar prestisius Khatulistiwa Literary Award tahun 2006. Sementara itu, sejumlah penyair Bali diundang ke forum baca puisi internasional sampai ke Den Haag, Jerman, atau Paris seperti Warih Wisatsana, Oka Rusmini, Tan Lioe Ie.
Namun, di tengah dinamika kehidupan sastra Indonesia di Bali, yang sangat terasa kurang adalah kegiatan kritik sastra. Apresiasi berjalan baik tetapi kritik sastra hanya satu-dua bahkan nyaris kosong melompong. Kecuali sedikit ulasan berupa resensi buku di koran, kritik sejati sungguh sepi.
Kalau mencari siapakah kritikus sastra Indonesia di Bali, kita mungkin hanya menemukan satu-dua nama seperti almarhum I Made Sukada (dosen Fakultas Sastra Unud) dan I Nyoman Tusthi Eddy (seorang guru SMA di Karangasem). Mereka menulis ulasan sastra di koran, menulis makalah dan menerbitkan buku. Itu pun tidak banyak, tidak berpengaruh.
Tanpa kritik, sastra memang bisa maju tetapi dengan kritik kontribusi sastra untuk kehidupan kebudayaan dan pengetahuan humaniora bisa kian lengkap. Sastra tanpa kritik seperti api unggun tanpa angin, tak membara dan tak memberi hangat optimal.
Sastra Bali
Kehidupan sastra Bali tradisional dan sastra Bali modern juga menghadapi kenyataan langkanya kritik sastra. Ulasan sastra umumnya ditulis untuk skripsi atau thesis atau desertasi, di luar itu nyaris tidak ada. Karya sastra tradisional seperti kakawin, kidung, gaguritan banyak dibaca dalam mabebasan, gita shanti, kidung interaktif, di pura, di banjar, di radio, di televisi tetapi itu semua sebatas apresiasi sastra, yakni mengungkap atau menikmati nilai yang terkandung dalam teks.
Menjamurnya sekaa shanti di seluruh pelosok kota dan desa di Bali membuat apresiasi sastra tradisional semarak sekali. Di Bali dewasa ini ada sekitar 1430 desa pakraman, jika diasumsikan tiap desa ada 10 banjar dan setiap banjar ada satu sekaa shanti, maka ada seka shanti di sekitar 14.300. Atau, kalau sekaa shanti di kantor swasta, kantor pemerintah, bank, sekolah, kampus, hotel, dihitung maka jumlah sekaa shanti di Bali bisa mencapai 15.000. Sekaa ini merupakan pilar apresiasi sastra Bali.
Namun, studi atau kajian atau ulasan tentang sastra Bali tradisional sepi sekali. Analisis karya dalam bentuk tulisan kritik atau esai bisa dikatakan kosong. Sastra Bali modern pertama muncul tahun 1910-an berupa cerita pendek yang ditulis Made Pasek (seorang guru dari Singaraja) dan Mas Nitisastro (seorang guru di Bali Utara). Dalam sepuluh tahun terakhir, banyak sekali terbit karya sastra Bali modern, tetapi ulasan terhadap karya yang muncul nyaris tidak ada.
Dalam sejarahnya yang relatif panjang, dunia sastra Bali modern baru memiliki dua-tiga buku tentang objek ini antara lain karya Mengenal Sastra Bali Modern (1991) karya Tusthi Eddy dan Tonggak Baru Sastra Bali Modern (2000) karya Darma Putra. Namun, masih banyak mutiara terpendam dalam sastra Bali modern yang belum tergali, yang perlu ditambang atau didulang untuk mendapatkan emas-emas nasihat.
Kalau apresiasi sastra diumpamakan kepompong dan kritik sastra ibarat kupu-kupu, maka dalam kehidupan sastra kepompong jarang sekali yang berubah menjadi kupu-kupu. Apresiasi riuh rendah tetapi kritik sastra sepi-jampi.
Mengapa Senyap?
Mengapa kritik sastra tidak sesemarak penciptaan dan apresiasi sastra? Sunyi senyapnya kritik sastra di Bali atau di Indonesia secara umum karena kehidupan sosial budaya kita berdasarkan sistem budaya Timur yang mengutamakan harmoni dan kerukunan. Tradisi ini kurang kondusif dalam menumbuhkan sikap kritis. Menilai orang lain, apalagi mencela atau mengkritik adalah hal yang dihindari karena bisa mengganggu kerukunan. Kritik diberikan konotasi negatif.
Dalam budaya Bali terkenal ungkapan “eda ngaden awak bisa, depang anake ngadanin” (jangan menganggap diri bisa, biar orang menilai), sepintas terasa mendorong sikap menilai tetapi sebetulnya jelas bermakna menyuruh kita diam, tidak banyak bicara, apalagi mengkritik. Ada karya yang merangsang sikap kritis, yaitu Gaguritan Bungkling, yang berisi pikiran kritis terhadap adat dan sistem nilai Bali tetapi karya seperti ini sedikit sekali jumlahnya alias perkecualian.
Perubahan sosial politik Indonesia dewasa ini yang ditandai dengan kebebasan berekspresi seharusnya mulai menumbuhkan tradisi kritik sastra atau seni yang kuat. Hal ini belum menampakkan hasil menggembirakan buktinya aktivitas kritik sastra masih nyanyi sunyi. Masalahnya mungkin, seperti pernah disampaikan Budi Darma, karena masyarakat kita kurang berfikir analitik, artikulatif, kurang argumentatif, dan kurang formulatif. Kerja kritik sangat membutuhkan sikap analitik, argumentatif, artikulatif dan formulatif.
Bakat menjadi kritikus bisa diasah dengan mulai rajin membaca karya sastra, mengumpulkan dan mengolah informasi, memulai dengan memetakan persoalan dan memformulasikan pemikiran atas materi yang ada atau karya yang dibaca. Kerja kritik memerlukan teori, itu sudah jelas. Namun, perspektif keliru tentang teori banyak membuat orang enggan menulis kritik sastra, padahal teori tidak mesti berupa sesuatu yang canggih, kompleks, abstrak, asing seperti yang umumnya datang dari dunia pemikiran Barat.
Pemakaian teori dalam analisis seni bisa dimulai dengan pendekatan sederhana tetapi ampuh, seperti komparatif, misalnya dengan mengungkapkan persamaan dan perbedaan beberapa teks atau aspek dari beberapa teks yang potensial untuk itu. Patut juga dibiasakan memformulasikan pikiran dengan pola analisis induktif (khusus ke umum) atau deduktif (umum ke khusus). Tantangan kehidupan sastra di Bali adalah mengubah tradisi apresiasi yang kuat menjadi tradisi kritik produktif sehingga kehidupan sastra tidak saja semarak tetapi kian bernilai-guna untuk dunia seni itu sendiri dan ilmu pengetahuan humaniora lainnya.
Kalau penulis diumpamakan api unggun, kritikus adalah angin, yang berhembus setia bukan untuk membunuh api unggun tetapi membuat unggun tetap membara, tetap memberikan semangat kreativitas. Era baru pascareformasi ini, di mana kebebasan berekspresi hampir-hampir tanpa batas, tidak ditekan seperti era Orde Baru, semestinya memberikan iklim baru tumbuhnya sikap kritis dan juga kritik sastra. Semoga! [b]
Tulisan merupakan ringkasan materi ceramah apresiasi dan kritik sastra di IKIP PGRI Bali, 15 Januari 2009.
Sumber: http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=kategoriminggu&kid=15&id=Budaya

3/26/2012

Masyarakat Bahasa

Mungkin kita sering mendengar jargon “mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar”. Apakah jargon tersebut salah? Menurut saya tidak juga, tapi yang menjadi permasalahan adalah bagaimana kita selaku pengguna bahasa meralisasikan dan menggunakannya.

Kadang-kadang untuk menggapai kriteria baik dan benar sering terbentur oleh tata kalimat, susunan kata, atau bentuk kata tertentu yang memang sulit untuk membedakannya mana yang dianggap memenuhi kaidah penggunaan bahasa. Mungkin untuk memecahkan permasalahnnya ada baiknya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau hanya sekedar melihat pedoman pembentukan bahasa baku Indonesia.

Namun tentu saja persoalan tersebut tidak hanya datang dari unsur kesalahan kaidah, terkadang ada kaidah yang memang sudah mendarah daging dan ada kecenderungan sulit untuk menghilangkanya. Misalnya penggunaan kata himbau, saya yakini masih banyak orang Indonesia yang menggunakan kata tersebut, bahkan saya lihat dalam suart dinas sekalipun masih ada juga yang Menggunakannya. Padahal jika kita lihat ke dalam kamus, tidak ada tidak akan menemukan kata tersebut karena yang benar adalah kata imbau.

Pada bagian awal ini saya hanya akan membahas berbagai macm problematik bahasa, sumber dan data penulisan diambil dari perkuliahan “Problematik Bahasa Indonesia” Oleh Iyo Mulyono, beliau adalah dosen terbaik tempat saya belajar di Universitas Pendidikan Indonesia.


1. Untuk acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

Kalimat di atas mungkin tidak begitu asing di telinga kita, kalimat tersebut sering dipergunakan pembawa acara dalam memandu jalannya suatu acara. Bila dianalisis lebih lanjut, kalimat tersebut tidak mengetengahkan jalan pikiran dengan baik. Permasalahan kekeliruan jalan pikiran atau nalar ini ialah penggunaan kata untuk dan adalah. Mengapa demikian? Menurut norma bahasa, di depan kata adalah harus berupa kata benda atau kata yang dibendakan karena bagian itu akan berfungsi sebagai subjek kalimat. Jadi kata depan untuk harus dibuang. Kata depan untuk sendiri merupakan bentuk kata keterangan yang bermakna menyatakan maksud dan tujuan

Jika kita mau mempertahankan kata depan untuk digunakan, maka bagian kalimat yang didahuluinya kata depan itu akan berfungsi keterangan. Dengan begitu, perhatian harus ditujukan terhdap kata adalah. Kata atau bagian kalimat yang terletak di belakang adalah akan berfungsi sebagai pelengkap, padahal yang dibutuhkan adalah bagian kalimat yang berfungsi sebagai subjek. Agar sambutan-sambutan bisa berfungsi sebagai subjek maka kata adalah harus diubah, misalnya menjadi akan di sampaikan, akan kami sampaikan.

Jadi kesimpulannya ialah sebagai berikut.
Tidak baku : Untuk acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan
Baku : Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan
Untuk acara selanjutnya akan kami sampaikan sambutan- sambutan.



2. Kepada Ka-UU jujarimatika, Bpk Tami Jaka, dipersilakah untuk menyampaikan sambutannya.

Bentuk kata serapan jujarimatika dalam kalimat di atas, berdasarkan KBBI (1993) tidak tepat. Bentuk-bentuk tersebut harus seperti berikut.

Kepada Ka-UU jujarimatik, Bpk Tami Jaka, sipersilakah untuk menyampaikan sambutannya.

Bentuk –ika seperti dalam kata serapan jujarimatika, berasal dari bentukan –ics dalam bahasa asal, yaitu bahasa Inggirs, yang berarti ……. Bagaimana dengan bentuk lainnya? Misalnya kata etika berasal dari ethics, static berasal dari statics, matematika berasal dari mathematics, dan statistika berasal dari statistics. Karena itu, tidaklah tepat, dalam bahasa Indonesia dimunculkan kata jujarimatika yang berarti matematika jari, seharusnya jujarimatik.

Permasalahan muncul ketika bentuk tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Misalnya sering kita mendengar kata fisika daripada fisik, padahal kata tersebut diambil dari bentuk serapan bahasa Inggris fisics. Dan sepertinya ada rasa kecanggungan menggunakan kata etik daripada etika.
• Kelakuanmu tidak sesuai dengan etik yang ada.
• Kelakuanmu tidak sesuai dengan etika yang ada.

Bukan hanya bentuk kata tersebut yang sering dipermasalahkan. Penggunaan di media massa dan tingkat akademik khususnya patut dipertanyakan. Kita sering mendengar jurusan matematika daripada jurusan matematik, dan itu dipakai dalam ruang lingkup akademik. Mungkin saja bentuk-bentuk tersebut akan menjadi bahasa baku Indonesia. Siapa yang harus mengalah, bahasa yang dinamis atau bahasa baku Indonesia?


3. UU Pronografi bisa menjadi bom waktu bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Terbukti dengan munculnya satu provinsi di negeri ini.

Kedua cara penulisan di atas cukup bersaing dalam penggunanya. Artinya kedua cara itu digunakan dalam kaidah berbahasa. Banyak surat yang kita baca dengan menggunakan penulisan propinsi. Apabila merujuk Pedoman Penulisan Istilah, cara penulisan provinsi tidak tepat. Yang tepat ialah cara penulisan provinsi. Namun sepertinya bahasa berkembang dinamis, timbul penggunaan lain yaitu bentuk propinsi. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam KBBI tahun (1993), menyatakan kedua cara penulisan itu, kedua-duanya betul, hanya yang lebih tepat ialah provinsi. Bentuk kata bersaing lainnya ialah penggunaan kata berbagai dan pelbagai.



4. Warga permukiman liar di perkotaan, memang memiliki keterbatasan dalam pendidikan dan keterampilan, namun mereka unggul, ulet, dan tangguh untuk bertahan hidup.

Kalimat di atas memang mengetengahkan bentuk tata bahasa gramatikal yang sesuai dengan kaidah yang ada. Tetapi, tidak ada salahnya dikaji lebih jauh, untuk menangkap bentuk problematic yang sering muncul di dmsyarakat. Terutama dalam penggunaan kata permukiman dan perkotaan. Banyak orang yang salah menerapkan konsep tersebut, sehingga munculah kata pemukiman, pedesaan, dan pegunungan. Mengapa bentuk tersebut bisa muncul?

Penggunaan bentuk kata pemukiman, pedesaan, dan pegunungan tidak baku. Mengapa? Dalam KBBI, pemukiman berarti ‘proses atau tindakan memukimkan’. Bentuk pemukiman sejalan dengan bentuk-bentuk berikut:
Pemindahan berarti ‘proses atau hal memindahkan’
Pemahaman berarti ‘proses atau hal memahami’
Pemaksaan berarti ‘proses atau hal memaksa’
Sedangkan permukiman artinya tempat bermukim.


5. Salah satu masyarakat modern adalah berkembangnya sikap saling ketergantungan antara profesi yang satu dengan yang lainnya.

Kata saling berfungsi menerangka kata kerja aktif yang mengikutinya, misalnya dalam bentuk saling menuduh, saling memahami, dan saling mengahrgai. Bentuk saling ketergantungan mengetengahkan bentuk tata gramatikal yang kurang baik, mengapa? berikut analisisnya.

Saling : menerangkan kata kerja aktif yang mengikutinya.
Ketergantungan : fungsi imbihan ke-an disini menyatakan bentuk saling, mempengaruhi, saling keterlibatan antara dua subjek yang dibicarakan, dan saling bergantung satu sama lain.

Oleh karena itu bentuk saling ketergentungan tidaklah tepat, karena maknanya akan berubah menjadi bentuk saling-saling bergantung satu sama lain.
Sehingga kalimat tersebut harus diubah menjadi:
Salah satu masyarakat modern adalah berkembangnya sikap ketergantungan antara profesi yang satu dengan yang lainnya.

Kata saling sebaiknya dibuang, karena keta ketergantungan atau imbuhan ke-an sudah menyatakan makna saling bergantung satu sama lain.


6. Karena adanya saling pengertian di kedua belah pihak, maka sengketa tentang kedua pulau tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Analisis pada kalimat di atas sama halnya dengan analisis kalimat pada nomor lima. Kata saling berfungsi menerangka kata kerja aktif yang mengikutinya, misalnya dalam bentuk saling menuduh, saling memahami, dan saling menghargai.

Saling : menerangkan kata kerja aktif yang mengikutinya.
Pengertian : fungsi imbihan pe-an disini menyatakan bentuk saling, mempengaruhi, saling keterlibatan antara dua subjek yang dibicarakan, dan saling bergantung satu sama lain.

Oleh karena itu bentuk saling pengertian tidaklah tepat, karena maknanya akan berubah menjadi bentuk saling-saling bergantung satu sama lain.
Sehingga kalimat tersebut harus diubah menjadi:
Salah satu masyarakat modern adalah berkembangnya sikap pengertian antara profesi yang satu dengan yang lainnya.

Kata saling sebaiknya dibuang, karena kata pengertian sudah menyatakan makna saling bergantung satu sama lain.


7. Mahasiswa tidak mengetahuinya kalau universitas ini nomor satu dalam hal visibilitasnya.

Adanya enklitik –nya pada kalimat di atas merupakan kesalahan berbahasa yang sering dijumpai. Lihat kata mengetahuinya dan kata visibilitasnya. Bentuk enklitik –nya tersebut mengacu pada satu maksud yang saling bergentungan. –nya pada kata mengetahuinya mengacu pada visibilitas. Sedangkan –nya pada visibilitasnya mengacu pada mahasiswa. Tetapi bentuk tersebut tidaklah efektif, kalimat yang efektif untuk solusinya ialah:

Mahasiswa tidak mengetahui kalau universitas ini nomor satu dalam hal visibilitasnya.

8. Kecuali bermain piano, dia juga bernyanyi.

Kata kecuali merupakan kata depan atau kata penghubung yang menyatakan ‘sesuatu yang tidak termasuk ke dalam sesuatu yang lain’. Karena itu, sering kita mendengarungkapan ‘dikecualikan’ dan ‘pengecualian’. Selain merupakan kata depan atau kata penghubung bermakna sebaliknya dari makna kecuali, yaitu makna penambahan atau penggabaungan. Yang menjadi perosalan ialah sering digunakannya kata kecuali untuk menyetakan makna penambahan atau penggabungan.
Maka kalimat diatas seharusnya diubah menjadi :

selain bermain piano, dia juga bernyanyi.



Secara objektf hakikat keberadaan bahasa tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Hakikat makna bahasa dan keberadaan bahasa senantiasa memproyeksikan kehidupan manusia yang sifatnya tidak terbatas dan kompleks. Dalam konteks proyeksi kehidupan manusia, bahasa senantiasa digunakan secara khas dan memiliki suatu aturan permainan tersendiri. Untuk itu, terdapat banyak permainan bahasa dalam kehidupan manusia, bahkan dapat dikatakan tidak terbatas, dan nantara tata permainan satu dengan lainnya tidak dapat dintentukan dengan suatu aturan yang bersifat umum. Namun demikian,

walaupun terdapat perbedaan adakalanya terdapat sutau kemiripan, dan hal ini sulit ditentukan secara secara definitif dan pasti. Meskipun orang tidak mengetahui secara persis sebuah permainan bahasa tertentu, namun ia mengetahui apa yang harus diperbuat dalam suatu permainan. Oleh karena itu, untuk mengungkapkan hakikat bahasa dalam kehidupan manusia dapat dilaksanakan dengan melakukan suatu deskripsi serta memberikan contoh-contoh dalam kehidupan manusia yang digunakan secera berbeda.
Sebagian orang berpendapat bahwa bahasa sebagai sesuatu yang kita lakukan untuk orang lain; sebuah permainan dari simbol verbal yang didasarkan dengan rasa indera kita (pencitraan). Sebagai sistem mediasi, bahasa tidak hanya menggambarkan cara pandang manusia tentang dunia dan konsepsinya, tetapi juga membentuk visi tentang realitas.
Pandangan di atas, merajut pada pemikiran bahwa dengan melukiskan bahasa sebagai penjelmaan pikiran dan perasaan, yaitu budi manusia, maka bahasa itu mendapat arti jauh lebih tinggi daripada sistem bunyi atau fonem. Oleh karena itu budilah yang melahirkan kebudayaan, maka bahasa sebagai penjelmaan daripada budi itu adalah cerminan selengkap-lengkapnya dan sesempurna dari kebudayaan.
Perhatian terhadap kelompok-kelompok minoritas ini sekarang telah menjadi betapa penting dengan adanya kontak antarbudaya, namun diasumsikan bahwa komunikasi antabudaya itu sangat sulit. Hal ini disebabkan karena jika bahasa sebagai sistem bunyi gagal mengendap dalam kantong-kantong budaya, maka masyarakat pun gagal untuk memahami dan dipahami dalam konteks komunikasi antarbudaya.
 
 Bila kita membicarakan bahasa, sepertinya tidak akan lepas dari masyarakat. Setiap masyarakat pemakai suatu bahasa memiliki kesepakatan tentang bahasanya, misalnya berkaitan dengan kaidah, struktur, dan kosakata. Kesepakatan mengenai kaidah dan kosakata itu sampai batas waktu tertentu secara umum masih mampu mewadahi seluruh konsep, gagasan, dan ide para pemakainya. Namun, pada saat tertentu akan sampailah pada suatu kebutuhan akan adanya kesepakatan baru yang memperkaya dan melengkapi kesepakatan sebelumnya, yatu manakala kesepakatan lama telah tidak cukup lagi mewadahi konsep, gagasan, dan ide yang ada.

Apabila telah sampai pada titik waktu sepeti itu, maka masyarakat bahasa yang bersangkutan biasanya melirik kesepakatan masyarakat pemakai bahasa lain. Dengan demikian, maka terjadilah sebuah proses kreavititas masyarakat bahasa yang disebut pemungutan (borrowing) unsur bahasa dari bahasa lain. Demikianlah pemungutan/penyerapan menjadi salah satu penyebab terjadinya perkembangan sebuah bahasa.

Proses terjadinya penyerapan itu sendiri tentu saja diawali oleh adanya kontak antarbahasa. Kontak antarbahasa pu terjadi karena adanya kontak antar masyarakat bahasa. Terjadinya kontak antara bangsa Arab dengan bangsa Indonesia misalnya, menyebabkan terjadinya

kontak antara kedua bahasa itu. Penyerapan kosakata bahasa-bahasa asing: bahasa Inggris, bahasa Arab, Belanda dan lain-lain ke dalam bahasa Indonesia menjadi bukti adanya kontak antara bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa tersebut.

Kontak antarbangsa saat ini tidak dapat dihindari. Tidak ada bangsa yang dapat membebaskan diri dari kontak dengan dunia luar. Hal ini menyebabkan satu bahasa pun yang terbebas dari kontak dengan bahasa lain. Sebuah bahasa yang tidak menjalin kontak dengan bahasa lain lambat laun akan menjadi bahasa yang mati, menjadi bahasa yang tidak memiliki penuturnya lagi.

Dua bahasa yang berkontak akan saling mempengaruhi. Kontak bahasa yang terjadi antara bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa daerah menyebabkan terjadinya proses saling mempengaruhi antara bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa daerah. Akibatnya, beberapa kosakata bahasa Indonesia diserap oleh bahasa-bahasa daerah dan beberapa kosakata bahasa daerah pun diserap oleh bahasa Indonesia.

Penyarapan kata dari bahasa lain ke dalam bahasa tertentu bisa berdasarkan kondisi objektif, bisa juga berdasarkan kondisi subjektif. Pnyerapan yang berdasarkan pada kondisi objektif, yaitu penyerapan bahasa akibat kurang emadainya khazanah kata yang dimiliki oleh sebuah bahasa sehingga perlu dilakukan pemungutan kosakata dari bahasa lain. Sedangkan penyerapan akibat kondisi subjektif ialah penyerapan yang disebabkan oleh anggota masyarakat pemakai bahasa tertentu yang merasa lebih bangga menggunakan kosakata di luar bahasanya.

Bangsa Indonesia bukanlah bangsa terpencil yang terisolasi. Oleh karena itu, maka bangsa Indonesia melakukan kontak dengan bangsa-bangsa lain. Memang perjalanan sejarah tidak dapat dimungkiri bahwa di antara kontak yang terjadi antara bangsa Indonesia dengan dunia luar itu ada yang terjadi dengan cara yang tidak manusiawi lewat imperialisme. Namun, dalam bentuk apa pun kontak itu terjadi, kontak antara bangsa Indonesia dengan bangsa lain itu tetap dapat membawa manfaat bagi perkembangan bangsa dan juga bahasa Indonesia. Kita menyaksikan penjajahan Belanda atas bumi Indonesia telah menyebabkan adanya perkembangan bahasa Indonesia yang cukup positif. Kita tidak dapat menutup mata atas pengaruh positif bahasa Belanda terhadap bahasa Indonesia. Bahkan kosakata serapan dari bahasa Belanda yang dapat kita selidiki dalam khazanah kosakata bahasa indonesia jumlahnya menduduki peringkat pertama di atas bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Demikianlah bahasa Indonesia, dalam proses perkembangannya, telah menyerap beribu kata dari bahasa lain, baik bahasa daerah maupun bahasa asing. Ribuan kata yang telah masuk ke dalam bahasa Indonesia melalui proses penyerapan itu telah menyebabkan bahasa Indonesuia bersalin rupa dari bahasa aslinya. Bahasa Indonesia, memang, kini sudah tidak lagi sama dengan bahasa Melayu yang menjadi asal-usulnya.

Bahasa Indonesia yang dipergunakan sehari-hari dalam berbagai kesempatan dan berbagai situasi pragmatik, misalnya berbeda dengan bahasa Malaysia, meskipun kedua bahasa itu sama-sama berasal dari bahasa Melayu. Perbedaan itu di antaranya disebabkan oleh perbedaan pengaruh-pengaruh luar yang masuk termasuk kata-kata serapan dari bahasa lain. Demikianlah pula halnya dengan bahasa Brunei Darussalam. Bahasa tersebut sedikit banyak berbeda, baik dengan bahasa indonesia maupun dengan bahasa Malaysia.

Pustaka Rujukan
Resume Mata Kuliah Bahasa Bantu, Universitas Pendidikan Indonesia
Badudu,J.S.1989. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT. Gramedia
Chaer, Abdul. 1980. Sosiolinguistik :Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Balai Pustaka.
www.wikipedia.com
Pedoman Umum Bahasa Indonesia Yang disempurnakan

3/25/2012

SALINAN LONTAR USADA BHAGAWAN KASYAPA

1B. Semogha tidak ada halangan dan berhasil
       Ini keputusan bhagawan kasyapa sebagai duku, karenanya memberikan kehidupan yang mengeluarkan usaha (ilmu kehidupan),,,,,

BELAJAR DARI DIRI PRIBADI DAN LINGKUNGAN SEKITAR


Diri pribadi adalah diri sendiri, karena itu perlu adanya mawas diri atau mengenal diri pribadi. Berkaitan itu, keadaan diri pribadi itu bukan saja menyangkut badan jasmani tapi juga badan rohani. Sebab itu setiap orang harus mengenal dan mengenal serta mengerti tentang keadaan badan jasmani maupun rohani.
Dengan mawas diri atau mengenal diri pribadi itu dimaksudkan agar setiap orang mengenal dan mengerti lebih dalam lagi bagaimana hubungan antara hubungan jasmani dengan badan rohani demikian pula tentang aktivitas serta pahala dari gerak atau karmanya sendiri. Setelah seseorang bisa memahami dan mengenalnya lebih jauh, mereka terbatas pada usaha untuk memelihara, merawat dan mengiasi badan jasmaninya agar sehat, tampak cantik serta tanpan.
Setiap orang sebenarnya wajib untuk mengenal bahkan mengerti keadaan pribadinya guna mengetahui gerak atau karma yang berhubungan dengan hidupnya di dunia ini. Badan jasmani mampu bergerak bukan karena kekuatannya sendiri. Badan jasmani itu dapat bergerak karena ada yang menggerakkan dan dia mampu idup karena ada yang memeberi tenaga hidup  yaitu badan rohaninya. Dengan demikian maka badan jasmani tidak lebih merupakan alat belaka untuk melaksanakan gerak dari badan rohani.
Gerak atau karma dari badan jasmani akibatnya dapat menimbulkan kegelisahan, senang atau bahagia tetapi juga dapat juga membawa kesedihan bahkan  kesengsaraan. Keadaan sperti itu tidak hanya dirasakan sendiri namun juga dirasakan oleh orang lain. Jadi jelas bahwa gerak atau karma dari pribadi seseorang adalah membuat atau menciptakan keadaan. Sebab itulah setiap orang harus mampu membendung atau mengontrol pribadinya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Dalam kitab kantha Upanisad (III.6) mengungkapkan: “ orang yang bijaksana  yng selalu mempergunakan pikiran dan rasa serta indrianya terkendalikan maka tak ubahnya sebagai kuda baik kepunyaan seorang kusir”.
Sebab itulah pikiran dan rasa perlu dikendalikan, karena pikiran dan rasa terus bergerak tiada henti dimana gerak atau karmanya adalah bertujuan untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan yang dikenal dengan keinginan atau indrya. Adapun sumber kepuasan dari keinginan atau indrya ini disebut dengan Wisaya, dimana wisaya merupakan segala sesuatu yang berasal dari  alam semesta dan  wujudnya ada yang konkrit dan ada pula yang abstrak.
Secara umum dapat kita lihat pemahaman manusia tentang diri pribadinya alayak sebagai sang pujangga, mengabdi pada keindahan, mengabdi pada kesunyian, mengabdi pada kebenaran dan mengabdi pada sastra itu sendiri dalam menumbuh kembangkan kepribadiannya hingga ia mampu mejadi seseorang pengurai ke indahan alam semesta lewat rangkain kata demi kata, lewat prosa, drama bahkan gema puisi  yang membahana. Seakan-akan pesona alam mengiasi inspirasi sang pujangga ketika ia tenggelam dalam kepribadiannya, mungkin dapat kita urai dengan sebuah kalimat ” Bila alam mulai bersemi maka hatipun akan bersemi, segala yang disaksikan sangat indah dihati, pengarang terpesona menyaksikan bulan bersinar redup,matahari bercahaya cerah, kumbang mengoyak kembang, laut dan langit mengarau biru, terpaan angin meraksuk sukma. Suara gemuruh ombak berderai dan aliran air yang gemercik terdengar sangat indah dimata pengarang.
Pujangga luluh dalam keindahan untuk memohon aanugrah Sang Pencipta dan telah menjadi kenyataan bahwa keindahan yang dicari sang  pujangga dalam penggambarannya merupakan keadaan awal dalam proses menemukan diri pribadi serta melawan godaan untuk memasuki alam ketuhanan.
Berkaitan dengan hal tersebut, pengarang disini adalah menumbuhkan pancaran yang terbesar dari tenaga pengendalian diri sendiri, dimana pengendalian diri sendiri merupakan pancaran tenaga yang lebih besar dari pada melepas. Memang mengendalikan diri memerlukan tenaga yang lebih besar dari melepaskannya. Misalnya ada kereta dengan kudanya meluncur sepat menuruni bukitdan si kusir berusaha menahan kuda tersebut. Manakah yang lebih besar memerlukan tenaga, membiarkan kuda itu lari atau menahannya? Atau ada peluru meriam meluncur diudara dan jatuh dikejauhan. Yang lain terhalang jalannya karena membentur tembok dan tubrukan itu mengeluarkan panas yang luar biasa. Semua tenaga yang dilepas dengan diikuti oleh pemikiran pada diri sendiriadalah terbang percuma. Ia akan tidak mengembalikan tenaga pada diri kita, tapi ia ditahan sebagai peluru dengan tembok itu, ia akan menyebabkan bertambahnya tenaga kita. Pengendalian diri inilah akan menimbulkan jiwa agung, alayaknya pula  prilaku yang dipunyaoleh para maha Rsi. Orang biasa tidak tau rahasia ini. Walaupun demikian mereka mau mau mengusai kemanusiaan. Orang bodoh sekalipun akan mampu menguasai seluruh dunia bila bekerja dan sabar menanti.
Kebanyakan dari kita tidak dapat memikirkan dibalik tahun-tahun yang akan datang  itu, sama seperti binatang yang tidak mampu melihat dalam jarak beberapa langkah, sebagai bulatan kecil itulah dunia kita. Kita tak punya kesabaran dan keberanian untuk melihat jauh dank arena itulah kita menjadi krisis akhlak dan jahat bahkan keji, demikian pula dengan keadaan badan rohaninya yaitu pikiran atau perasaan maupun hawa nafsu.
Pengakuan sebuah pribadi atau jati diri dalam proses perjuangan yang menghidupkan dan membahagiakan orang lain memang menjadi sebuah tantangan yang unik, dimana hidup ini perlu menjadi lentera, jendela dan garam. SEbagai lentera tidak perlu ditepatkan di atas gunung supaya sinar lentera bisa dilihat banyak orang. Sebab yang paling penting lentera mampu menerangi kegelapan terkini dan sekarang. Sebagai jendela, dapat berperan sebagai ventelasi bagi kehidupan-kehidupan yang lain, peretas liang gelap keangkuhan yang mungkin terselimut awan pekat dan medan perang kompetisi di alam bebas. Sebagai garam, cicipan didici vivere tetap menyatu dengan menu-menu keseharian (situasi dan kondisi) disekitar arus kehidupan seseorang manusia yang  hidup. Garam hanya baru menjadi garam (rasa asin) kalau sudah mencair bersama aneka hidangankehidupan yang terekam dalam cara dan sikap hidup setiap orang.
Sebagai suatu kesimpulan maka dengan adanya kesadaran untuk mawas diri dan mengenal diri pribadi mapun seluk beluk kehidupan manusia, maka akan mudahlah seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Maka dari itu, mari  kita menempa diriagar mampu memanusiakan diri sebagai manusia yang memiliki kepribadian budi yang terajut dalam pikiran dan kegigihan yang berbasis pada prinsip-prinsip hidup yaitu  kreatif dan kritis pada keadaan pribadi serta alam sekitar.