"OM AWIGNAMASTU NAMA SIDDHEM OM SWASTIASTU" SEMOGA SEMUA DALAM PERLINDUNGAN TUHAN, SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGHA BERMANFAAT.jangan lupa kunjungi videobsaya di link https://youtu.be/-UJdPDAjETM

1/18/2013

BAHASA IKLAN PENAWARAN PADA MEDIA CETAK


Dalam buku Materi Pelatihan Terintegrasi yang berjudul Pengembangan Keterampilan Menulis I disebutkan kriteria bahasa iklan penawaran yang berbentuk iklan baris  yaitu seperti berikut ini.


a.      Bersifat komunikatif
Komunikatif berarti maksud yang terkandung dalam iklan tersebut langsung bisa ditangkap oleh pembaca. Pembaca tidak merasa kebingungan atau tidak paham terhadap istilah kata atau singkatan yang ada dalam iklan tersebut. Hal yang sama dikemukakan oleh Wahono penggunaan bahasa iklan yang komunikatif artinya maksud yang terkandung dalam iklan itu langsung dapat ditangkap pembaca (2005:35).
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan penggunaan bahasa yang komunikatif artinya maksud yang terkandung dalam iklan langsung dapat ditangkap pembaca tanpa merasa kebingungan terhadap istilah atau singkatan yang ada dalam iklan tersebut.
b.     Singkat
Syarat singkat dalam penulisan iklan penawaran yang berbentuk iklan baris di surat kabar terutama berkaitan dengan penghematan biaya. Penggunaan bahasa yang singkat menjadi penting keberadaannya. Untuk mewujudkan penulisan iklan yang singkat dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan menggunakan kata-kata yang amat penting saja dan dengan menggunakan singkatan-singkatan.
c.      Lengkap
Pengertian lengkap di sini mencakup tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh pembaca iklan. Dalam sebuah iklan paling tidak ada dua atau tiga unsur yang harus dicantumkan yaitu sesuatu yang diiklankan, pihak yang mengiklankan, dan alamat yang dapat dihubungi. Jika dua atau tiga unsur tersebut sudah dicantumkan, iklan tersebut berarti sudah memenuhi standar minimal kelengkapan. Akan semakin baik jika dua atau tiga unsur tersebut diperluas sehingga semakin banyak informasi yang dapat diberikan kepada pembaca iklan. Menurut Wahono (2005:35) pengertian lengkap menunjukkan tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh pembaca iklan.
Berdasarkan pendapat di atas disimpulkan pengertian lengkap artinya lengkap menunjukkan tersedianya informasi yang diperlukan oleh pembaca.   
Selain itu perlu diketahui bahwa isi sebuah iklan harus objektif, jujur, singkat, dan jelas, tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain, serta menarik perhatian banyak orang. (Intan Pariwara, 2005:188).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar