Dalam buku Materi Pelatihan Terintegrasi yang berjudul Pengembangan Keterampilan Menulis I disebutkan kriteria bahasa iklan penawaran yang berbentuk iklan baris yaitu seperti berikut ini.
a.
Bersifat
komunikatif
Komunikatif
berarti maksud yang terkandung dalam iklan tersebut langsung bisa ditangkap
oleh pembaca. Pembaca tidak merasa kebingungan atau tidak paham terhadap
istilah kata atau singkatan yang ada dalam iklan tersebut. Hal yang sama
dikemukakan oleh Wahono penggunaan bahasa iklan yang komunikatif artinya maksud
yang terkandung dalam iklan itu langsung dapat ditangkap pembaca (2005:35).
Berdasarkan
pendapat di atas dapat disimpulkan penggunaan bahasa yang komunikatif artinya
maksud yang terkandung dalam iklan langsung dapat ditangkap pembaca tanpa
merasa kebingungan terhadap istilah atau singkatan yang ada dalam iklan
tersebut.
b.
Singkat
Syarat
singkat dalam penulisan iklan penawaran yang berbentuk iklan baris di surat
kabar terutama berkaitan dengan penghematan biaya. Penggunaan bahasa yang
singkat menjadi penting keberadaannya. Untuk mewujudkan penulisan iklan yang
singkat dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan menggunakan kata-kata yang
amat penting saja dan dengan menggunakan singkatan-singkatan.
c.
Lengkap
Pengertian
lengkap di sini mencakup tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh pembaca
iklan. Dalam sebuah iklan paling tidak ada dua atau tiga unsur yang harus
dicantumkan yaitu sesuatu yang diiklankan, pihak yang mengiklankan, dan alamat
yang dapat dihubungi. Jika dua atau tiga unsur tersebut sudah dicantumkan,
iklan tersebut berarti sudah memenuhi standar minimal kelengkapan. Akan semakin
baik jika dua atau tiga unsur tersebut diperluas sehingga semakin banyak
informasi yang dapat diberikan kepada pembaca iklan. Menurut Wahono (2005:35)
pengertian lengkap menunjukkan tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh
pembaca iklan.
Berdasarkan pendapat di atas disimpulkan pengertian
lengkap artinya lengkap menunjukkan tersedianya informasi yang diperlukan oleh
pembaca.
Selain itu perlu diketahui bahwa isi sebuah iklan harus
objektif, jujur, singkat, dan jelas, tidak menyinggung golongan tertentu atau
produsen lain, serta menarik perhatian banyak orang. (Intan Pariwara,
2005:188).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar