"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

8/28/2011

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN SERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM PENDIDIKAN TRADISIONAL DAN MODERN




Pengertian

            Pendidikan dalam arti besar adalah setiap tindakan atau pengalaman yang memiliki efek formatif pada pikiran , karakter atau kemampuan fisik individu. In its technical sense, education is the process by which society deliberately transmits its accumulated knowledge , skills and values from one generation to another. Dalam arti teknis, pendidikan adalah proses dimana masyarakat sengaja mentransmisikan akumulasi pengetahuan , keterampilan dan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi.
            Dalam dunia pendidikan tanah air, kita telah mengenal dua jenis pendidikan,yang diantaranya adalah pendidikan yang dilakukan secara tradisional dan pendidikan yang dilakukan secara modern.
           
Pendidikan Tradisional

Sistem pendidikan tradisional merupakan sistem pendidikan yang lebih banyak menekankan nilai nilai moral bangsa dan tatanan-tatanan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam pendidikan tradisional ini, Pemerintah pusat memegang kontrol pendidikan, termasuk menentukan kurikulum yang berlaku secara nasional baik bagi sekolah negeri ataupun sekolah swasta. Pengajaran menekankan hafalan dan daya ingat untuk menguasai materi pelajaran yang diberikan. Materi pelajaran diarahkan agar murid bisa lulus ujian akhir atau test masuk ke sekolah lebih tinggi, tidak mengembangkan daya kritis dan kemandirian murid. Semua murid diperlakukan sama, tidak ada treatment khusus untuk murid yang tertinggal.  guru-guru pengajar menjadi satu-satunya pelaku dalam pendidikan, yang artinya guru harus berbicara panjang lebar sedangkan siswa hanya menyimaknya, guru dalam mendidik siswa diperbolehkan memberikan hukuman-hukuman fisik bagi siswa-siswa yang tidak taat pada peraturan yang berlaku pada sekolah tersebut, tetapi hukuman fisik itu harus berada pada batas-batas yang wajar. Seperti halnya hukuman jongkok bangun, lari keliling lapangan,dan lain sebagainya, begitu pula dengan tatanan-tatanan bangku yang masih berurut mencirikan kedisiplinan yang kuat. Walaupun pendidikan tradisional ini cenderung dibilang keras, akan tetapi lulusan yang dihasilkan bisa dikatakan bisa lebih mapan dan diterima di tengah-tengah masyarakat.
 Namun di jaman sekarang ini pendidikan tradisional sangat jarang digunakan, hal itu disebabkan karena adanya kemajuan jaman dan kecanggihan kecanggihan teknologi pada jaman sekarang ini. Misalnya computer, dengan adanya computer siswa cenderung mengambil bahan-bahan tugas dari internet ketimbang dari buku-buku panduan yang ada
           
Pendidikan Modern
            Pendidikan modern merupakan sistem pendidikan dimana pendidikan ini lebih menekankan kebebasan, kemandirian dan pengembangan kreatifitas individual siswa. Dalam pendidikan modern ini, guru pengajar bertugas sebagai fasilitator dan tidak diperbolehkan melakukan hukuman fisik, disamping itu peserta didik juga dituntut untuk menjadi pelaku pendidikan, yang artinya peserta didik dituntut harus aktif, yaitu disamping mendengarkan pengarahan dari guru, peserta ddik juga dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan perkembangan media pembelajaran. Seperti halnya Internet, pada mulanya Internet dikembangkan oleh pusat-pusat penelitian di universitas. Internet telah memberikan sumbangan yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan serta ilmu pengetahuan. Internet telah membantu para peneliti dan mahasiswa dalam penelitian mereka, mulai dari pengumpulan data hingga penyebarluasan hasil penelitian mereka.
Sejalan dengan berkembangnya teknologi, Internet juga semakin berkembang dan mempengaruhi aspek-aspek lain dalam dunia pendidikan. Sistem kelas konvensional di mana guru bertatap muka dengan murid secara langsung telah dapat digantikan dengan suatu sistem komputer interaktif. Sistem ini memungkinkan guru dan muridnya berada pada lokasi yang berbeda, bahan-bahan mata kuliah dapat di-download dan dipelajari terlebih dahulu oleh guru yang mengajar di depan kamera digital, dan diskusi dapat dilakukan melalui bulletin board yang disediakan khusus untuk mata kuliah tersebut.
           
Dengan demikian seorang murid yang sakit tidak harus ketinggalan pelajarannya. Sistem ini juga memungkinkan seseorang yang tinggal di Beijing mengikuti suatu kuliah yang diajarkan di suatu universitas yang berada di Jerman. Dunia Internet memungkinkan perombakan total konsep-konsep pendidikan yang selama ini berlaku. Teknologi informasi dan telekomunikasi yang murah akan menghilangkan batasan-batasan ruang dan waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan.
Dari pernyataan yang sudah dipaparkan diatas, maka kita dapat mengambil persamaan dan perbedaan serta kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada sistem pendidikan tradisional dengan pendidikan modern.
Persamaan pendidikan tradisional dan modern
Bawasanya pendidikantradisional dan modern sama-sama merupakan sistem pendidikan yang dapat mentranmisikan akumulasi pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi.
Perbedaan pendidikan tradisional dan modern
Pada sistem pendidikan tradisional, Guru berbicara sedangkan murid menyimak, guru-guru pengajar menjadi satu-satunya pelaku dalam pendidikan, masih diberlakukannya hukuman fisik bagi peserta didik yang kurang taat dan pendidikan itu berlangsung pada suatu tempat dengan tatanan bangku yang masih berurutan. Sedangkan pada pada sistem pendidikan modern, guru disini berperan sebagai fasilitator, peserta didik juga berperan sebagai pelaku pendidikan, selalu memanfaatkan perkembangan media pembelajaran, tidak diberlakukannya hukuman fisik dan tempat pembelajaran bias dilakukan dima saja.
Kelebihan dan kekurangan dari sistem pendidikan tradisional

Kelebihan dari pendidikan tradisional ini ialah dapt menegakkan disiplin patuh terhadap guru dan sekolah yang menyebabkan anak didik secara riil dapat  menggunakan waktu sekolah  lebih  besar, disini status guru sangat dihargai dan pendidikan ini telah berhasil melibatkan orang tua anak didik dalam pendidikan anak-anaknya, khususnya lbu senantiasa memperhatikan, memberikan pengawasan dan bantuan belajar kepada anak-anaknya. Tambahan lagi, lbu-ibu ini terus secara berkesinambungan membuat kontak dengan para guru. di luar sekolah guru dapat mengembangkan kursus-kursus yang membantu anak didik untuk mempersiapkan ujian atau mendalami mata pelajaran yang dirasa kurang. Sedangkan kelemahannya adalah pendidikan ini tidak dapat mengembangkan daya kritis dan kemandirian siswa karena pendidikan ini hanya menekankan hafalan dan daya ingat untuk menguasai materi pelajaran yang diberikan, yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang dapat melakukan pekerjaan rumahnya.

Kelebihan dan kekurangan sistem pendidikan modern

Kelebihan dari sistem pendidikan ini ialah dapat mengembangkan daya kritis dan kemandirian siswa karena siswa dituntut sebagai pelaku pendidikan, dimana pendidikan ini lebih menekankan kebebasan, kemandirian dan pengembangan kreatifitas individual siswanya dan dalam pembelajarannya menggunakan teknologi yang canggih. Sedangkan kelemahannya adalah terjedinya keterpurukan pada siswa yang memiliki IQ rendah, karena dengan IQ yang rendah siswa tersebut tidak akan dapat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar, karena dalam hal ini kemandirian dan kreatifitas individual siswa sangat dibutuhkan.
Membaca laporan kedua team di atas, setidak-tidaknya memberikan nuansa baru bagi pendidikan kita, yakni bahwa sistem pendidikan untuk suatu bangsa harus sesuai dengan falsafah dan budayanya sendiri dan untuk mengambil alih suatu sistem atau gagasan dibidang pendidikan dari bangsa lain kita harus mengikaji penerapannya dengan latar belakang budaya-budaya yang ada pada bangsa kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar