PETUNJUK
:
1. Untuk
soal nomor 1 sampai dengan 5, pilihlah :
A. Jika
jawaban 1,2, dan 3 yang benar
B. Jika
jawaban 1 dan 3 yang benar
C. Jika
jawaban 2 dan 4 yang benar
D. Jika
jawaban 4 saja yang benar
E. Jika
jawaban semua benar atau semua salah
2. Untuk
soal nomor 6 sampai dengan 10, pilihlah :
A. Jika
pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat
B. Jika
pernyataan benar, alasan benar tidak menunjukan hubungan sebab akibat
C. Jika
pernyataan benar, alasan salah
D. Jika
pernyataan salah alasan benar
E. Jika
pernyataan dan alasan salah
3. Untuk
soal nomor 11 sampaidengan nomor 50, pilihlah salah satu jawaban yang paling
benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf : a, b, c, d, atau e.
1. Unsur-unsur
yang terkandung dalam perkawinanmenurut UU Perkawinan nomor 1 tahun 1974 adalah
…..
1. Adanya
ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita
2. Sebagai
suami istri
3. Membentuk
keluarga yang bahagia dan kekal
4. Berdasarkan
pada ketuhanan Yang Maha Esa
2. Perkawinan
menurut agama Hindu mempunyai pengertian sebagai berikut …..
1. Suatu
hal yang tidak diwajibkan oleh agama
2. Suatu
hal yang amat dimuliakan dan disakralkan
3. Suatu
yang boleh-boleh saja asal dipertanggung jawabkan
4. Suatu
hal dengan harapan utama untuk mendapatkan sentana/keturunan
3. Tujuan
suatu perkawinan adalah ….
1. Melanjutkan
keturunan
2. Membina
keluarga yang bahagia dan kekal
3. Melaksanakan
Panca Yadnya
4. Terlepas
dari ikatan kemasyarakatan
4. Perkawinan
menurut adat dan agama Hindu sudah bisa dianggap sah apabila ….
1. Telah
dilangsungkan upacara widhi widana
2. Telah
mepamit di rumah mempelai wanita
3. Setelah
disaksikan oleh kalayak umum dengan melaksanakan pesta perkawinan
4. Telah
dilaksanakan upacara Byakala
5. Sesuai
dengan isi pasal 24 dan 27 UU Perkawinan No. 1 tahun 1974, perkawinan dapat
dibatalkan apabila …..
1. Bertentangan
dengan hukum agama atau dilakukan dengan sistem Raksasa dan Paisaca
2. Calon
mempelai masih mempunyai ikatan perkawinan dengan seseorang
3. Calon
mempelai masih ada hubungan sapinda
4. Calon
mempelai si istri tidak menganut agama yang sama dengan suami menurut hukum
Hindu
6. Perkawinan
dalam agama Hindu adalah wajib hukumnya
Sebab
Kawin dan mempunyai anak adalah
perintah agama yang dimuliakan
7. Perkawinan
dalam agama Hindu sudah dianggap sah apabila telah diupacarai byakala
Sebab
Upacara ini mengandung makna
penyucian terhadap kama petak dan kama bang kedua mempelai
8.
Sistem perkawinan melegandang di Bali
sama dengan sistem raksasa wiwaha dalam kitab Manusmerti
Sebab
Kedua
sistem ini sama-sama menekankan pada pemberian obat-obatan terlarang dan
pemakaian guna-guna dalam suatu perkawinan
9.
Dalam kitab Manusmerti atau Manawa
Dharmasastra ada 5 (lima) sistem perkawinan yang dilarang
Sebab
Paisaca
wiwaha adalah perkawinan yang dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan obat
tidur atau guna-guna kepada seorang wanita
10.
Perkawinan sapinda dapat dibatalkan
menurut ketentuan pasal 24 dan 27 UU Perkawinan No. 1 tahun 1974
Sebab
Tujuan
utama dari perkawinan adalah untuk mendapatkan keturunan yang suputra
11.
Empat jenjang/fase kehidupan dalam
ajaran agama Hindu disebut …
a. Catur
Purusaartha d. Catur Marga
b. Catur
Warna e. Catur Asrama
c. Catur
Yoga
12.
Bila kedudukan artha dan kama sangat di
utamakan dalam hidupnya berarti orang tersebut berada pada jenjang ….
a. Brahmacari
asrama d. Bhiksuka asrama
b. Grehasta
asrama e. Sanyasa asrama
c. Wanaprastha
asrama
13.
Orang yang hanya menikah sekali dalam
hidupnya, sesuai dengan jenis-jenis brahmacari…..
a. Sukla
brahmacari d. Sawala brahmacari
b. Kresna
brahmacari e. Brahmacarya
c. Brahmacari
14.
Bentuk keluarga Hindu di Bali adalah …..
a. Patrilineal d. Polygami
b. Matrilineal e. Polyhandri
c. Parental
15.
Dalam pustaka suci Hindu disebutkan
seseorang boleh melakukan perkawinan jika sudah berusia …..
a. 19
tahun d. 22 tahun
b. 20
tahun e. 23 tahun
c. 21
tahun
16.
Pustaka tersebut adalah ….
a. Sarasamucaya d. Nitisastra
b. Ramayana e. Slokantara
c. Bhagawadgita
17.
Secara rohaniah perkawinan itu adalah
upacara penyucian diri yang disebut dengan nama …..
a. Widhi
Widhana d. Sama Wartana
b. Upanayana e. Wiwaha Samskara
c. Mapandas
18.
Perkawinan atau wiwaha adalah
fase/jenjang kehidupan umat Hindu yang ke …..
a. I d. IV
b. II e. V
c. III
19.
Menurut sastra Hindu utama dari
perkawinan adalah …..
a. Untuk
memperoleh artha dan kama
b. Sebagai
syarat untuk terjun ke masyarakat
c. Untuk
memperoleh anak yang banyak
d. Untuk
mendapatkan dua anak, laki perempuan sama saja
e. Untuk
melanjutkan keturunan
20.
Apabila keturunan itu putus akan
mengakibatkan penderitaan bagi roh leluhur di alam akhirat. Ini dikisahkan oleh
seorang brahmana yang benar …..
a. Bhagawan
Drona d. Kasyapa
b. Bhagawan
Domya e. Parasara
c. Jaratkaru
21.
Seorang laki-laki (bukan karena kelainan
biologis) tidak melakukan perkawinan seumur hidupnya, disebut dengan nama ….
a. Sukla
Brahmacari d. Kanya
b. Sewala
Brahmacari e. Anak Levirat
c. Tresna
Brahmacari
22.
Seorang anak perempuan yang dengan
sengaja tidak melakukan perkawinan dari sejak kecil sampai meninggal dunia
disebut dengan nama …..
a. Anak
putrika d. Anak levirat
b. Orang
suci e. Kanya
c. Nyukla
brahmacari
23.
Definisi perkawinan secara jelas
disebutkan di dalam Undang-Undang Perkawinan …
a. 1
tahun 1971 d. 1 tahun 1974
b. 1
tahun 1972 e. 1 tahun 1975
c. 1
tahun 1973
24.
Sedangkan Undang-Undang Perkawinan mulai
berlakukan secara efektif pada …..
a. 1
Oktober 1974 d. 1 Oktober 1975
b. 2
Januari 1975 e. 1 Oktober 1976
c. 1
April 1975
25.
Sistem perkawinan menurut ajaran Hindu
diuraikan dalam kitab …..
a. Bhagawadgita d. Manawa Dharmasastra
b. Sarasamucaya e. Niti Sastra
c. Slokantara
26.
Usaha pengendalian diri yang dilakukan
oleh Sewala Brahmacari adalah …..
a. Selama
hidupnya tidak pernah melakukan perkawinan
b. Selama
hidupnya berkali-kali kawin
c. Selama
hidupnya kawin hanya sekali
d. Selama
hidupnya kawin lebih dari satu kali
e. Melakukan
perkawinan dalam usia lanjut
27.
Usaha pengalihan agama dalam Agama Hindu
yang dilakukan sebelum upacara perkawinan dilakukan disebut upacara …..
a. Mewinten d. Sudhi wadani
b. Wiwaha
Samskara e. Upacara mepamit
c. Pati
wangi
28.
Upacara yang dilaksanakan terlebih
dahulu terhadap perkawinan khususnya mempelai yang berkedudukan sebagai pradana
berkasta lebih tinggi disebut ….
a. Sudhi
Wadani d. Upacara Mepamit
b. Wiwaha
Samskara e. Upacara Ngerajasinga
c. Mepamit
Wangi
29.
Upacara perkawinan bagi umat Hindu
dilaksanakan di rumah ….
a. Mempelai
laki-laki
b. Mempelai
perempuan
c. Kelian
adat
d. Mempelai
yang berkedudukan sebagai pradana
e. Mempelai
yang berkedudukan sebagai purusa
30.
Perkawinan dianggap sah oleh umat Hindu
di Bali setelah mempelai melaksanakan upacara …..
a. Ngeraja
Sewala d. Mabyakala
b. Mepandes e. Mewidhi Widana
c. Mepati
Wangi
31.
Di dalam Panca Yadnya, upacara
perkawinan/wiwaha termasuk ….
a. Dewa
yadnya d. Manusa yadnya
b. Pitra
yadnya e. Bhuta yadnya
c. Rsi
yadnya
32.
Di dalam sarana pekalan-kalan yang
merupakan simbol kesucian si gadis adalah ….
a. Tegen-tegenan d. Pepegatan
b. Tikeh
dadakan e. Keris
c. Kala
sepetan
33.
Syahnya perkawinan menurut adat dan
agama Hindu apabila sudah melaksanakan ….
a. Tri
Saksi d. Tri Guna
b. Tri
Sadhana e. Tri Pramana
c. Tri
Sadaka
34.
Perkawinan yang dilakukan diatas dasar
cinta sama cinta mungkin karena perbedaan status lalu mempelai laki-laki
melarikan calon mempelai wanita. Status perkawinan ini disebut ….
a. Mepandik d. Ngunggahin
b. Ngerorod e. Nyeburin
c. Nyentana
35.
Perkawinan yang dilakukan atas dasar
suka sama suka dan orang tua tidak ikut campur walaupun mungkin tahu. Sistem
ini disebut ….
a. Dewa
Wiwaha d. Arsha Wiwaha
b. Brahma
Wiwaha e. Gandharwa Wiwaha
c. Prajapatya
Wiwaha
36.
Arsha wiwaha adalah salah satu bentuk
perkawinan yang tercantum dalam kitab …
a. Manawa
Dharmasastra III.28 d. Manawa Dharmasastra III.31
b. Manawa
Dharmasastra III.29 e. Manawa Dharmasastra III.32
c. Manawa
Dharmasastra III.30
37.
Perkawinan yang dilakukan dengan
terlebih dahulu memberikan obat tidur atau guna-guna kepada seorang wanita
disebut ….
a. Raksasa
wiwaha d. Asura wiwaha
b. Gandharwa
wiwaha e. Arsha wiwaha
c. Paisaca
wiwaha
38.
Suatu perkawinan dapat dibatalkan
menurut UU Nomor 1 1974 pada pasal …..
a. 20
dan 21 d. 25 dan 26
b. 22
dan 24 e. 27 dan 28
c. 24
dan 27
39.
Suputra artinya ….
a. Anak
yang cerdas
b. Anak
yang suka menolong orang lain
c. Anak
yang membawa berkah
d. Anak
yang bijak
e. Anak
yang mulia
40.
Anak yang lahir dari perkawinan yang
syah disebut ….
a. Anak
Putrika d. Anak Adopsi
b. Anak
Levirat e. Anak Astra
c. Anak
Ksetraja
41.
Anak perempuan yang dialihkan statusnya
menjadi anak laki-laki karena dalam keluarganya tidak ada keturunan laki-laki,
dinamakan …..
a. Suputra d. Anak Levirat
b. Putrika e. Anak Astra
c. Anak
Angkat
42.
Anak laki-laki yang lahir dari
perkawinan yang syah menurut agama Hindu disebut …
a. Anak
Levirat d. Anak Angkat
b. Anak
Astra e. Anak Syah
c. Anak
Putrika
43.
Sedangkan anak yang lahir di luar
pernikahan disebut ….
a. Anak
Angkat d. Anak Astra
b. Anak
Ksetraja e. Anak Tidak Syah
c. Anak
Levirat
44.
Sarana inti didalam yadnya adalah
patram, puspam, phalam, toyam. Patram artinya ....
a. Daun d. Api
b. Bunga e. Air
c. Buah
45.
Perkawinan Sapinda dapat dibatalkan
menurut ketentuan UU No. 1 Tahun 1974 karena tidak sesuai dengan ketentuan
pasal 24 dan 27. Sapinda artinya ….
a. Bertentangan
dengan ketentuan agama
b. Masih
mempunyai ikatan perkawinan
c. Mempunyai
cacat yang disembunyikan
d. Masih
mempunyai hubungan darah dekat
e. Tidak
menganut agama yang sama
46.
Utusan dari keluarga pihak peria datang
ke rumah pihak wanita dengan membawa tanda ikatan perkawinan berupa emas,
pakaian maupun yang lainnya. Rangkaian upacara ini di jawa disebut dengan nama
….
a. Nontoni d. Midadareni
b. Pinangan e. Panggih Manten
c. Peningset
47.
Acara makan bersama kedua mempelai dalam
satu piring dengan saling suap menyuapi di jawa disebut dengan nama …
a. Malanga
Gantal d. Mangan Bersama
b. Menginjak
Telor e. Dahar Kembul Nasi Kuning
c. Timbangan
48.
Upacara saling memperkenalkan diri baik
calon mempelai laki-laki maupun perempuan, masing-masing berasal dari keturunan
mana ? untuk mengetahui bebet, bibit maupun bobotnya. Ini di Batak Karo disebut
dengan nama ….
a. Ertutut d. Batak Karo
b. Naki-naki e. Maba Manuk
c. Nungkuni
49.
Mamupuh adalah suatu acara keluarga
pihak laki-laki telah mencapai sepakat terhadap seorang wanita yang akan
dilamar. Maka keluarga laki-laki mengirim utusan kepada pihak perempuan untuk
menyampaikan lamarannya. Upacara ini ada di daerah …
a. Bali d. Batak Karo
b. Jawa e. Dayak
c. Sulawesi
50.
Perkawinan dianggap syah menurut hukum
apabila telah di lakukan pencatatan perkawinan secara hukum nasional yaitu pada
….
a. Kantor
Camat Setempat d. Kantor Catatan Sipil
b. Kantor
Bupati e. Kantor Gubernur
c. Kantor
Agama
KLS
X
Pilihlah
salah satu huruf a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang benar untuk soal-soal
di bawah ini!
1. Perbuatan
baik dan buruk yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain berarti juga
yang bersangkutan berbuat baik dan buruk kepada dirinya sendiri, hal ini
berhubungan dengan ….
a. Sebab-akibat d. Tattwamasi
b. Ethika e. Trimala
c. Budhi
pekerti
2. Dalam
usaha mewujudkan kehidupan manusia yang harmonis antara yang satu dengan yang
lainnya sangat penting mengamalkan ajaran agama pada bagian ….
a. Politik d. Upakara
b. Tattwa e. Susila
c. Kesenian
3. Manusia
sebagai mahkluk Tuhan memiliki kemampuan untuk membedakan antara yang baik
dengan yang kurang baik, hal ini berhubungan dengan ajaran ….
a. Filsafat d. Theologi
b. Wiweka e. Kesusilaan
c. Tattwamasi
4. Perkembangan
prilaku hidup manusia ada yang datang dari luar, dan ada juga yang datang dari
dalam dirinya sendiri yang dibawa sejak lahir yang disebut dengan istilah …
a. Tri
sarira d. Trikaya parisudha
b. Tri
pramana e. Tri aksara
c. Tri
guna
5. Sifat
dan sikap manusia yang menampakan rasa aman, terang, damai dan budhi luhur
adalah dipengaruhi oleh sifat ….
a. Tamas d. Krodha
b. Rajas e. Sattwam
c. Lobha
6. Sedangkan
sifat dan prilaku manusia yang selalu menonjolkan rasa enggan, pesimis, malas,
dan penidur, semuanya itu dipengaruhi oleh ….
a. Sattwam d. Lobha
b. Tamas e. Matsarya
c. Rajas
7. Tiga
sifat/guna manusia yakni sattwam, rajas, dan tamas berjalan dengan seimbang
dalam prilakunya, hal ini berhubungan dengan ajaran ….
a. Swadharma d. Adharma
b. Dharma e. Gita dharma
c. Para
dharma
8. Diantara
mahkluk hdup, manusia merupakan mahkluk paling mulia atau utama, hal ini
dijelaskan dalam kitab ….
a. Nitisastra d. Brathayudha
b. Ramayana e. Adhiparwa
c. Sarasamuscaya
9. Dalam
sifat agama Hindu disebutkan bahwa, jiwatman adalah tunggal dengan paraatman,
sloka dibawah ini yang menunjukan hal itu adalah …
a. Purnabhawat d. Brahmanaatman
b. Wyapiwyapaka e. Anadi-anata
c. Aham
brahma asmi
10. Manusia
dalam hidupnya memiliki dua kecendrungan yaitu kecendrungan yang baik dan yang
tidak baik, kecendrungan yang baik dalam kitab Bahgawadgita disebut dengan ….
a. Daitya d. Asuri sampad
b. Asura e. Gandharwa
c. Suri
sampad
11. Menurut
penjelasan kitab Bahgawadgita menyebutkan bahwa ada tiga hal yang menyebabkan
manusia dapat jatuh ke neraka ….
a. Bernafsu,
pemarah, lobha
b. Bingung,
mabuk, irihati
c. Kecantikan,
kekayaan, kepintaran
d. Kekejaman,
kesombongan, kerakusan
e. Kebangsawanan,
keberanian, keremajaan
12. Prilaku
manusia yang mencerminkan perbuatan, perkataan, dan berpikir yang baik adalah
merupakan realisasi dari ajaran ….
a. Tri
sarira d. Tri mala
b. Tri
kono e. Tri parartha
c. Tri
kaya parisudha
13. Pemahaman
tentang sifat dan perilaku baik dan tidak baik dalam kitab Sarasamuscaya
disebut ….
a. Asusila d. Adharma
b. Sorga-neraka e. Purusa-pradana
c. Subha-asubha
karma
14. Melaksanakan
kewajiban diri sendiri jauh lebih baik dari pada melaksanakan kewajiban orang
lain, hal ini berhubungan dengan …..
a. Swadharma d. Dharma
b. Adharma e. Dharma-adharma
c. Paradharma
15. Melalui
pikiran seseorang dapat mengetahui pikiran kita, seseorang yang jujur dan suka
membantu sesamanya dalam tri guna berhubungan dengan ….
a. Tamas d. Kleda
b. Rajas e. Metraya
c. Sattwa
16. Orang-orang
yang cepat marah, suka berkelahi, suka memperkosa dan melakukan tindakan dengan
sikap kejam yang lainnya, berarti yang bersangkutan didominasi oleh unsure tri
guna …..
a. Sattwam d. Tandri
b. Rajas e. Megata
c. Tamas
17. Selalu
menunda suruhan dan ajakan teman, suka mengulur-ngulur waktu, sehingga apa-apa
yang menjadi program hidupnya menjadi terhambat dan tidak terlaksana, sifat
sikap orang yang demikian didominasi oleh ….
a. Rajas d. Kimburu
b. Tamas e. Bhaksa bhuwana
c. Sattwam
18. Pelaku
Bom Bali I yang melaksanakan aktifitasnya di Legian – Kuta pada tanggal, 12
Oktober 2002 mengakibatkan ribuan orang local dan internasional yang tidak
berdosa terbunuh adalah perlakuan orang yang dipenuhi oleh sifat-sifat …..
a. Sattwam d. Rajas
b. Tamas e. Kleda
c. Tandri
19. Agama
Hindu memiliki tiga krangka dasar yang dapat dipedomani dan diupayakan untuk
mewujudkan kesejahtraan dan kebahagiaan hidup umatnya, ketiganya itu disebut ….
a. Tri
guna d. Tri kaya parisudha
b. Tri
mala e. Tri para artha
c. Tri
sarira
20. Orang
yang tangkas, keras, rajin dan penuh usaha yang positif dalam hidupnya berarti
yang bersangkutan dipengaruhi oleh …
a. Rajas
dan sattwam d. Tamas, rajas, dan sattwam
b. Rajas
dan tamas e. Tamas dan sattwam
c. Sattwam,
rajas, dan tamas
21. Kerjasama
antara unsur-unsur tri guna dalam diri manusia sangat diperlukan adanya
bagaikan kerjasama sebuah perahu dengan angin dan bendega dalam mengarungi
lautan bebas untuk mencapai tujuan. Semuanya akan selamat bila bendega adalah
….
a. Rajas d. Rajas dan tamas
b. Tamas e. Rajas dan sattwam
c. Sattwam
22. Sesuai
pernyataan diatas, perahu adalah ….
a. Tamas d. Tamas dan rajas
b. Rajas e. Rajas dan sattwam
c. Sattwam
23. Sedangkan
angin adalah identik dengan ….
a. Sattwam d. Tamas dan sattwam
b. Rajas e. Sattwam, rajas, dan tamas
c. Tamas
24. Sesuai
pernyatan kitab Nitisastra IV.7 menyebutkan bahwa kelak jaman Kaliyuga datang
maka yang paling dihormati oleh orang-orang adalah ….
a. Artha
benda c. Orang saleh
b. Para
pelajar d. Keajaiban alam
c. Para
pendeta e. Orang pandai
25. Tatkala
jaman kali sudah datang siapapun mereka, terutama orang tua hendaknya lebih
meningkatkan keimanan dan kewaspadaan dirinya karena …..
a. Anak-anaknya
akan sering menipu dan mengumpat
b. Keluarga
yang baik dan para raja menjadi hina dan papa
c. Orang
yang pandai akan mengabdi kepada orang kaya
d. Orang
yang hina dina akan menjadi saudagar yang kaya
e. Orang
yang saleh akan mengabdi pada orang kaya
26. Seseorang
yang selalu bersifat dan bersikap malas, suka makan dan tidur saja, tidak tulus
dan hanya ingin melakukan kejahatan, dalam ajaran dasa mala termasuk ….
a. Tandri d. Kutila
b. Kleda e. Kuhaka
c. Leja
27. Orang
suka berputusasa, suka menunda dan tidak mau memahami maksud orang lain disebut
…..
a. Tandri d. Kutila
b. Kleda e. Kuhaka
c. Leja
28. Bang
Darman dalam hidupnya selalu berpikir gelap, bernafsu besar dan gembira
melakukan kejahatan disebut ….
a. Tandri d. Kutila
b. Kleda e. Kuhaka
c. Leja
29. Mereka
sering dalam hidup kesehariannya menyakiti orang lain, pemabuk dan penipu,
disebut ….
a. Tandri d. Kutila
b. Kleda e. Kuhaka
c. Leja
30. Seseorang
yang dalam hidupnya selalu suka berkata-kata menyakiti hati, sombong, iri-hati,
serta suka menggoda istri orang lain, dalam dasa mala termasuk…..
a. Megata d. Bhaksa bhuwana
b. Metraya e. Kimburu
c. Ragastri
31. Bila
kita dalam hidup in selalu memiliki sifat dan sikap pemarah, suka mencari-cari
kesalahan orang lain, berkata sembarangan dan juga keras kepala, berarti
diliputi oleh sifat ….
a. Tandri d. Kutila
b. Kleda e. Kuhaka
c. Leja
32. Tujuan
agama adalah sejahtera di dunia ini dan bahagia di akhirat. Bahagia di akhirat
juga disebut …
a. Sadhanam d. jagadhita
b. Sorga e. moksartham
c. Neraka
33. Jonh
Sirahpada dalam hidupnya selalu bernafsu dan suka memperkosa orang, sifat dan
sikapnya tidak perlu di contoh karena tergolong sifat ….
a. Megata d. Bhaksa bhuwana
b. Metraya e. Kimburu
c. Ragastri
34. Meli
Wakmuka selalu suka menyakiti orang lain, penipu dan hidup berpoya-poya
melewati batas, sehingga yang bersangkutan
jatuh miskin. Ini tergolong sifat dan sikap …
a. Megata d. Bhaksa bhuwana
b. Metraya e. Kimburu
c. Ragastri
35. Bila
kita dalam hidup ini selalu berbuat sebagai penipu dan pencuri tehadap siapa
saja tanpa pandang bulu, pendengki dan iri hati maka sifat dan sikap kita
tergolong pada …
a. Megata d. Bhaksa bhuwana
b. Metraya e. Kimburu
c. Ragastri
36. Bila
dalam hidup ini sifat dan sikap kita selalu didominasi oleh sifat tamas maka
kemungkinan besar akan menjadi orang bodoh, pada orang yang demikian agama
dapat berperan sebagai ….
a. Pedoman
mendapatkan pengetahuan tentang tujuan hidup ini
b. Pedoman
untuk berbuat yang jauh lebih baik dari orang yang tidak berguna
c. Pedoman
peredam gejolak bathin seseorang yang dirundung kedukaan
d. Pedoman
kepercayaan dan keberanian dalam menghadapi hidup ini
e. Sumber
kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan
37. Ilmu
pengetahuan itu penting, namun dalam hidup ini seseorang memerlukan kepuasan
jasmani dan rohani, seni, keindahan, kehalusan, penghargaan dan ketenangan
bathin, dalam hubungan ini agama berperan sebagai ….
a. Pedoman
mendapatkan pengetahuan tentang tujuan hidup ini
b. Pedoman
untuk berbuat yang jauh lebih baik dari orang yang tidak berguna
c. Pedoman
peredam gejolak bathin seseorang yang dirundung kedukaan
d. Pedoman
kepercayaan dan keberanian dalam menghadapi hidup ini
e. Sumber
kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan
38. Banyak
orang pintar, intelek dan berpikiran rasional berhasil dalam hidup ini, namun
tidak sakit juga diantara mereka yang mengalami rasa galau karena tidak tahan
melihat kenyataan hidup ini dan akhirnya menderita, pada kondisi yang seperti
itu agama sangat berperan sebagai ….
a. Pedoman
mendapatkan pengetahuan tentang tujuan hidup ini
b. Pedoman
untuk berbuat yang jauh lebih baik dari orang yang tidak berguna
c. Pedoman
peredam gejolak bathin seseorang yang dirundung kedukaan
d. Pedoman
kepercayaan dan keberanian dalam menghadapi hidup ini
e. Sumber
kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan
39. Kehidupan
manusia di dunia ini tidak ubahnya bagaikan roda selalu berputar, ada putaran
kejayaan, kekuatan, kehebatan, kemenangan, kemujuran, dipercaya orang, orang
hendaknya tidak melupakan dirinya berkeyakinan bahwa semuanya itu diatur oleh
Ida Sang Hyang Widhi Wasa, demikian sebaliknya tatkala kita hancur jiwa ini pun
masih akan tetap tenang menghadapinya. Dalam kondisi agama berperan sebagai ….
a. Pedoman
mendapatkan pengetahuan tentang tujuan hidup ini
b. Pedoman
untuk berbuat yang jauh lebih baik dari orang yang tidak berguna
c. Pedoman
peredam gejolak bathin seseorang yang dirundung kedukaan
d. Pedoman
kepercayaan dan keberanian dalam menghadapi hidup ini
e. Sumber
kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan
40. Keberadaan
sifat dasa mala dalam diri manusia dimotipasi oleh adanya sifat rajas dan tamas
yang tidak terkendalikan oleh sifat sattwam, dengan demikian maka dasa mala
adalah sebagai …..
a. Pedoman mendapatkan pengetahuan tentang tujuan
hidup ini
b. Pedoman
untuk berbuat yang jauh lebih baik dari orang yang tidak berguna
c. Pedoman
peredam gejolak bathin seseorang yang dirundung kedukaan
d. Pedoman
kepercayaan dan keberanian dalam menghadapi hidup ini
e. Sumber
kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan
41. Dalam
ajaran agama Hindu, tujuan hidup manusia ada empat yang disebut ….
a. Catur
marga d. Catur yoga
b. Catur
dharma e. Catur warga
c. Catur
prawerti
42. Semua
orang mendambakan hidup sejahtera di dunia, untuk sejahtera di dunia diperlukan
dharma, artha, dan kama. Ketiga hal
tersebut disebut ….
a. Tri
paratha d. Tri upaya sandhi
b. Tri
purusartha e. Tri murti
c. Tri
sakti
43. Kerangka
dasar ajaran agama Hindu ada tiga, yaitu tattwa, susila, dan upacara yang
ketiganya itu merupakan satu kesatuan, saling isi mengisi. Ajaran susila
mmbahas tentang …
a. Hakekat
kebenaran d. Hubungan atma dengan brahma
b. Arti
dari upacara e. Tingkah laku yang baik
c. Doa
dalam upacara
44. Di
dalam kehidupan ini kita bisa dapat melihat bermacam-macam penampialan
seseorang, seperti ada orang yang berpenampilan lemah lembut, ramah, penyayang
terhadap sesame serta lingkungan. Ini merupakan ciri orang yang dominan
dipengaruhi oleh sifat ….
a. Sattwam d. Rajas dan tamas
b. Rajas e. Sattwam dan rajas
c. Tamas
45. Atma
seseorang akan reinkarnasi menjadi manusia apabila kekuatan dari Triguna adalah
…..
a. Sattwam
paling besar
b. Rajas
yang dominan
c. Tamas
yang paling unggul
d. Rajas
dan sattwam sama kuatnya
e. Sattwam,
rajas, tamas, seimbang
Lengkapilah
pernyataan berikut ini!
1. Manusia
sejak lahir memiliki tiga sifat bawaan yang disebut …….
2. Ketiga
sifat-sifat yang dimaksud pernyataan di atas adalah :
a. ………………..
b. ………………..
c. ………………..
3. Bila
kita bijaksana berarti didominasi oleh sifat ………
4. Bila
kita marah-marah berarti didominasi oleh sifat ………
5. Dan
kita suka bermalas-malasan berarti didominasi oleh sifat …….
6. Dasa
mala muncul dalam diri kita karena ………. Dan …….. tak terkendali
7. Bernafsu
dan suka memperkosa disebut …….
8. Penipu,
pendengki, iri-hati dan pencuri apa saja maunya disebut …….
9. Malas,
suka makan, suka tidur, tidak tulus dan menjadi penjahat disebut …….
10. Tat
Twam Asi berarti ……..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar